Comscore Tracker

Amalkan Yuk! Ini 7 Kebiasaan Baik Menjelang Tidur dalam Islam

Jangan lupa wudu dulu sebelum ke kasur :)

Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat salah satunya adalah dengan tidur, menurut kesehatan tidur minimal 8 jam dalam satu hari agar tubuh tetep segar. Pada saat kekurangan jam tidur, kondisi tubuh menjadi lemah dan fokus pun berkurang.

Dalam ajaran islam, Rasulullah Saw mengajarkan bagaimana tidur yang berkualitas untuk menjaga kondisi tubuh tetap segar dan sehat. Salah satunya yang diajarkan Rasulullah Saw adalah berdoa pada saat menjelang dan bangun tidur sebagai wujud syukur atas nikmat Allah Swt. Selain berdoa Rasulullah Saw, mencontohkan tujuh kebiasaan menjelang tidur yang baik dan berkualitas.

Kira-kira apa saja tujuh kebiasaan menjelang tidur yang dicontohkan Rasulullah Saw? Yuk, simak ulasannya!

1. Berwudu saat menjelang tidur

Amalkan Yuk! Ini 7 Kebiasaan Baik Menjelang Tidur dalam IslamUnsplash.com/Tadeusz Lakota

Wudu merupakan aktivitas mensucikan diri sebelum menjalankan salat. Selain itu, Rasulullah Saw juga memberikan contoh berwudu saat menjelang tidur.

Hal ini dimaksudkan untuk selalu menjaga kesucian diri walaupun saat menjelang tidur. Anjuran untuk menjaga wudu sebelum menjelang tidur telah diperkuat dengan hadis berikut yang artinya:

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringanmu (tidur), maka hendaklah berwudu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu menjelang salat." (HR. Al-Bukhori dan Muslim)

Selain untuk menjaga kesucian diri, berwudu pada saat menjelang tidur juga berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di tubuh kita khususnya pada bagian kaki dan tangan. Dengan berwudu tidur menjadi lebih nyaman karena kondisi tubuh yang bersih dan suci.

2. Pada saat tidur, kamar dianjurkan dalam kondisi gelap untuk menjaga kekebalan tubuh

Amalkan Yuk! Ini 7 Kebiasaan Baik Menjelang Tidur dalam IslamUnsplash.com/Quin Stevenson

Tidur dalam keadaan gelap selain agar cepat untuk tidur, ternyata memiliki manfaat tersendiri berupa menjaga kulit tetap awet muda karena kulit kita tidak terkena cahaya lampu ataupun senyawa radikal bebas. Tidur dalam keadaan gelap juga sudah diperkuat dengan hadis berikut yang artinya:

"Padamkanlah lampu saat menjelang tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana dan tutuplah makanan dan minuman." (Muttafaq Alaih)

Baca Juga: Amalkan Yuk! Ini 6 Kebiasaan Baik di Pagi Hari dalam Islam

3. Memosisikan badan miring ke kanan dan meletakkan tangan di pipi kanan

Amalkan Yuk! Ini 7 Kebiasaan Baik Menjelang Tidur dalam IslamUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Dalam sebuah hadis, tidur dengan memposisikan badan miring ke kanan juga sudah dijelaskan. Sebagaimana dari Al-Barra' bin Azib berkata, bahwa Rasulullah bersabda yang artinya:

"Apabila kamu hendak tidur, maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan."

Sementara, posisi tangan saat tidur sebaiknya diletakan di pipi sebelah kanan juga diterangkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Dawud yang artinya:

"Rasulullah Muhammad Saw apabila tidur meletakan tangan kanannya di bawah pipi kanannya."

Rasulullah Saw mencontohkan cara tidur yang demikian pasti memiliki sisi baik bagi kesehatan. Dilansir jurnal Ilmiah Kesehatan Perawatan tahun 2019, posisi tidur dengan memiringkan badan ke kanan dapat mengurangi risiko penyakit gagal jantung, karena pada saat tidur dengan posisi miring ke kanan akan mengurangi beban kerja jantung sehingga peredaran tubuh menjadi lebih baik.

Hal menjadi semakin jelas bahwa cara-cara tidur yang dicontoh oleh Rasulullah Saw mempunyai dampak yang baik dilihat dari segi kesehatan.

4. Tidak tidur dalam posisi yang terlentang atau tengkurap, karena itu merupakan posisi tidur setan

Amalkan Yuk! Ini 7 Kebiasaan Baik Menjelang Tidur dalam IslamUnsplash.com/Vladislav Muslakov

Saat tidur dengan kondisi tengkurap akan menyebabkan kerja jantung tidak bisa maksimal, karena jantung terbebani oleh tubuh. Tidur dengan posisi tengkurap seringkali menyebabkan bagian dada terasa sakit dan sesak, sehingga  Rasulullah pun tidak mencontohkan tidur yang demikian.

Selain tidak baik untuk kesehatan tidur dengan posisi tengkurap, Allah Swt pun tidak menyukai posisi tidur yang demikian karena cara tersebut merupakan cara tidur syaitan. Hal ini diperjelas dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud yang artinya:

"Sesungguhnya tidur dengan posisi tengkurap, adalah tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla."

5. Mengusap wajah dengan tangannya saat bangun tidur sembari berdoa

Amalkan Yuk! Ini 7 Kebiasaan Baik Menjelang Tidur dalam IslamUnsplash.com/Christian Erfurt

Yang perlu kita contoh dari Rasulullah Saw berikutnya adalah mengusap wajah. Terlihat sederhana tetapi terkadang kita seringkali melupakan hal itu. Mengusap wajah dengan kedua tangan sebaiknya dibarengi doa setelah bangun tidur. Sebagai wujud syukur kepada Allah Swt masih bisa bangun dengan keadaan sehat sehingga bisa beribadah kepada-Nya.

Kebiasaan Rasulullah Saw mengusap wajah pada saat bangun dari tidurnya telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya:

"Maka bangunlah Rasulullah Muhammad Saw dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya." (HR. Muslim)

6. Bersegerah membersikan diri salah satunya bersiwak/gosok gigi

Amalkan Yuk! Ini 7 Kebiasaan Baik Menjelang Tidur dalam IslamUnsplash.com/Phuong Tran

Membersihkan diri selepas bangun tidur sangat baik untuk kesehatan, karena kita tidak tahu apakan saat tidur ada kotoran yang mengotori badan kita ataupun tidak. Bersiwak di awal pagi juga baik dilakukan selain untuk menjaga kesehatan juga untuk menghilangkan bau mulut yang kurang sedap di pagi hari.

Sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, yang artinya:

"Apabila Rasulullah Muhammad Saw bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak."

Membersihkan diri dan bersiwak setelah bangun tidur juga efektif untuk menghilangkan rasa kantuk, sehingga kita lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

7. Jangan sering begadang hingga larut malam hingga mengganggu jam tidur

Amalkan Yuk! Ini 7 Kebiasaan Baik Menjelang Tidur dalam IslamUnsplash.com/Alexander Popov

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan umumnya oleh anak-anak muda adalah begadang hingga larut malam. Akibatnya, jam tidur menjadi tidak teratur yang membuat bangunnya menjadi siang. Kurangnya jam tidur akibat seringkali begadang akan berdampak juga terhadap kesehatan dan fokus untuk bekerja atau berkativitas akan menjadi berkurang.

Alangkah baiknya tidur di awal malam, jika benar-benar tidak ada sesuatu yang penting untuk bekerja sehingga kita bisa bangun lebih awal untuk menjalankan salat tahajud.

Sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Saw dalam sebuah hadis yang artinya:

"Bahwasanya Rasulullah Saw membenci tidur malam sebelum salat isya dan berbincang-bincang yang tidak bermanfaat setelahnya." (HR. Bukhori Muslim)

Nah, itu dia 7 kebiasaan menjelang tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw yang berkualitas dan pastinya baik untuk kesehatan. Mari perlahan-lahan kita belajar dari hal-hal yang sederhana agar menjadi suatu kebiasaan yang bisa mendatangkan pahala dari Allah Swt untuk kebaikan diri sendiri. Salah satunya melalui kebiasaan-kebiasaan sederhana seperti ini.

Baca Juga: Selain Berdoa, Ini 5 Adab Menggunakan Kamar Mandi Menurut Islam

Nur Kholid Photo Verified Writer Nur Kholid

Mari berproses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya