Comscore Tracker

5 Hal yang Seharusnya Kamu Lakukan Perlahan, Jangan Tergesa-gesa Ya!  

Nikmati prosesnya, pelan tapi pasti 

Beberapa hal dalam kehidupan tak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa. Terkadang kamu memerlukan waktu yang lebih lama untuk memahami dan menikmati prosesnya. Jika melakukannya dengan tergesa-gesa, kamu bisa saja kehilangan momentum dan mendatangkan hal yang tak diinginkan.

Oleh karenanya, pastikan kamu melakukan lima hal di bawah ini secara perlahan dan tak tergesa-gesa. Apa saja hal tersebut? Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut!

1. Memberikan kepercayaan pada seseorang 

5 Hal yang Seharusnya Kamu Lakukan Perlahan, Jangan Tergesa-gesa Ya!  ilustrasi pasangan berpegangan tangan (unsplash.com/priscilladupreez)

Kepercayaan merupakan hal penting dan berharga yang harus dijaga oleh seseorang. Ketika kamu memutuskan untuk mempercayai seseorang, maka jangan berikan sepenuhnya.

Sisakan ruang untuk berpikir secara rasional dan mempersiapkan skenario terburuk dari rasa percaya tersebut. Karena saat kamu memberikan kepercayaan yang penuh, maka kamu akan sangat terluka jika orang tersebut tidak sesuai dengan ekspektasimu.

2. Merasakan jatuh cinta 

5 Hal yang Seharusnya Kamu Lakukan Perlahan, Jangan Tergesa-gesa Ya!  ilustrasi hubungan bersama pasangan (pexels.com/olly)

Jatuh cinta memang berjuta indahnya, itu kalau kamu dan dia merasakan hal yang sama. Sebelum memutuskan untuk menganggap perasaanmu adalah cinta, lebih baik pastikan bahwa itu memang benar-benar cinta.

Karena cinta datangnya dari rasa kagum pada seseorang, bisa jadi yang kamu rasakan bukanlah cinta tetapi sebatas rasa kagum. Nikmati saja prosesnya, jika memang itu cinta perlahan kamu akan merasakan rasa yang lebih dalam dan si dia juga akan merasakan getaran yang sama.

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Masalah Hidup, Pasti Bisa!

3. Membuat keputusan besar 

5 Hal yang Seharusnya Kamu Lakukan Perlahan, Jangan Tergesa-gesa Ya!  ilustrasi ragu dalam melangkah (unsplash.com/jeshoots)

Dalam membuat keputusan, kamu juga tidak boleh tergesa-gesa. Jangan sampai keputusanmu memberikan dampak buruk yang bisa kamu sesali nanti. Pikirkan secara matang, batasi opsi yang baik dan buruk, pertimbangkan gut feeling, kemudian putuskan.

Terlebih yang kamu putuskan hal yang sangat besar, maka tidak boleh buru-buru. Dalam setiap keputusan pasti ada tanggung jawab dan risiko setelahnya. Jadi, pastikan kamu bisa menanganinya dengan baik, ya.

 4. Menghabiskan makanan di piringmu  

5 Hal yang Seharusnya Kamu Lakukan Perlahan, Jangan Tergesa-gesa Ya!  ilustrasi sedang makan (unsplash.com/pablomerchanm)

Memang terdengar sepele, tetapi menghabiskan makanan di piring juga tidak boleh dengan tergesa-gesa. Kamu harus mengunyah dengan perlahan dan menikmati makananmu.

Selain baik untuk proses pencernaan, menikmati makanan perlahan juga membantumu lebih mudah untuk kenyang. Sehingga kamu tidak akan makan secara berlebihan dan impulsif. Daripada terus lapar mata, lebih baik kamu kunyah makananmu dengan benar ya!

5. Menilai karakter seseorang 

5 Hal yang Seharusnya Kamu Lakukan Perlahan, Jangan Tergesa-gesa Ya!  ilustrasi berbincang bersama teman (unsplash.com/brookecagle)

Terakhir, kamu juga tidak boleh tergesa-gesa dalam menilai karakter seseorang. Sekalipun banyak orang membicarakan hal ini dan itu tentang dirinya, jangan mudah percaya.

Kamu tidak boleh menelan informasi sepenuhnya dari perkataan orang lain. Kamu harus membuktikannya sendiri dan menilai secara objektif. Jangan sampai penilaian orang lain memengaruhi penilaianmu terhadap orang tersebut.

 

Itulah lima hal yang harus kamu lakukan dengan menikmati prosesnya. Pastikan kamu melakukan kelima hal di atas dengan tidak terburu-buru, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Bisa Menikmati Proses Hidup

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya