Comscore Tracker

5 Cara agar Kamu Seketika Dihargai Orang Lain, Kiatnya Sederhana

Hanya dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan sepele, lho!

Saat kamu tak terlalu mengenal karakter orang lain, mungkin akan sulit menebak bagaimana pola berinteraksi mereka. Terlebih untuk mendapatkan penghargaan atau apresiasi yang rasanya tak bisa didapat dengan mudah.

Tapi, ternyata ada cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih dihargai oleh orang lain seketika. Kiatnya tak terlalu sulit dan bisa kamu terapkan juga dalam keseharian. Yuk, kenali sederet inspirasi yang bisa bikin orang lain menghormati dan menghargai kamu dengan tulus berikut ini!

1. Jadi orang terakhir yang berbicara 

5 Cara agar Kamu Seketika Dihargai Orang Lain, Kiatnya Sederhanailustrasi dua orang wanita berbicara (pexels.com/ekaterina-bolovtsova)

Jangan terlalu banyak bicara sehingga orang lain tak menyadari apa saja yang telah kamu bicarakan. Berikan kesempatan bagi orang lain untuk mengutarakan pendapatnya, kemudian kamu simpulkan di akhir.

Terakhir berbicara bukan berarti kamu mengulang pembicaraan yang sudah pernah diutarakan. Tetapi, kamu bisa menarik kesimpulan dan jalan keluar yang bisa memecahkan masalah yang dihadapi. Hal tersebut bisa membuat orang lain terkesima dan setuju dengan pendapatmu.

2. Punya aksi yang nyata, tak hanya sekadar bicara 

5 Cara agar Kamu Seketika Dihargai Orang Lain, Kiatnya Sederhanailustrasi menanam tanaman (pexels.com/tima-miroshnichenko)

Siapapun tahu jika aksi nyata itu lebih penting daripada hanya sekadar kata-kata. Tunjukkan apa yang bisa kamu lakukan ketimbang hanya berkomentar saja.

Buat perubahan yang dimulai dari diri kamu sendiri! Jangan menunggu orang lain untuk memulai, tetapi kamu harus jadi penggerak bagi sekitar. Dengan begitu, orang lain akan semakin menghargai keberadaanmu di sekitar mereka.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Orang Lain, Dimulai dari Hal Sederhana

3. Melihat sisi positif dari apapun dan siapapun

5 Cara agar Kamu Seketika Dihargai Orang Lain, Kiatnya Sederhanailustrasi wanita bertindak spontanius (unsplash.com/a2_foto)

Memiliki mental yang positif memang bukan perkara yang mudah. Pasti akan terasa sulit untuk melihat segala sesuatunya dari kacamata yang baik. Tak jarang, banyak orang yang mudah menjustifikasi orang lain atau sesuatu hal dari sudut pandang yang negatif.

Padahal, jika kamu bisa melihat sesuatu dari arah yang positif itu akan mendatangkan banyak kebaikan bagi dirimu. Kamu akan selalu dipenuhi dengan aura positif dan bisa melihat banyak peluang. Kamu akan jadi penyemangat bagi orang-orang di sekitarmu dan bisa selalu membawa suasana yang menyenangkan.

4. Hargai orang lain sebagaimana kamu ingin dihargai 

5 Cara agar Kamu Seketika Dihargai Orang Lain, Kiatnya Sederhanailustrasi sekelompok orang melihat laptop (unsplash.com/clayton_cardinalli)

Jika kamu ingin dihargai orang lain, maka hargai dulu mereka. Kamu akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang kamu perbuat. Jika kamu menanam kebaikan, maka sudah tentu kebaikan pula yang akan datang.

Sebaliknya, kamu tak akan pernah mendapatkan kebaikan jika tidak pernah berlaku yang sama. Orang lain akan menghormati dan menghargaimu sesuai dengan perbuatanmu kepada mereka. Jadi, pastikan kamu selalu berlaku yang baik, ya!

5. Menolong orang lain ketika membutuhkan, dan minta pertolongan saat kamu butuh 

5 Cara agar Kamu Seketika Dihargai Orang Lain, Kiatnya Sederhanailustrasi menolong orang lain (unsplash.com/anniespratt)

Jangan ragu untuk berbuat kebaikan, terutama dalam hal menolong orang lain. Tak perlu mencari pencitraan dan menunggu banyak orang yang melihat baru kemudian membantu. Bergeraklah sesuai dengan kata hati dan kemampuanmu.

Di lain hari, ketika kamu yang sedang membutuhkan pertolongan, maka jangan ragu untuk memintanya dari orang lain. Ketulusanmu yang dulu akan berbuah manis dengan banyaknya orang yang akan datang untuk menolongmu pula. Membantu orang lain itu gak pernah ada ruginya, kok!

Kelima hal di atas memang terlihat sepele, namun, nyatanya mampu memberikan dampak nyata bagi interaksi sosial yang kamu jalin. Yuk, coba mulai terapkan sederet inspirasi di atas dalam keseharian kamu!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghargai Orang yang Sedang Berbicara, Perhatikan! 

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya