Comscore Tracker

7 Keistimewaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yaa Siin

Subhanallah sungguh besar keistimewaannya!

Al-Qur'an sebagai kitabnya ummat muslim yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui Malaikat Jibril, tentu saya mempunyai keistimewaan yang besar bagi para pembacanya. Selain memberikan pahala dan menentramkan hati bagi mereka yang membaca dan mendengarkan, Al-Qur'an surat Yaa Siin mampu mempercepat terpenuhinya hajat atau keinginan seseorang.

Surat Yaa Siin adalah surat yang dalam urutan Al-Qur'an merupakan surat ke-36, terdiri atas 83 ayat dan termasuk dalam golongan surat-surat Makkiyyah yang diturunkan sesudah surat Jin. Penamaan surat "Yaa Siin" karena diambil dari permulaan ayat yaitu "Yaa Siin".

Salah satu keistimewaan yang dimiliki surat Yaa Siin yaitu mempercepat terpenuhinya hajat atau keinginan yang kita harapkan dengan seizin Allah Swt. Selain itu, berikut 7 keistimewaan surat Yaa Siin yang perlu diketahui. Yuh, simak ulasannya!

1. Membacakan surat Yaa Siin dapat meringankan siksa kubur

7 Keistimewaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yaa SiinUnsplash.com/Matt Botsford

Kematian pasti akan datang, setelah kematian datang kita akan berpindah alam di alam kubur. Jika kita mempunyai amal yang cukup maka siksa kubur pun tidak akan ada, tetapi sebaliknya jika tidak mempunyai perbekalan amal baik yang cukup siksa kubur akan datang kepada kita. Tidak ada yang bisa menolong selain amal baik yang kita lakukan dimasa hidup.

Namun, bacaan surat Yaa Siin mampu meringankan siksa kubur bagi orang yang sudah meninggal atau ahli kubur dan memberikan kebaikan bagi yang membacanya. Sebagaimana dari Anas Ra, bahwasannya Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

"Barang siapa masuk ke perkuburan lalu membaca surat Yaa Siin, maka Allah meringankan siksa ahli kubur pada hari itu, dan pembacanya memperoleh kebaikan sebanyak orang yang ada di dalamnya."

2. Dengan membaca surat Yaa Siin dapat memperoleh kemudahan bagi pembacanya 

7 Keistimewaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yaa SiinUnsplash.com/pixpoetry

Setiap orang pasti mengharapakan kemudahan dalam melakukan segala aktivitasnya, agar aktivitasnya bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan arah tujuan yang diinginkan. Tentu saja kemudahan yang diberikan adalah kemudahan dalam hal kebaikan. Kemudahan itu bisa dicapai dengan kita membaca surat Yaa Siin dan atas seizin Allah Swt.

Sebagaimana dalam hadis Ad Darimi dari Syahr bin Hausab ia berkata, Ibnu Abbas berkata yang artinya:

"Barangsiapa membaca surat Yaa Siin di waktu pagi, maka akan mendatangkan kemudahan di hari itu hingga sore. Dan siapa yang membacanya di permulaan malam, maka akan mendapatkan kemudahan pada malam itu sampai pagi."

Baca Juga: 5 Keistimewaan Bagi Orang yang Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Kahfi

3. Membaca surat Yaa Siin akan mempercepat datangnya hajat atau keinginan yang diharapakan

7 Keistimewaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yaa SiinUnsplash.com/Marc-Olivier Jodoin

Setiap orang pasti menginginkan apa yang diharapkan segera terpenuhi. Terpenuhinya suatu harapan pasti harus dibarengi dengan berusaha dan berdoa melalui ayat-ayat Allah yaitu Al-Qur'an. Al-Qur'an surat Yaa Siin mampu mempercepat hajat atau keinginan yang diharapkan. Sebagaimana dari Abdullah bin Zubair, bahwa Nabi Muhammad Saw, bersabda yang artinya:

"Siapa yang menjadikan surat Yaa Siin dipermulaan hajatnya, maka hajatnya dikabulkan"

Untuk itu, jika menginginkan hajat cepet terpenuhi bacalah surat Yaa Siin dengan hati ikhlas semata-mata karena Allah Swt. Insha Allah atas seizin-Nya hajat kita akan terpenuhi.

4. Membaca surat Yaa Siin pada malam Jumat akan mendapatkan Ampunan dari Allah Swt

7 Keistimewaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yaa SiinFreepik.com/gulayi22

Sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan pastinya mengharapkan ampunan dari Allah Swt. Ampunan-Nya akan kita peroleh jika senantiasa beristigfar memohon ampunan ke pada Allah Swt. Selain itu, dengan membaca surat Yaa Siin juga dapat memperoleh ampunan dari Allah Swt.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadis, dari Abu Hurairah Ra, bahwasanya Rasulullah Saw, bersabda yang artinya :

"Barangsiapa membaca surat Yaa Siin pada malam jum'at, maka paginya mendapatkan ampunan."

Dengan hadis tersebut semakin jelas bahwa keistimewaan surat Yaa Siin salah satunya adalah mampu memberikan ampunan bagi pembacanya. Untuk itu bacalah dengan ikhlas agar kita benar-benar mendapatkan ampunan dan pahala dari Allah Swt.

5. Dengan membaca surat Yaa Siin Allah Swt akan menetapkan pahala seperti membaca Al-Qur'an 10 kali

7 Keistimewaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yaa SiinFreepik.com

Membaca Al-Qur'an sebanyak 10 kali tentu saja bukan waktu yang sebentar. Mungkin dibutuhkan waktu satu tahun lebih lamanya bagi yang belum terbiasa dengan membaca Al-Qur'an. Tetapi dengan membaca surat Yaa Siin sama artinya kita mendapatkan pahala sebanyak 10 kali membaca Al-Qur'an 30 jus penuh.

Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis dari Anas Ra, ia berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada jantung hatinya, sedangkan jantung hati Al-Qur'an asalah surat Yaa Siin. Barangsiapa membaca surat Yaa Siin, maka Allah menetapkan baginya seperti menbaca Al-Qur'an sepuluh kali."

6. Memberikan syafa'at atau pertolongan bagi pembacanya dan memberikan ampunan bagi pendengarnya

7 Keistimewaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yaa SiinUnsplash.com/Levi Clancy

Sungguh besar memang keistimewaan surat Yaa Siin, bahkan bagi mereka yang mendengarkannya saja sudah bisa mendapatkan ampunan dari Allah Swt. Terlebih bagi pembacanya, surat Yaa Siin mampu memberikan syafaat atau pertolongan kelak dihari kiamat nanti, pastinya dengan seizin Allah Swt.

Sebagaimana sebuah hadis, dari Aisyah Ra bahwasanya Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

"Bahwasanya di dalam Al-Qur'an ada satu surat yang dapat memberi syafaat kepada pembacanya dan memberi ampunan bagi pendengarnya, ketahuilah yaitu surat Yaa Siin, yang dalam Taurat dinamakan " Al Mu'ammah". Ditanyakan: Ya Rasulullah apakah Al Mu'ammah itu ? Beliau bersabda "yang menjadi penyebab bagi orang yang membaca dan mendengar mendapatkan kebaikan di dunia dan menghilangkan ketakutan di akhirat."

Dengan hadis tersebut, tentu saja menambah wawasan kita semuanya. Bahwa surat Yaa Siin juga sudah di sebutkan di dalam kitab terdahulu sebelum Al-Qur'an di turunkan dengan nama 'Al Mu'ammah'.

7. Membacakan surat Yaa Siin akan mempermudah sakaratul maut

7 Keistimewaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yaa SiinUnsplash.com/Rhodi Lopez

Saat kematian akan datang, yang akan dihadapi pertama kali adalah sakaratul maut. Membacakan surat Yaa Siin dapat mempermudah dan mempercepat keluarnya ruh. Sehingga tidak akan merasakan sakitnya sakaratul maut. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Qur'an Al azhim:

“Membaca surat yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” 

Selain itu, keistimewaan surat Yaa Siin yang dapat mempermudah jalanya sakaratul maut juga telah disampaikan Rasulullah Swt. Bahwa Rasulullah Saw bersabda yang artinya :

“Bacakanlah untuk orang (yang akan) mati surat Yaa Siin." (HR. Imam Abu Dawud)

Nah, itu dia beberapa keistimewaan surat Yaa Siin yang memberikan manfaat bagi yang membaca ataupun mendengarkannya. Pada dasarnya semua surat dalam Al-Qur'an baik untuk kita baca dan kita amalkan kandungannya. Yang bisa memberikan rasa tentram di hati orang membacanya sekaligus pahala baginya.

Mari kita belajar untuk rutin membaca Al-Qur'an walaupun hanya satu ayat dalam satu hari. Semoga kebiasaan itu bisa memberikan kita kebaikan baik di dunia mau di akhirat kelak.

Baca Juga: 6 Penggalan Ayat Al Quran & Hadis Ini Bikin Kamu Senantiasa Bersyukur

Nur Kholid Photo Verified Writer Nur Kholid

Mari berproses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya