Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Pikiran untuk Mengatasi Overthinking

Jangan sampai kamu terlambat menyadari

Overthinking kerap menjadi masalah tersendiri dalam kehidupan seseorang. Ketidakmampuan mengendalikan pikiran bisa memperparah situasi yang sedang dihadapi. Sementara pikiran adalah sumber utama dalam membangun persepsi terhadap banyak hal. Sehingga baiknya overthinking harus dikendalikan atau bahkan dihindari. 

Berikut ini adalah lima hal yang harus disadari segera dan ditanamkan dalam pikiran jika kamu mulai merasakan gejala overthinking

1. Faktanya, masalah sebenarnya sangat jarang terjadi

5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Pikiran untuk Mengatasi Overthinkingpixabay.com/RyanMcGuire

Pada dasarnya masalah tidak akan jadi sebuah masalah jika persepsinya diubah. Mayoritas masalah datang dari pikiran dan dirimu sendiri. Hanya sebagian kecil sesuatu yang pada realitanya menjadi sebuah masalah.

Terlalu memikirkan sesuatu hanya akan menambah beban pikiran dan tidak menyelesaikan apa pun. Seringnya hal yang dipikirkan tidak seburuk kenyataan dan realita yang ada. Jadi kendalikan pikiranmu!

2. Hindari perasaan penolakan diri

5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Pikiran untuk Mengatasi Overthinkingunsplash.com/Noah Silliman

Penolakan diri atau yang juga dikenal dengan self-rejection ini kerap dirasakan oleh orang yang selalu over thinking. Penolakan diri adalah rasa minder berlebihan dan merasa tidak pantas atau layak terhadap sesuatu.

Daripada terus berpikir 'Apakah aku pantas mendapatkan kesempatan itu?', langsung ajukan saja. 'Apakah mereka akan membalas pesanku?', langsung kirim saja. 'Apakah karyaku akan bisa diterima orang?', buat dan publikasikan saja. Jangan terlalu banyak berpikir hal-hal yang tidak nyata.

Baca Juga: 5 Pemikiran Salah yang Bisa Merusak Hubungan, Termasuk Overthinking

3. Bangunlah kekuatan dari 'saat ini'

5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Pikiran untuk Mengatasi Overthinkingpixabay.com/Dana Tentis

Kamu adalah dirimu yang ada 'saat ini'. Jangan berpikir bagaimana dirimu besok, lusa, minggu depan, bulan dan tahun depan. Kamu tidak akan mendapatkan apa-apa terhadap pikiran tersebut. Satu-satunya yang kamu miliki adalah 'saat ini'. 

Apapun yang kamu buat dan hasilkan saat inilah yang mampu menentukan kehidupanmu yang akan datang. Berdamailah dengan masa lalu, biarkan berlalu, kejar hari esok dengan kekuatan yang kamu punya 'saat ini'.

4. Selalu cek fakta dan kebenaran dari pikiranmu sendiri

5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Pikiran untuk Mengatasi Overthinkingunsplash.com/Jason Strull

Pikiran pada dasarnya mampu memanipulasi, tak hanya orang lain tetapi juga diri sendiri. Jangan sampai kamu kelewat overthinking karena dimanipulasi oleh pikiranmu sendiri. Pikiranmu akan mudah membangun skenario untuk membuatmu merasa tak nyaman, takut, khawatir dan gelisah.

Oleh karenanya, pastikan bahwa apa yang kamu pikirkan benar-benar nyata dan faktual sebelum kamu terus memikirkannya. Karena pikiranmu akan memberitahumu banyak hal tak benar terutama saat kamu terlibat dalam banyak perasaan.

5. Penerimaan adalah sebuah kedamaian

5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Pikiran untuk Mengatasi Overthinkingpexels.com/Bruce Mars

Tidak akan ada sebuah kekhawatiran yang akan merubah masa depanmu. Begitupun tidak akan ada penyesalan yang akan merubah masa lalumu. Jadi jangan terlalu bersahabat dengan overthinking. Kedamaian akan kamu temukan ketika kamu mampu menerima. Menerima ketidaksempurnaan, ketidakpastian dan segala hal yang tidak dapat kamu kontrol.

Jadi, itulah lima hal yang harus segera kamu sadari ketika kamu mulai merasa overthinking. Bangun pola pikir positif dan hindari terlalu banyak berpikir.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Overthinking yang Menghantui Sebelum Tidur

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya