Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Miliki Personal Boundaries, Hidup Lebih Nyaman!

Setiap orang berhak punya batasan #IDNTimesLife

Personal bondaries merupakan sebuah batasan yang dimiliki oleh seseorang dalam menghadapi realitas perlakuan dari orang lain. Dalam artian, kamu memiliki batasan sampai sejauh mana kamu bisa mentolerir sikap, ucapan, dan pola pikir orang lain terhadapmu, serta bagaimana kamu meresponnya. Memiliki batasan atas dirimu sendiri itu penting, agar hidup lebih nyaman dan tenteram.

Selain itu, berikut ini merupakan lima alasan mengapa kamu harus memiliki personal bondaries dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak alasannya sebagai berikut!

1. Sebagai bentuk kamu miliki kesadaran self love yang tinggi 

5 Alasan Pentingnya Miliki Personal Boundaries, Hidup Lebih Nyaman!ilustrasi memiliki self love (unsplash.com/giulia_bertelli)

Banyak orang bisa mencintai orang lain, tetapi tak banyak yang bisa mencintai dirinya terlebih dahulu. Memilki self love atau rasa cinta terhadap dirimu sendiri salah satunya bisa didapat ketika kamu menerapkan sebuah batasan. Artinya, kamu paham betul batasan-batasan apa yang bisa kamu tolerir dari orang lain.

Baik dari sisi emosional, fisik, perilaku, aktivitas seksual bahkan juga spiritual. Kamu memahami dirimu dan batasan yang bisa kamu terima atau tidak terima. Dengan memiliki batasan, kamu bisa mencegah sesuatu yang tidak kamu sukai agar tak terjadi.

2. Agar orang lain bisa lebih menghargai batasan satu sama lain 

5 Alasan Pentingnya Miliki Personal Boundaries, Hidup Lebih Nyaman!ilustrasi seseorang menyuruh berhenti (unsplash.com/nadineshaabana)

Dengan memiliki batasan kamu dan orang lain bisa saling mengerti dan memahami satu sama lain. Dalam arti, mereka tahu hal-hal apa saja yang bisa membuatmu menjadi nyaman atau sebaliknya.

Misalnya, kamu tidak suka jika orang lain bertanya soal kehidupan pribadimu. Maka, kamu harus katakan bahwa kamu tidak suka dan tidak bisa membahas hal tersebut. Dengan begitu, mereka akan mengerti dan tidak menanyakannya lagi di kemudian hari.

3. Dapat menunjukkan karakter asli seseorang

5 Alasan Pentingnya Miliki Personal Boundaries, Hidup Lebih Nyaman!ilustrasi dua wanita sedang ngobrol (unsplash.com/bewakoofofficial)

Ketika kamu memiliki personal boundaries, pasti ada saja orang yang akan memandangmu berbeda. Mungkin saja mereka akan memandangmu sebagai orang yang tidak bisa bergaul dan sebagainya. Tetapi secara tidak langsung kamu juga bisa mengerti dan memahami karakter orang tersebut.

Bagaimana cara pandangnya dalam menghargai prinsip orang lain dan bagaimana cara dirinya bersikap terhadapmu. Dengan begitu kamu pun bisa membatasi interaksi dengannya secara intens.

4. Menjaga kenyamanan hubungan dalam tingkat apa pun 

5 Alasan Pentingnya Miliki Personal Boundaries, Hidup Lebih Nyaman!ilustrasi pertemanan wanita (unsplash.com/priscilladupreez)

Tidak hanya pada hubungan di tingkat pertemanan saja, memiliki personal boundaries juga penting dalam setiap bentuk hubungan. Seperti dalam hubungan percintaan, hubungan rekan kerja, bahkan hubungan keluarga sekalipun.

Agar sama-sama merasa enak dan nyaman, kita perlu menghargai keputusan dan batasan satu sama lain. Kita akan semakin memahami apa saja hal yang berada di ranah umum maupun personal. Sehingga, kenyamanan hubungan tetap terjaga tanpa ada rasa canggung atau tidak enakan.

5. Membuat orang lain mengerti bahwa setiap orang memiliki value yang berbeda 

5 Alasan Pentingnya Miliki Personal Boundaries, Hidup Lebih Nyaman!ilustrasi dua pria sedang berbincang (unsplash.com/ann_van_)

Personal boundaries menjamin setiap orang memiliki nilai dan prinsip yang harus dihargai. Baik menurutmu, belum tentu baik menurut ornag lain. Cocok menurut pandanganmu, juga belum berarti cocok untuk diterapkan pada orang lain.

Disinilah pentingnya sikap saling mengahrgai batasan satu sama lain, agar kita tidak melangkah terlalu jauh. Personal boundaries mampu membatasi sikap, perilaku, pemikiran hingga perasaan agar selalu nyaman dan tenang.

Meskipun tak banyak orang bisa menerima perihal personal boundaries, tetapi kita tetap harus bisa mengkomunikasikannya kepada mereka. Memiliki personal boundaries bukan berarti kamu sombong atau egois, tetapi kamu sadar akan pentingnya sebuah batasan agar kamu merasa nyaman. Jadi, jangan takut untuk miliki batasanmu, ya!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya