Comscore Tracker

5 Tips agar Target Resolusi Tahunan Kamu Bisa Tercapai

Ayo semangat, jangan kasih kendor! 

Setiap tahun yang dilewati memiliki makna tersendiri bagi setiap individu. Ada yang menjalaninya dengan kerja keras, perjuangan, kesedihan hingga mendapatkan sebuah pencapaian. Oleh karenanya, banyak orang membuat resolusi yang ingin dicapai setiap tahunnya demi kehidupan yang lebih baik lagi.

Namun seiring waktu berjalan, tak jarang banyak orang melupakan resolusi yang telah dibuatnya dulu. Jika kamu salah satunya, maka berikut lima cara ampuh agar kamu tetap bisa fokus untuk menggapai resolusimu.

1. Berpikir konvergen dengan mengingat alasan kamu memulainya dulu

5 Tips agar Target Resolusi Tahunan Kamu Bisa Tercapaiilustrasi wanita sedang berpikir (unsplash.com/magnetme)

Untuk mewujudkan sebuah resolusi adakalanya seseorang merasa lelah dan menyerah di tengah jalan. Baik itu karena kebuntuan maupun rasa lelah yang membuat orang berhenti begitu saja. Cobalah untuk bisa berpikir konvergen, yakni dengan fokus pada satu hal saja.

Kamu bisa memikirkan satu resolusi yang benar-benar ingin dicapai serta alasan kuat untuk memulainya. Kerjakan perlahan dan lihat berapa banyak kemajuan yang kamu lakukan. Setelah satu tujuan tercapai, maka kamu bisa memulai resolusi lainnya.

2. Pertimbangkan manfaat yang akan didapat jika bisa menyelesaikannya 

5 Tips agar Target Resolusi Tahunan Kamu Bisa Tercapaiilustrasi pria sedang berpikir (unsplash.com/jasonstrull)

Menggapai sebuah resolusi tentu akan melahirkan sebuah hasil yang kamu harapkan. Manfaat tersebut tentunya akan membuatmu menjadi pribadi yang berkembang. Oleh karena itu, pikirkan manfaat apa yang akan kamu dapat ketika bisa menyelesaikan sebuah resolusi.

Misalkan, kamu ingin memulai hidup sehat dan mengurangi porsi karbohidrat. Bayangkan bonus yang akan kamu dapatkan dari pola hidup sehat tersebut, yakni penurunan berat badan. Dengan begitu kamu akan sangat terpacu untuk mewujudkannya.

3. Tetapkan tujuan beserta target waktu untuk mencapainya 

5 Tips agar Target Resolusi Tahunan Kamu Bisa Tercapaiilustrasi jam pasir (unsplash.com/aronvisuals)

Jangan mudah terlena dengan waktu di sepanjang tahun yang terasa masih panjang. Kebanyakan kegagalan itu disebabkan karena keengganan untuk memulai. Maka sebelum segala sesuatunya menjadi terlambat, mulai saja dulu sebuah langkah kecil untuk membuka jalan kedepannya. Tetapkan tenggat waktu yang memungkinkan dengan berpikir secara logis. Temukan cara yang bisa kamu lakukan agar tetap fokus pada tujuan.

Baca Juga: Mulai Tertekan oleh Target-target dalam Hidupmu? Lakukan 5 Hal Ini 

4. Visualisasikan tujuan yang ingin digapai 

5 Tips agar Target Resolusi Tahunan Kamu Bisa Tercapaiilustrasi pria sukses (unsplash.com/jhonjim)

Visualisasi itu penting dalam menetapkan sebuah tujuan. Ada pencapaian konkret yang akan didapat ketika kamu meraih sesuatu hal. Melalui proses ini kamu akan mampu mendapatkan gambaran yang jelas tentang detil dari hal yang ingin dicapai. Dengan begitu, kamu bisa mengatur sendiri proses seperti apa yang dipilih dan usaha sekeras apa untuk mewujudkannya.

5. Latih otak kanan untuk selalu membangkitkan motivasi 

5 Tips agar Target Resolusi Tahunan Kamu Bisa Tercapaiilustrasi membuat rencana yang menarik (unsplash.com/perloov)

Membangun motivasi itu sangat penting, karena setiap hal pada dasarnya membutuhkan sebuah motivasi. Latihlah otak kananmu untuk bisa melakukan sebuah sintesa untuk memunculkan ide dan kreativitas. Melalui proses ini akan sangat membantumu untuk mewujudkan tujuan akhir. Jangan menyerah dengan kebuntuan dari satu cara yang sedang kamu jalani, tetap berpikir kreatif dan out of the box.

Itulah lima cara ampuh agar kamu bisa keep on track untuk gapai semua resolusi di setiap tahun. Tetap semangat untuk wujudkan semua resolusimu ya!

Baca Juga: Mulai Tertekan oleh Target-target dalam Hidupmu? Lakukan 5 Hal Ini 

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya