Comscore Tracker

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Positif Ini Harus Dilakukan di Umur 20an 

Agar kamu terbiasa disiplin untuk raih kesuksesan

Menjadi tua adalah pasti, namun menjadi dewasa dan mempersiapkan masa depan dengan baik adalah pilihan pribadi masing-masing.

Dalam praktiknya, mempersiapkan masa depan harus dilakukan sedini mungkin agar kamu memiliki bekal dan persiapan yang cukup. Salah satunya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa mendorong kamu untuk mencapai kesuksesan.

Catat, lima kebiasaan berikut sebaiknya kamu lakukan di fase dewasa awal yakni pada usia 20an tahun. Yuk, mulai kebiasaan berikut agar kamu lebih siap menghadapi tantangan di masa depan!

1. Berhenti mencari motivasi untuk berubah 

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Positif Ini Harus Dilakukan di Umur 20an ilustrasi seseorang mencari motivasi (unsplash.com/tesecreates)

Seringkali seseorang mencari motivasi lewat sebuah video atau buku-buku pembangkit semangat. Namun, tak jarang semangat yang didapat hanya ketika kamu membaca buku tersebut. Setelahnya, kamu akan kehilangan motivasi dan kembali ke rutinitas normal harian.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya yang salah bukan pada motivasinya, tetapi kedisiplinanmu. Kamu hanya perlu tetap konsisten, tetap mematuhi deadline, dan fokus pada penyelesaian.

Disiplin jangka panjang akan lebih baik dibandingkan dengan semangat yang didapat sesaat.

2. Mengatur waktu dalam aktivitas sehari-hari 

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Positif Ini Harus Dilakukan di Umur 20an ilustrasi pria melihat jam tangan (unsplash.com/tylerjackharris)

Jangan mengira mengatur waktu untuk kegiatan sehari-hari itu mudah. Hal ini mungkin terdengar sepele dan tak penting. Tetapi faktanya tak banyak yang bisa mengatur waktu dengan baik. Banyak orang kerap memberikan toleransi terhadap keterlambatan yang bisa menjadi sebuah kebiasaan.

Itulah mengapa banyak orang cenderung lalai dalam bertindak. Kamu hanya perlu bersikap tegas untuk mematuhi jadwal rutin yang kamu buat. Mulai dari waktu bangun tidur, bekerja, bersantai, hingga beristirahat kembali di malam hari.

Baca Juga: 5 Hal yang Sebaiknya Dihindari jika Saat Ini Kamu Baru Masuk Usia 20an

3. Fokus terhadap satu hal, jangan selalu mencari yang baru 

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Positif Ini Harus Dilakukan di Umur 20an ilustrasi fokus pada satu hal (unsplash.com/chaseelliottclark)

Setiap orang kerap kali antusias terhadap sesuatu yang baru sehingga menyebabkan kurang fokusnya terhadap hal yang sedang dikerjakan saat ini. Sebaiknya kamu tidak terlalu banyak memberikan perhatian terhadap sesuatu yang baru tersebut.

Fokuslah 100 persen pada satu hal dan selesaikan hingga akhir. Itu akan lebih baik daripada mengerjakan dua hal sekaligus dan memberikan fokus 50 persen pada masing-masing kegiatan. Lihat hasil yang akan kamu dapatkan pada keduanya. Pasti akan terasa berbeda.

4. Buat kemajuan perlahan terhadap apa yang ingin kamu lakukan 

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Positif Ini Harus Dilakukan di Umur 20an ilustrasi mengerjakan sesuatu perlahan (unsplash.com/d_mccullough)

Kebiasaan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menyicil setiap pekerjaan yang kamu lakukan. Buat kemajuan perlahan secara konsisten dan terperinci. Pastikan kamu melakukan dengan baik sekalipun hanya sedikit kemajuan yang kamu lakukan.

Itu akan lebih baik ketimbang melakukan satu hal sekaligus namun mendapatkan hasil yang tidak sempurna. Kamu akan terburu-buru dan melewatkan banyak bagian penting. Jadi, mulailah dengan langkah kecil yang diikuti dengan langkah-langkah selanjutnya.

5. Temukan tujuan hidup dan berhenti suka menyalahkan orang lain 

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan Positif Ini Harus Dilakukan di Umur 20an ilustrasi menaiki anak tangga (unsplash.com/lindsayhenwood)

Jadilah bertanggung jawab terhadap apa pun yang kamu kerjakan. Berhenti mencari pembenaran dengan menyalahkan orang lain. Kamu yang menetapkan tujuan hidupmu, kamu yang melakukan dan kamu yang menanggung segala risikonya.

Jangan menjadi pengecut dan lari dari tanggung jawab ketika kamu melakukan kesalahan. Tanpa arah dan rencana yang jelas, kamu akan sulit untuk menggapai impian. Jadi, mulailah untuk tetap pada jalur yang kamu buat dan terima segala dampak yang mungkin akan terjadi kedepannya.

Kelima hal di atas bisa membantumu menjadi pribadi yang disiplin dan fokus pada tujuan. Kamu bisa mulai menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari dan rasakan perbedaannya dalam hidupmu kedepannya.

Baca Juga: Positif untuk Hidup, 5 Keseganan Ini Baiknya Kamu Jadikan Kebiasaan

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya