Comscore Tracker

5 Arti Kemenangan dalam Hidup yang Sebenarnya, Jangan Berkompromi!

Jadilah baik untukmu dan orang lain

Pada hakikatnya setiap orang terlahir baik dan diharapkan untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang baik. Namun seiring berjalannya waktu, jiwa manusia berkembang dan semakin memiliki ego dan nafsu. Terkadang sulit untuk bisa mengontrol apa yang ada di dalam diri sendiri. Terlebih godaan terlalu besar di depan mata yang menjadikan semua terasa semakin sulit. 

Butuh dorongan kuat dari hati nurani untuk bisa membentengi diri dari perilaku yang tidak baik. Sejatinya itulah yang disebut dengan kemenangan yang sesungguhnya. Selain daripada itu, beberapa hal berikut juga dapat memaknai arti kemenangan yang juga harus kamu gapai di dalam hidup.

1. Saat kamu bisa mengalahkan egomu sendiri

5 Arti Kemenangan dalam Hidup yang Sebenarnya, Jangan Berkompromi!pixabay.com/EliasSch

Ego adalah musuh terbesar dalam hidupmu, ya itu benar adanya. Kamu mungkin bisa mengatur orang lain mengikuti apa inginmu, tetapi tanpa sadar kamu juga menjadi budak dari egomu sendiri.

Namun ketika kamu mampu mengendalikan ego, mencoba berpikir sejenak, mendengarkan sekitar dan merenungi sesuatu hal tersebut, kamu mungkin akan bisa mengerti. Orang lain mungkin tidak terlalu menyadari, tetapi kamu telah berhasil menjadi pemenang atas egomu sendiri.

2. Saat orang lain berbahagia atas hal yang kamu perbuat

5 Arti Kemenangan dalam Hidup yang Sebenarnya, Jangan Berkompromi!pixabay.com/free-photos

Kemenangan sejati adalah saat kamu bisa menciptakan kebahagiaan untuk orang lain. Hal-hal kecil atau perbuatan yang sepele kadang menjadi sangat berarti untuk orang lain.

Melihat senyum mereka, kata syukur yang mereka ucapkan, dan rasa terima kasih yang mereka lontarkan padamu. Terdengar klise, tetapi rasanya sungguh luar biasa menyenangkan. Cobalah mulai dari dirimu sendiri, kebaikan apa yang akan kamu perbuat hari ini?

Baca Juga: Jangan Marah, Begini Cara Mengatasi Cemburu Melihat Kesuksesan Teman

3. Saat kamu bisa jujur dan menahan diri

5 Arti Kemenangan dalam Hidup yang Sebenarnya, Jangan Berkompromi!pexels.com/VisionPic

Katanya hidup di zaman sekarang orang jujur akan banyak dimusuhi. Faktanya sepertinya memang banyak terjadi, namun percayalah tidak ada ruginya menjadi jujur. Mulailah untuk jujur pada dirimu sendiri, maka kamu pun akan jujur terhadap orang lain.

Jadilah pemenang dan menahan diri dari lingkungan yang mungkin tak berpihak padamu. Percayalah Tuhan selalu membersamaimu dan tahu mana yang benar dan mana yang salah.

4. Saat dirimu bisa bangkit dari keterpurukan

5 Arti Kemenangan dalam Hidup yang Sebenarnya, Jangan Berkompromi!gretchenrubin.com/Gretchen Rubin

Saat musibah dan masalah datang menghampirimu begitu kerasnya, kamu mungkin akan jatuh tersungkur sejatuh-jatuhnya. Mungkin pula kamu sempat berpikir untuk mengakhiri segalanya karena merasa tak sanggup lagi. Tetapi percayalah akan ada matahari setelah awan gelap yang melingkupimu.

Roda itu berputar begitu juga hidupmu, kamu berhak menangis dan merasa sedih. Tetapi pastikan kamu bangkit dan mulai kembali harimu, karena kamu adalah seorang pemenang!

5. Saat kamu tulus melakukan apa pun itu

5 Arti Kemenangan dalam Hidup yang Sebenarnya, Jangan Berkompromi!unsplash.com/Court Cook

Saat ini menemukan orang yang tulus dalam melakukan sesuatu hal bisa dihitung dengan jari. Akan selalu ada motivasi di balik setiap perbuatan yang dilakukan, entah itu baik atau buruk.

Hal yang harus dipastikan adalah lakukan apa pun yang kamu ingin kerjakan dengan tulus. Dengan begitu kamu tidak akan mengharapkan apa-apa dan tidak akan mudah kecewa. Semudah itu kamu akan menjadi pemenang untuk dirimu sendiri.

Itulah beberapa arti kemenangan sejati di dalam hidup, sudahkah kamu menjadi pemenang?

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Membangkitkan Kamu Ketika Butuh Motivasi

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya