Comscore Tracker

5 Janji Terhadap Diri Sendiri yang Tak Boleh Diingkari, Kunci Bahagia!

Sudahkah menepati janji? 

Janji adalah satu hal yang dinilai sakral dan sarat maknanya sehingga tidak boleh dilanggar. Janji dapat dijadikan alat untuk mengikat antara satu orang dengan orang lain. Namun pernahkah kamu menerapkan janji untuk dirimu sendiri?

Jika janji terhadap orang lain akan sangat sulit untuk dilanggar, berbeda halnya jika kamu menerapkan janji untuk diri sendiri. Tidak ada yang tahu jika kamu memiliki kesepakatan terhadap dirimu sendiri. Jadi, tidak akan ada masalah berarti jika kamu melanggarnya.

Namun tahukah beberapa janji di bawah ini tidak seharusnya kamu langgar. Jika kamu memegang janji di bawah ini, maka kamu akan merasakan kebebasan hati dan menuntunmu kepada kebahagiaan dalam hidup.

1. Jangan membangun hubungan hanya karena ingin melupakan masa lalu 

5 Janji Terhadap Diri Sendiri yang Tak Boleh Diingkari, Kunci Bahagia!pexels.com/Inna Lesyk

Sebagian orang yang pernah gagal dalam sebuah hubungan akan merasakan rasa sakit yang kadang sangat sulit untuk disembuhkan. Bahkan memakan waktu hingga bertahun lamanya dan tidak ada jaminan mampu melupakan. Namun ada yang mencoba untuk melupakan masa lalu dan mengobati lukanya dengan cara membangun hubungan baru.

Tetapi ternyata hal tersebut akan menjadikanmu pribadi yang buruk karena kamu telah memilih bersikap egois. Berjanjilah jangan pernah membangun hubungan untuk menyembuhkanmu tanpa berniat benar-benar mencintainya.

2. Jangan terlalu bereaksi terhadap setiap situasi dan berhenti bersikap emosional 

5 Janji Terhadap Diri Sendiri yang Tak Boleh Diingkari, Kunci Bahagia!unsplash.com/Ashley Light

Berjanjilah untuk tidak bersikap berlebihan terhadap perasaan sendiri. Memiliki empati dan perasaan itu memang penting tetapi jangan sampai melewati batas wajar. Jangan sampai itu akan menyulitkanmu karena menjadi serba salah dalam situasi tertentu. Tidak semua situasi harus dihadapi dengan perasaan yang berlebihan, karena kamu akan tenggelam dalam perangkap emosional yang diciptakan oleh pikiranmu. Situasi seperti itu juga dapat membuatmu menjadi orang yang mudah dimanfaatkan oleh orang lain.

3. Jangan hanya memercayai kata-kata tanpa sikap nyata

5 Janji Terhadap Diri Sendiri yang Tak Boleh Diingkari, Kunci Bahagia!unsplash.com/Harli Marten

Ada banyak perangkap yang terpasang di dalam kata-kata manis dan banyak yang jatuh karenanya. Seringkali atas apa yang telah diucapkan oleh seseorang dipercaya begitu saja karena pandainya dalam memilih kata. Apa yang paling penting adalah pembuktian dari apa yang telah dikatakan.

Apalah arti kata manis tanpa pembuktian melalui sikap yang ditunjukkan. Jangan sampai kamu hanya akan terpuruk dalam penantian atas apa yang telah orang lain ucapkan. Mempercayai seseorang tidak ada salahnya, tetapi kamu juga harus siap atas risiko dikecewakan.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Punya 'GRIT' dalam Hidup, Bikin Sukses!

4. Jangan kembali pada orang yang pernah melukai dan menyulitkanmu 

5 Janji Terhadap Diri Sendiri yang Tak Boleh Diingkari, Kunci Bahagia!pexels/Kat Jayne

Sebelum memutuskan berhubungan kembali dengan orang yang pernah mengecewakanmu, ingat kembali atas perbuatan yang pernah ia lakukan dulu. Ingat kembali alasanmu merasakan sakit dan sedih bahkan banyak air mata yang tercurah karenanya. Kamu harus menguatkan diri untuk tidak lagi menghubungi dan meyakini bahwa itulah yang terbaik.

Jangan libatkan lagi dirimu dalam keadaan yang sangat menyulitkanmu dan membuatmu terpuruk. Cukuplah masa lalu menjadi pelajaran, jangan lagi mau terjerat kembali karena bukankah keledai saja tidak akan jatuh di lubang yang sama untuk kedua kalinya?

5. Jangan pernah membuat janji dan harapan palsu terhadap dia yang mencintaimu 

5 Janji Terhadap Diri Sendiri yang Tak Boleh Diingkari, Kunci Bahagia!unsplash.com/Joel Overback

Jangan membangun cinta seseorang jika kamu tidak pernah berniat untuk mencintainya. Kamu akan jadi orang yang paling buruk karena mempermainkan perasaan seseorang. Perasaan cinta itu tulus dan murni hadir dalam jiwa seseorang, jadi jangan pernah khianati hadirnya. Bukan hanya akan mengecewakan dan menyakiti, kamu juga akan mendapat balasannya di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa hal penting dalam hidup yang bisa kamu jadikan janji untuk dirimu sendiri. Cobalah untuk menerapkan dan menepatinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dimiliki dalam Hidup, Bikin Tenang dan Bahagia Terus

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya