Comscore Tracker

5 Cara Atasi Sikap Inkonsisten agar Selalu Fokus pada Tujuan

Semua target selalu bisa terapai

Sikap tidak konsisten atau dalam KBBI disebut juga dengan istilah inkonsisten, merupakan sebuah sikap yang tidak taat asas. Bisa juga disebut dengan sikap yang suka berubah-ubah terhadap pendirian. Tak jarang dalam mengerjakan suatu hal kita sangat bersemangat di awal, namun di tengah jalan menjadi bosan dan berhenti mengerjakannya.

Namun, semua itu dapat kamu atasi dengan lima cara berikut. Yuk, simak apa saja cara mudah untuk atasi sikap tidak konsisten tersebut!

1. Lakukan hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan 

5 Cara Atasi Sikap Inkonsisten agar Selalu Fokus pada Tujuanilustrasi wanita mengerjakan tugas di laptop (pexels.com/anastasia-shuraeva)

Mengubah suatu hal menjadi sebuah kebiasaan memang terasa susah-susah gampang. Terlebih lagi hal yang dikerjakan adalah berkaitan dengan kegiatan belajar, berlatih dan sebagainya, pasti banyak orang tidak tertarik untuk melakukannya

Namun, suka atau tidak suka kamu memang harus melakukan itu. Jadikan usaha untuk mencapai sebuah tujuan menjadi kebiasaan sehari-hari. Kamu bisa mempertahankan momentum menjalankan komitmen tersebut dalam kurun waktu yang kamu tentukan.

2. Cari alternatif cara yang menyenangkan dalam mengerjakannya 

5 Cara Atasi Sikap Inkonsisten agar Selalu Fokus pada Tujuanilustrasi sekelompok orang melihat laptop (unsplash.com/clayton_cardinalli)

Rasa bosan tak jarang akan menghampiri saat kamu terus menerus melakukan suatu hal. Oleh karenanya, kamu harus menemukan cara menarik dan menyenangkan untuk melakukannya. Misalkan dalam beberapa bulan ke depan kamu akan mengikuti sebuah tes kemampuan bahasa asing.

Untuk mendapatkan nilai yang bagus tentu kamu akan berusaha keras dalam meraihnya. Selain melalui buku, kamu bisa mengganti cara belajar dengan menonton film, mendengarkan musik, atau mencari teman online dari mancanegara.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Positif Agar Dijauhkan dari Sikap Inkonsisten

3. Ingat selalu tujuan akhir yang ingin dicapai 

5 Cara Atasi Sikap Inkonsisten agar Selalu Fokus pada Tujuanilustrasi wanita sedang menulis (unsplash.com/cathrynlavery)

Membayangkan tujuan akhir memanglah menyenangkan, apalagi itu adalah hal yang sudah kamu impikan selama ini. Hal tersebut memang terbukti ampuh untuk membangkitkan semangat saat sedang diterpa rasa malas. Ketika semangatmu sedang kendor, coba ingat-ingat lagi apa yang ingin kamu capai setelah kerja keras itu. Semua akan terbayar setelah kamu bersusah payah dalam mengerjakannya.

4. Bayangkan hal yang tidak diinginkan terjadi saat kamu merasa malas 

5 Cara Atasi Sikap Inkonsisten agar Selalu Fokus pada Tujuanilustrasi wanita sedang duduk santai (unsplash.com/bewakoofofficial)

Setelah motivasi dan semangatmu datang, hal yang tak kalah ampuh untuk membuatmu konsisten adalah membayangkan hal buruk yang akan terjadi. Bayangkan apa yang akan terjadi saat kamu gagal dalam melakukan hal tersebut.

Siapa orang yang akan kamu kecewakan selain dari dirimu sendiri. Rasakan sensasi kegagalan yang akan menghantui dan membuatmu menyesal saat tidak bersungguh-sungguh dalam mengerjakan hal tersebut.

5. Beri self-reward setiap kali kamu taat pada aturan

5 Cara Atasi Sikap Inkonsisten agar Selalu Fokus pada Tujuanilustrasi wanita di pingir danau (unsplash.com/kundeleknabiegunie)

Memberikan self-reward terhadap diri sendiri adalah hal yang wajar. Setelah kamu bersusah payah untuk tetap pada aturan yang kamu buat, maka kamu layak mendapatkan hadiah untuk dirimu sendiri.

Misalkan kamu boleh menonton sebuah film setelah konsisten mengerjakan selama satu minggu penuh. Self-reward yang diberikan bisa menjadi pemicu untuk dirimu taat pada aturan dan komitmen yang kamu buat sendiri.

Lima cara di atas bisa kamu coba untuk mengatasi sikap inkonsistensi yang mungkin sedang dialami. Jangan lupa semangat lagi untuk gapai tujuan yang ingin kamu raih, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak yang Dikenal Inkonsisten, Suka Bikin Kesal!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya