Comscore Tracker

5 Petuah Bijak untuk Memperoleh Mental Peace, Coba Selalu Diingat Ya!

Ampuh bikin kamu jadi suffer less! 

Banyak masalah yang datang silih berganti ke dalam hidup setiap orang. Dan setiap orang pasti memiliki keunikan tersendiri dalam mengatasi masalah tersebut. Banyak yang merasa gagal mengatasi masalah, namun tak sedikit pula orang yang mampu untuk melaluinya dengan baik.

Sejatinya jangan jadikan masalah menjadi hal yang mengganggu ketenangan jiwa dan kedamaian dalam hidup. Untuk itu coba kamu ingat lima petuah bijak di bawah ini agar kamu tetap bisa mendapatkan mental peace!

1. Memilih untuk percaya bahwa semua akan baik-baik saja, maka kamu akan baik-baik saja 

5 Petuah Bijak untuk Memperoleh Mental Peace, Coba Selalu Diingat Ya!pexels.com/Bruce Mars

Kekuatan terbesar itu datangnya dari pikiran dan keyakinan. Ketika kamu sugesti dirimu bahwa semua hal akan baik-baik saja, maka itulah yang akan terjadi. Jangan buat dirimu menjadi khawatir berlebihan.

Permasalahan hidup memang akan terus ada selama kamu bernapas, tetapi pastikan kamu tidak terlena dalam masalah tersebut. Bangun keyakinan dalam pikiranmu bahwa semua akan ada jalan keluarnya, maka itu yang akan terjadi.

2. Berhenti mencegah orang lain pergi dari hidupmu jika mereka tidak tahu cara mencintaimu 

5 Petuah Bijak untuk Memperoleh Mental Peace, Coba Selalu Diingat Ya!unsplash.com/Nadine Shaabana

Jangan menghabiskan waktumu untuk memedulikan hal yang tidak memberikan efek positif dalam hidup. Jika orang yang pernah hadir di dalam hidupmu memutuskan untuk pergi darimu, maka jangan pernah menahannya.

Jika dia benar-benar mencintaimu maka dia tidak akan pernah pergi meninggalkanmu. Sayangi dirimu dan jangan membuang energi meyakinkan orang tersebut untuk tetap tinggal. Hal tersebut hanya akan menyakiti dirimu lebih lagi dan membuatmu lupa bagaimana mencintai dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Kedamaian Batinmu Meningkat

3. Berikan dirimu kesempatan untuk bersedih dan bangkit, kamu lebih kuat dari yang kamu kira 

5 Petuah Bijak untuk Memperoleh Mental Peace, Coba Selalu Diingat Ya!unsplash.com/Anthony Tran

Setiap orang berhak untuk bersedih, dan tak ada salahnya untuk itu. Seperti halnya dengan bahagia, setiap emosi dan perasaan itu punya masanya masing-masing. Ketika kamu sedang berada pada masa bersedih, maka tak mengapa menangislah hingga puas. Dan bangkit ketika kamu sudah bisa berdamai dengan rasa sedihmu. Memang hal tersebut berat untukmu, tetapi percayalah kamu lebih kuat dari yang kamu kira.

4. Jangan terlalu keras pada dirimu, perlakukan diri seperti kamu adalah orang yang kamu cintai 

5 Petuah Bijak untuk Memperoleh Mental Peace, Coba Selalu Diingat Ya!pixabay.com/Split Shire

Hal yang harus kamu pahami adalah kamu harus mencintai dirimu terlebih dahulu, baru kamu boleh mencintai orang lain. Jika kamu tidak tahu cara mencintai dirimu bagaimana kamu bisa mencintai orang lain. Dengan begitu kamu akan mampu melindungi diri dari rasa rapuh saat kehilangan cinta dari orang lain. Anggaplah kamu sedang latihan mencintai orang lain dengan mencintai dirimu sendiri.

5. Berhenti kembali menjadi dirimu yang dulu, biarkan dirimu sembuh dan menjadi lebih baik

5 Petuah Bijak untuk Memperoleh Mental Peace, Coba Selalu Diingat Ya!pixabay.com/Dana Tentis

Jangan berandai-andai bagaimana jika kamu kembali menjadi pribadi yang dulu, menjadi kamu yang dikenal orang di masa lalu. Jadilah kuat dan biarkan dirimu sembuh dari luka di masa lalu. Kamu mungkin pernah jatuh berulang kali, tapi pastikan untuk bangkit seribu kali. Jangan pernah melihat ke belakang, karena hanya akan ada penyesalan dan kenangan yang tersisa. Kamu berhak untuk semua kebahagiaan yang ada, jadi jangan sia-siakan waktumu.

Meskipun gak mudah, untuk mencapai ketenangan batin bukan mustahil untuk dilakukan. Cobalah untuk selalu mengingatnya ya!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Meraih Ketenangan Jiwa, agar Hidup Lebih Bahagia!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya