Comscore Tracker

7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinking

Agar hidupmu pun terasa lebih bahagia

Dalam hidup seseorang tak lepas dari keadaan di atas dan di bawah, terkadang penuh dengan rintangan dan kesulitan. Tak dapat dipungkiri bahwa gak semua orang mampu melalui semua kesulitan dengan baik.

Ada hal-hal yang semestinya patut dipelajari agar setiap orang mampu menjalani kehidupan dengan lebih mudah. Apa saja hal tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

1. Mencintai diri sendiri harus lebih besar dibanding hasrat ingin dicintai

7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinkingpexels.com/Garon Piceli

Seseorang yang bahagia gak akan pernah memerlukan validasi apa pun dari orang lain. Memiliki self love yang besar akan melahirkan rasa bahagia dalam setiap fase kehidupan yang sedang dilalui. Jika diri merasa sedang gak bahagia, maka gak ada yang bisa mengubahnya selain diri sendiri.

Kebahagiaan bukan hanya didapatkan dengan banyaknya komentar positif di sosial media atau disukai banyak orang. Karena orang yang sedang menjalani kehidupan terbaiknya, gak akan memiliki hasrat untuk menunjukkan pada dunia bahwa dirinya sedang bahagia.

2. Kamu bertanggung jawab atas semua reaksi emosional dalam dirimu 

7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinkingpixabay.com/Dana Tentis

Semua respon emosional yang timbul dalam dirimu adalah tanggung jawab dari sikapmu sendiri. Kamu adalah apa yang kamu pikirkan, jadi cobalah untuk selalu berpikir positif. Jika kamu sedang merasa kesal akan sesuatu, maka jangan berpikir bahwa sesuatu tersebut yang membuatmu kesal.

Berpikirlah bahwa kamu sendiri yang menciptakan kekesalan akan hal tersebut. Jadi, cobalah untuk mengubah pola pikir seperti itu. Sehingga, amarah yang ada pada dirimu gak akan menghampirimu.

3. Jangan memperkeruh masalah dengan pikiran buruk, selesaikan dengan aksi!

7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinkingpexels.com/Energepic

Memikirkan masalah yang sedang kamu hadapi akan semakin memperkeruh keadaan. Ditambah lagi dengan pikiran-pikiran buruk terhadap apa yang akan terjadi dengan masalah tersebut.

Jika kamu ingin masalahmu cepat selesai, caranya tentu dengan mengambil aksi nyata. Kebanyakan semakin sulitnya masalah berasal dari dirimu dan pikiranmu sendiri. Sedangkan solusi, berasal dari keputusan, keberanian dan juga aksi yang dilakukan. Jadi, lakukanlah aksi nyata, sekalipun dimulai dari hal kecil.

4. Kehidupan juga memiliki algoritmanya sendiri

7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinkingunsplash.com/Igor Miske

Percaya atau gak, kehidupan itu layaknya dunia maya yang memiliki algoritmanya sendiri. Mirip seperti algoritma sosial media yang akan terus menyarankanmu atas hal-hal yang mungkin kamu sukai. Hidup juga tak jauh berbeda, ada algoritma yang terus mengikuti tergantung bagaimana kamu memprosesnya.

Ketika kamu terus melatih algoritmamu untuk berpikiran negatif, khawatir, gelisah dan tak nyaman dengan hidupmu, maka kehidupan akan terus berfokus pada hal tersebut. Sebaliknya, jika hidup diisi dengan kebahagiaan, kesuksesan dan hal baik lainnya, maka hidupmu akan terus berfokus pada hal-hal positif.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini agar Gak Mudah Tersinggung dalam Menjalani Hidup

5. Kehidupan ditentukan oleh kemampuan diri dalam mengatasi ketidakpastian

7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinkingunsplash.com/Fabrizio Verrecchia

Memang kehidupan akan sulit diprediksi dan masa depan setiap orang gak pernah ada yang tahu. Untuk dapat keluar dari hal-hal negatif dan menciptakan kebahagiaan, kamu harus bisa keluar dari segala hal seperti ketakutan, kesepian dan hal lain yang disebut pula dengan ketidakpastian.

Kamu harus yakin dan mampu untuk bisa keluar dari segala risiko yang ada. Karena ketika kamu menjauhi semua risiko tersebut, maka sama artinya kamu sedang mengambil risiko terbesar dalam hidup.

6. Bukan dicari, tetapi semua ada yang ada dalam hidupmu harus diciptakan

7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinkingunsplash.com/Priscilla Du Preez

Pasti setiap orang pernah mendengar tentang ‘carilah kebahagiaanmu’, ‘carilah passion-mu’ dan sebagainya. Itulah beberapa ungkapan yang sering dipercaya dalam kehidupan modern ini. Padahal sejatinya semua hal tersebut harusnya diciptakan bukan malah dicari. Ketika kita terus mencari, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk menciptakan segala hal baik tersebut.

7. Asupan 'makanan' mental akan memengaruhi kesehatan mentalmu 

7 Hal yang Harus Dipegang dalam Hidup Biar Gak Lagi Overthinkingunsplash.com/Form

Ternyata bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan makanan agar tetap bisa fit. Mental kita juga memerlukan asupan makanan agar tetap fokus pada hal-hal baik. Sama halnya seperti makanan cepat saji, rasanya memang enak tetapi gak sehat bagi tubuh jika terus dikonsumsi.

Seperti itulah perumpamaan ketika kita memasukkan hal-hal negatif ke dalam pikiran. Jiwa akan meresponnya dengan kondisi kesehatan mental yang gak baik dalam jangka panjang. Jadi, teruslah memasukkan hal-hal positif dalam pikiran agar mentalmu sehat dan tetap fokus pada hal baik. 

Terkadang karena merasa tak nyaman dan hal-hal di atas cenderung ditinggalkan. Padahal 7 hal tersebut layak menjadi pegangan hidupmu. Yuk, mulai tanamkan dalam diri agar hidup lebih bahagia!

Baca Juga: Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigai

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya