Comscore Tracker

5 Tanda Saatnya Kamu Mengubah Pertemanan, Jauhi Toxic Friendship!

Hindari sebelum terlambat ya! 

Memiliki banyak teman memang sangat menyenangkan, terlebih yang bisa satu frekuensi dengan kita. Teman juga bisa meningkatkan imunitas tubuh karena bisa membuat senang terus.

Tetapi bagaimana jika teman tersebut malah membawa ketidaknyamanan dan menjauhkan kita dari banyak hal-hal baik? Ini adalah satu tanda bahwa sudah saatnya kamu mengubah lingkungan pertemananmu.

Jangan sampai terlambat hingga kamu baru menyadarinya di akhir. Apa saja tanda-tanda tersebut? Simak sebagai berikut!

1. Membuatmu jauh dari Tuhan 

5 Tanda Saatnya Kamu Mengubah Pertemanan, Jauhi Toxic Friendship!unsplash.com/Artur Aldyrkhanov

Ini ada poin terpenting dan tidak bisa diberi toleransi sedikit pun. Perkara ketuhanan adalah hal esensial bagi setiap individu. Ketika kamu menyadari bahwa pergaulanmu kian membuatmu jauh dari Tuhan, maka sudah saatnya kamu kembali ke jalan yang benar.

Ketika temanmu saja mampu membuatmu menjauh dari Tuhan, maka mereka akan dengan mudah dapat meninggalkanmu di kemudian hari pula. Selagi belum terlambat, segeralah cari lingkungan baru yang membawamu ke arah yang lebih baik.

2. Mereka membuat lelucon tentangmu di hadapan orang lain 

5 Tanda Saatnya Kamu Mengubah Pertemanan, Jauhi Toxic Friendship!unsplash.com/Kelsey Chance

Seringnya mereka akan menjadikanmu sebagai bahan lelucon. Satu atau dua kali mungkin masih terbilang wajar, tetapi seringnya mereka membuatmu sebagai bahan olok-olokan yang sangat menyebalkan.

Awalnya sih kita bisa tertawa, tetapi lama-kelamaan pasti sakit hati juga. Terlebih lagi kalau mereka sudah menggunakan kekurangan fisik, atau kelemahan kita yang lain. Lebih baik tinggalkan deh!

3. Suka bergunjing tentang orang lain kepadamu 

5 Tanda Saatnya Kamu Mengubah Pertemanan, Jauhi Toxic Friendship!unsplash.com/Ben White

Pasti sering dong bergosip atau membicarakan tentang orang lain ketika lagi kumpul bareng teman. Kalau sekadar mengagumi atau bertanya tentang suatu hal ya masih tidak mengapa. Tetapi kalau ada temanmu yang sering banget ngomongin orang lain saat sedang kumpul, biasanya dia adalah informan gosip.

Jeleknya adalah ketika dia bisa menceritakan keburukan orang lain di hadapanmu, maka tentu dia bisa dengan mudah menceritakanmu kepada orang lain pula. Jadi, berhati-hatilah!

Baca Juga: 5 Perubahan Ini Akan Kamu Alami Setelah Keluar dari Toxic Relationship

4. Tanpa sadar sering mengajakmu berbuat hal yang tidak baik 

5 Tanda Saatnya Kamu Mengubah Pertemanan, Jauhi Toxic Friendship!Unsplash/Blake Wisz

Semakin tinggi intensitas pertemananmu dengan mereka yang tidak baik, maka akan semakin tinggi pula toleransimu dalam melakukan hal-hal yang tidak baik. Dan tentunya ini akan kamu lakukan tanpa kamu sadari. Akan ada momen saat kamu berpikir hal tersebut ‘biasa saja’.

Misalkan saat kamu diajak mabuk-mabukan, menggunakan obat terlarang dan pergaulan bebas. Jika kamu tidak kuat pendirian, maka kamu akan mulai ‘melonggarkan aturan’ dengan sedikit mencobanya dan lama-lama akan ketagihan.

5. Kamu menjadi pribadi yang tidak berkembang 

5 Tanda Saatnya Kamu Mengubah Pertemanan, Jauhi Toxic Friendship!unsplash.com/Revolt

Bagaimana kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik, maju dan berkembang jika lingkunganmu tidak mendukung itu semua. Kamu harus bisa mengambil sikap, memulai langkah baru dan membuat rencana yang baik demi masa depanmu.

Kamu tidak bisa terus bersama dengan temanmu seumur hidup, karena satu hal yang pasti adalah setiap orang pasti berubah. Cepat atau lambat lingkunganmu pun akan berubah, jika kamu tidak bergegas maka sudah pasti kamu akan ketinggalan.

Itulah lima tanda bahwa sebaiknya kamu meninggalkan lingkungan pertemanan yang tidak baik. Mulailah berubah menjadi lebih baik untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Perubahan Ini Akan Kamu Alami Setelah Keluar dari Toxic Relationship

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya