Comscore Tracker

5 Tanda Hidupmu Lebih Baik dari yang Kamu Pikirkan, Jangan Cemas!

Bahagia gak melulu pake standar materi, kok

Tak dapat dipungkiri, memang ada banyak hal dalam hidup yang terkadang membuat seseorang merasa hidupnya seakan berada di jurang yang kelam. Setiap orang tentu merasakan hal ini dengan dilandasi berbagai penyebab yang berbeda.

Untuk mengatasinya, tetap berpikir positif adalah salah satu langkah positif dan konkrit yang bisa dilakukan untuk keluar dari keterpurukan, lho! Bahkan, jarang disadari bahwasanya terkadang hidupmu ternyata tidaklah seburuk apa yang kamu pikirkan, kok!

Tak melulu karena persoalan materi atau selalu menjadikan orang lain sebagai perbandingan, lima hal di bawah ini bisa jadi pertanda bahwa sebenarnya kamu sudah menghidupi sebuah kehidupan layak yang berbahagia. Yuk, cermati tanda-tandanya berikut ini!

1. Makin mengerti hal apa yang tidak kamu inginkan

5 Tanda Hidupmu Lebih Baik dari yang Kamu Pikirkan, Jangan Cemas!ilustrasi sebuah penolakan (unsplash.com/isaiahrustad)

Berbicara mengenai hal yang kamu inginkan dalam hidup tentu sangat mudah. Setiap orang pasti ingin mendapatkan semua hal yang membuat bahagia dan terhindar jauh-jauh dari masalah. Namun, ketika kamu juga mengetahui apa yang tidak kamu inginkan, maka hidupmu sejatinya memang sudah sepenuhnya bisa kamu kontrol.

Dengan begitu, kamu bisa lebih menyadari dan berusaha untuk menghindari risikonya. Kamu sadar betul akan hal yang harus kamu lakukan secara maksimal.

2. Kamu bekerja keras untuk hal tertentu 

5 Tanda Hidupmu Lebih Baik dari yang Kamu Pikirkan, Jangan Cemas!ilustrasi membuat artikel yang menarik (unsplash.com/glenncarstenspeters)

Di saat kamu sudah bekerja keras untuk meraih apa yang kamu inginkan, di situlah kamu harus berbangga diri. Memang jalannya bakal terjal dan tak mudah untuk diwujudkan.

Tetapi, berbahagialah karena kamu sudah tahu tujuan hidupmu. Kamu tidak menyia-nyiakan waktu untuk berdilema dan berandai-andai saja. Sekalipun gagal, setidaknya kamu pernah mencoba dan telah mengusahakan yang terbaik.

Baca Juga: 5 Cara untuk Kembali Menemukan Kebahagiaan Setelah Terpuruk

3. Kamu bisa menerima kesalahanmu sendiri 

5 Tanda Hidupmu Lebih Baik dari yang Kamu Pikirkan, Jangan Cemas!ilustrasi mengalami bad mood (unsplash.com/elevantarts)

Siapa bilang menerima kesalahan itu mudah? Nyatanya, setiap orang pasti kerap menghindari melakukan kesalahan dan berharap tidak pernah melakukannya. Namun, sudah tentu kesalahan itu adalah hal yang wajar dan pasti dilakukan oleh setiap orang.

Berbuat salah memang bukan hal yang baik, tetapi mengakui kesalahan adalah sebuah sikap bijaksana yang patut diapresiasi. Nilai dirimu akan diukur dari seberapa tanggung jawabnya kamu atas kesalahan yang kamu lakukan.

4. Kamu bersedia membantu orang lain yang membutuhkan 

5 Tanda Hidupmu Lebih Baik dari yang Kamu Pikirkan, Jangan Cemas!ilsutrasi dua orang berjabat tangan (unsplash.com/officestock)

Memiliki sikap murah hati nyatanya tak bisa dimiliki oleh banyak orang. Beberapa orang yang kamu temui mungkin memang terlihat sangat suka membantu sesama, tetapi dengan maksud tertentu.

Ketika kamu bisa menolong orang lain yang sedang kesulitan tanpa pamrih, di situlah sejatinya hidupmu terasa sangat berharga. Kamu mungkin tak memiliki banyak uang, sedang memiliki masalah, dan lain sebagainya, tetapi dari caramu bisa membantu meringankan beban orang lain, dirimu benar-benar sudah sangat berharga sebagai seorang manusia.

5. Kamu yang sekarang lebih baik dari satu tahun lalu  

5 Tanda Hidupmu Lebih Baik dari yang Kamu Pikirkan, Jangan Cemas!ilustrasi menaiki anak tangga (unsplash.com/lindsayhenwood)

Perubahan dalam hidup adalah suatu hal yang pasti. Tetapi, ke arah mana perubahan itu berlayar adalah hal yang lebih penting. Pastikan kamu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, ya! Selain itu, jangan pernah menjadikan orang lain sebagai tolak ukur dari perubahan yang kamu alami.

Cobalah sesekali melihat dirimu yang sekarang dibandingkan dirimu satu tahun ke belakang. Sekalipun tak terlalu signifikan, setidaknya kamu sudah makin meningkatkan diri menjadi versi yang lebih dari dirimu terdahulu.

Lima hal di atas bisa jadi pertanda kalau hidup kamu sebenarnya tak seburuk apa yang kamu pikirkan. Tetap jaga kekuatan berpikir positif kapanpun dan dimanapun, ya! Semoga menginspirasi!

Baca Juga: 5 Hal yang Sebenarnya Kamu Butuhkan Saat Terpuruk, Gak Selalu Dukungan

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya