Comscore Tracker

Pahami 5 Hal Ini untuk Meminimalisir Kecewa Saat Orang Lain Berubah

Karena setiap orang pernah kecewa 

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya kecewa, terluka dan sakit hati. Rasanya tidak percaya saat seseorang dalam hidup kita berlaku di luar ekspektasi.

Hal tersebut wajar karena pada dasarnya seseorang akan bertindak sesuai dengan kepentingan pribadinya. Akan menjadi berbeda jika orang tersebut kita percaya tidak akan pernah mengecewakan karena tingginya ekspektasi terhadapnya.

Biar tidak selalu merasakan kecewa dan sakit hati, lebih baik pahami lima hal berikut supaya kamu tidak menggantungkan ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap orang lain.

1. Orang lain akan mengecewakanmu dengan kepentingan mereka, jadi jangan baperan!  

Pahami 5 Hal Ini untuk Meminimalisir Kecewa Saat Orang Lain Berubahunsplash.com/Ashkan F

Tujuan setiap orang berbeda satu sama lain, mungkin kamu akan bertemu di satu titik dengan seseorang yang bisa jadi sedang ada di fase yang sama denganmu. Tetapi itu tidak berarti bahwa hal tersebut akan berlaku permanen, karena mereka ada di dalam fase hidup mereka yang pastinya terus berjalan.

Jadi ketika di suatu masa kamu menemukan bahwasanya seseorang tersebut tidak lagi berada dalam ekspektasimu maka jangan kecewa. Kamu tidak boleh baperan dan sedih berkepanjangan. Berjalanlah pada tujuanmu dan tinggalkan segala hal yang memberatkanmu.

2. Selalu memberikan reaksi terhadap sesuatu hal hanya akan menunjukkan kelemahanmu 

Pahami 5 Hal Ini untuk Meminimalisir Kecewa Saat Orang Lain Berubahunsplash.com/Ben White

Terkadang memberikan reaksi berupa empati dan simpati dibutuhkan pada beberapa keadaan. Tetapi tak selamanya kamu harus selalu memberikan reaksi dalam setiap momen dan situasi tersebut.

Kamu harus memiliki kontrol diri, menahan dan memberi respon yang sewajarnya. Agar orang lain tidak memanfaatkanmu karena mengetahui kelemahanmu yang satu ini.

3. Setiap orang bisa berubah tergantung situasi  

Pahami 5 Hal Ini untuk Meminimalisir Kecewa Saat Orang Lain Berubahunsplash.com/Milan Popovic

Kita tidak mampu mengontrol keinginan kita untuk diwujudkan oleh orang lain dengan mudahnya. Setiap orang hanya mampu berharap agar semua berjalan sesuai keinginan. Faktanya, setiap orang dan situasi berubah dan tak semua perubahan bisa dimengerti dan diterima. Selalu bersyukur ketika segala sesuatunya berjalan sesuai dengan rencanamu, namun jika tidak, maka jangan pernah menyalahkan keadaan.

Baca Juga: Relawan Kecewa Masker untuk Rizieq, Wagub DKI: Harusnya Bekerja Ikhlas

4. Ekspektasi dan ego adalah alasan terbesar sakit hatimu 

Pahami 5 Hal Ini untuk Meminimalisir Kecewa Saat Orang Lain Berubahunsplash.com/Tiffany Nutt

Minimalisir atau bahkan sebisa mungkin hindari rasa sakit hati yang timbul akibat tingginya ekspektasi dan ego dalam diri. Pada kenyataannya ketika kita mulai menaruh harapan dan keinginan itu semua merupakan awal mula dari kekecewaan. Lakukan yang terbaik dan berharaplah hanya pada Tuhan, karena Dia tidak akan pernah mengecewakan.

5. Kamu akan selalu tidak bahagia dan tidak puas jika selalu dikontrol oleh emosimu  

Pahami 5 Hal Ini untuk Meminimalisir Kecewa Saat Orang Lain Berubahunsplash.com/Héctor Martínez

Manusia memiliki hasrat atau emosi yang tentunya ingin dipenuhi dan diwujudkan terlebih terhadap orang lain. Namun kebanyakan dari hal tersebut akan menguasaimu jika kamu tidak mampu mengontrolnya.

Kamu tidak akan pernah merasakan kebahagiaan atau kepuasan dalam hidup atas apa yang telah dimiliki. Oleh karena itu, jangan mudah dikontrol oleh emosi kalau kamu tidak ingin sering-sering kecewa dan sakit hati.

Terkadang manusia selalu ingin yang terbaik tetapi sering lupa menjadi baik. Maka dari itu mulailah dari dirimu sendiri untuk selalu menjadi versi terbaikmu dan jangan berharap banyak dari orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyikapi Rasa Kecewa pada Teman, Jangan Diambil Pusing

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya