Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Hidupmu Tanpa Beban, Bebaskan Pikiran dari Tekanan!

Lepaskan hal yang berada di luar kendali 

Kehidupan memang akan selalu menghadirkan situasi naik dan turun bagi setiap orang. Tak selamanya keinginanmu bisa berjalan sesuai dengan kenyataan.

Ada kalanya kamu harus berdamai dan menerima semua hal yang tidak bisa kamu kontrol. Daripada membuatmu menjadi terbebani, lebih baik lepaskan dan biarkan mengalir sebagaimana mestinya.

Termasuk lima hal di bawah ini yang harus kamu yakini agar pikiranmu terbebas dari beban ataupun tekanan. Yuk, mulai kurangi pemikiran yang tak penting.

1. Setiap orang bisa berubah, seperti halnya dirimu 

5 Hal yang Bikin Hidupmu Tanpa Beban, Bebaskan Pikiran dari Tekanan!ilustrasi pasangan saling berpegangan (unsplash.com/pabloheimplatz)

Perubahan adalah sesuatu yang pasti dialami oleh setiap orang, baik itu dari perasaan, perilaku, hingga keadaan. Jangan terlalu percaya jika seseorang memberimu janji yang rasanya tak mungkin untuk diingkari.

Sama seperti halnya dirimu yang bisa berubah, maka orang lain pun bisa melakukan hal yang sama. Tak ada yang benar-benar bisa tetap, karena yang abadi adalah perubahan itu sendiri.

2. Tetap berkata jujur sekalipun itu sangat pahit 

5 Hal yang Bikin Hidupmu Tanpa Beban, Bebaskan Pikiran dari Tekanan!ilustrasi mendengarkan cerita pasangan (unsplash.com/christinhumephoto)

Kejujuran itu adalah sesuatu yang semakin langka karena nilainya yang sangat berharga. Berlaku jujur atau berkata jujur sangat sulit dilakukan terutama oleh orang yang memiliki motif tertentu. Tetapi akan sangat mudah jika kamu adalah pribadi yang tulus dan berbesar hati.

Akui kesalahan ketika kamu melakukan hal yang tak semestinya, belajar untuk bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Memang akan sangat sulit untuk bisa menjadi orang yang dipersalahkan. Namun akan lebih menjadi beban jika kamu menutupi kesalahan dan melimpahkannya pada orang lain.

Baca Juga: Tanamkan 5 Kunci Hidup Tenang Ini agar Bebas dari Gelisah

3. Memaafkan kesalahan orang lain tanpa menunggu permintaan maafnya 

5 Hal yang Bikin Hidupmu Tanpa Beban, Bebaskan Pikiran dari Tekanan!ilustrasi dua orang perempuan sedang merenung (unsplash.com/reskp)

Memiliki sifat dendam memang tidak pernah ada untungnya. Kamu hanya akan mengotori hati dan membuatmu menjadi orang yang memiliki sifat pendendam. Berbesar hatilah ketika orang lain berbuat salah kepadamu. Sekalipun dirinya belum meminta maaf padamu.

Jadilah hebat untuk dirimu sendiri. Orang yang memaafkan tanpa menunggu orang lain meminta maaf adalah sebaik-baiknya manusia. Jadi, jangan bebani pikiranmu dengan kesalahan orang lain padamu, ya!

4. Percaya pada dirimu sendiri melebihi orang percaya padamu 

5 Hal yang Bikin Hidupmu Tanpa Beban, Bebaskan Pikiran dari Tekanan!ilustrasi hidup bebas tanpa beban (unsplash.com/nathan_mcb)

Memiliki kepercayaan diri itu sangat penting terutama jika hal tersebut memang sedang sangat dibutuhkan. Ketika orang lain mempercayaimu dengan kemampuanmu, maka sudah seharusnya kamu lebih meyakini dirimu sendiri.

Kamu harus bisa memiliki rasa yakin dan rasa percaya diri melebihi yang orang lain harapkan darimu. Berusaha yang terbaik agar kamu bangga atas usahamu tersebut. Kekuatan yang kamu bangun dari dalam dirimu bisa sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan kamu dapatkan nantinya.

5. Lakukan semua nasihat yang kamu berikan kepada orang lain 

5 Hal yang Bikin Hidupmu Tanpa Beban, Bebaskan Pikiran dari Tekanan!ilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (unsplash.com/priscilladupreez)

Jangan hanya bisa menasihati tetapi enggan untuk menasihati diri sendiri. Mudah untuk mengucapkan tetapi akan sulit untuk dilakukan. Itulah yang kebanyakan orang lakukan. Bisa menasihati tetapi tak mau melakukan apa yang dia nasihati pada orang lain.

Jika kamu bisa melakukan apa yang kamu sarankan pada orang lain, maka itu akan menjadi nilai lebih bagi dirimu. Karena kamu harus pastikan bahwa nasihat tersebut benar-benar berguna. Artinya, nasihat tersebut bisa dilakukan tak hanya sebatas kata-kata saja.

Melakukan lima hal di atas tidaklah terlalu sulit, tapi kebanyakan orang enggan memulainya. Namun jika kamu bisa menerapkannya, hidupmu bisa lebih mindfulness dan tenang, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Miliki Personal Boundaries, Hidup Lebih Nyaman!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya