Comscore Tracker

5 Langkah Mudah Jadi Anak Muda Produktif, Biar Auto Sukses!

Sudah seberapa produktifkah dirimu? 

Usia muda merupakan masa keemasan dalam membangun karier dan kesuksesan. Setiap anak muda pasti ingin bisa sukses dan hidup berkecukupan sampai hari tua nanti. Oleh karenanya masa muda harus diisi dengan berbagai hal yang mendukung itu semua. Termasuk menjadi produktif, karena usia muda adalah masa yang tepat untuk bisa mengupayakan seluruh potensi diri.

Berikut ini merupakan lima langkah mudah agar kamu bisa produktif dalam membangun kesuksesan di usia muda.

1. Kerjakan pekerjaan dengan skala prioritas 

5 Langkah Mudah Jadi Anak Muda Produktif, Biar Auto Sukses!unsplash.com/Corinne Kutz

Ketika mendapatkan banyak pekerjaan dalam satu waktu, maka kerjakanlah dengan skala prioritas. Artinya, jika pekerjaan tersebut terlihat sulit maka kerjakan ia terlebih dahulu. Pekerjaan yang sulit pastinya akan memakan banyak waktu dan pikiran. Sehingga buat itu menjadi prioritas utama dalam mengerjakannya, baru kemudian kerjakan yang mudah. Ketika pekerjaan yang sulit telah dikerjakan, maka pekerjaan yang mudah akan terasa jauh lebih ringan.

2. Jangan melakukan banyak hal dalam satu waktu 

5 Langkah Mudah Jadi Anak Muda Produktif, Biar Auto Sukses!pexels.com/Karolina G

Banyak orang merasa cukup mampu untuk bisa menangani banyak hal dalam satu waktu. Tetapi harus diingat bahwa hal tersebut tak selamanya baik. Multitasking itu akan memecah fokus dan menjadikan kita tidak cukup waktu memikirkan hingga ke detail. Oleh karenanya, kerjakanlah satu hal dalam satu waktu. Sehingga hasil dari pekerjaan tersebut pun akan menjadi maksimal.

3. Buat jadwal untuk aktivitasmu, tetap konsisten dan disiplin 

5 Langkah Mudah Jadi Anak Muda Produktif, Biar Auto Sukses!unsplash.com/Cathryn L

Menjadi disiplin terhadap jadwal yang telah dibuat itu penting. Dengan membuat jadwal dalam melakukan aktivitas kita akan tahu seberapa konsisten dalam menepatinya. Saat telah terbiasa dalam membuat jadwal tersebut kita akan memiliki manajemen waktu yang baik. Sehingga setiap pekerjaan akan mendapatkan estimasi waktunya masing-masing. Dengan begitu kita akan tetap produktif dan mampu menyelesaikan tepat waktu.

Baca Juga: 5 Hikmah Gak Punya Pacar di Usia Produktif yang Jarang Disadari

4. Ambil waktu untuk me time dan rehat sejenak 

5 Langkah Mudah Jadi Anak Muda Produktif, Biar Auto Sukses!unsplash.com/Pablo M

Menjadi produktif bukan berarti harus selamanya bekerja dan melakukan kegiatan. Rehat itu perlu dan menjadi bagian penting dalam produktivitas kerja. Dengan melakukan me time atau pun rehat kita dapat memikirkan berbagai ide atau kreativitas yang baru. Sehingga dapat digunakan dalam pekerjaan nantinya. Ketenangan pikiran setelah lelah bekerja adalah hal yang utama. Jadi, jangan selalu jadi workaholic ya!

5. Selalu bersyukur atas apa pun dan jangan lupa beribadah 

5 Langkah Mudah Jadi Anak Muda Produktif, Biar Auto Sukses!pixabay.com/avi_acl

Langkah terakhir untuk menjadi produktif adalah dengan memenuhi kebutuhan spiritual kita. Yakni dengan selalu bersyukur dan beribadah menurut kepercayaan masing-masing. Percayalah setelah berusaha maksimal dalam bekerja dan berkegiatan, Tuhan menjadi tempat kita kembali. Artinya, seluruh upaya yang telah dilakukan maksimal kembalikan lagi kepada YME agar semuanya membawa kebaikan bagi diri kita dan orang lain.

Itulah langkah mudah agar kamu bisa produktif di usia muda. Tetap semangat untuk meraih kesuksesan ya!

Baca Juga: 5 Cara agar Gak Kehabisan Ide untuk Ditulis, Produktif Terus!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya