Comscore Tracker

5 Tanda Gaslighting pada Diri Sendiri, Sering Merasa Bersalah

Selalu memanipulasi pikiran sendiri

Jika selama ini kamu hanya mengenal gaslighting dalam hubungan asmara, ternyata tak selamanya benar. Gaslighting juga bisa kamu lakukan pada diri sendiri. Tentu dampaknya tidak baik, karena kamu akan sering memanipulasi pikiranmu.

Gaslighting akan membuat seseorang sering meragukan diri sendiri hingga terus merasa bersalah. Ada lima tanda gaslighting pada diri sendiri yang patut kamu waspadai, cari tahu dan mulai kurangi agar kamu lebih bahagia, ya.

1. Kamu sering memaklumi orang yang berbuat salah padamu 

5 Tanda Gaslighting pada Diri Sendiri, Sering Merasa Bersalahilustrasi pasangan cemburu (pexels.com/budgeron-bach)

Tanpa sadar kamu bisa bersikap toksik terhadap dirimu sendiri. Terutama ketika ada orang yang berbuat salah padamu, kamu kerap menyalahkan diri sendiri. Bukannya mengenali perilaku toksik dari mereka, kamu malah memakluminya.

Merasa bahwa semua sikap orang lain terhadapmu masih bisa ditoleransi dan berpikir bahwa mungkin mereka tidak sengaja. Atau malah berharap mereka bisa berubah di suatu hari nanti. Jika kerap seperti ini kamu akan terus menyalahkan diri sendiri.

2. Kamu selalu menyangkal perasaanmu sendiri 

5 Tanda Gaslighting pada Diri Sendiri, Sering Merasa Bersalahilustrasi pasangan (unsplash.com/maksym_tymchyk)

Pada dasarnya setiap perasaan yang kamu rasakan itu adalah valid. Artinya, memang itu yang terjadi pada dirimu, bukannya mengada-ada. Tapi sayangnya kamu merasa terkadang mungkin perasaanmu salah.

Berpikir bahwa kamu terlalu bereaksi berlebihan terhadap sesuatu hal atau kejadian. Seringkali merasa tidak pantas berperasaan seperti itu, atau merasa bahwa orang lain ada yang lebih sulit darimu. Padahal setiap perasaanmu adalah apa yang memang kamu rasakan secara nyata.

3. Secara konstan menambah beban pikiran sendiri 

5 Tanda Gaslighting pada Diri Sendiri, Sering Merasa Bersalahilustrasi tidak berselera makan (pexels.com/a-darmel)

Memaksa dirimu untuk bereaksi kebalikan dari apa yang kamu rasakan adalah salah. Misalnya, kamu merasa sedang down dan sedih, kemudian berpikir bahwa itu tak pantas. Kamu berpikir seharusnya tak boleh sedih sedikitpun, dan harus berpikir positif.

Sebenarnya itu baik jika kamu bisa bangkit dari keterpurukan. Tetapi bukan dengan menyalahkan perasaanmu sendiri. Kamu tetap harus bisa terima ketika hati sedang merasa sedih dan kecewa. Itu normal dialami oleh siapa saja, bukannya satu hal yang buruk kok.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Kena Gaslighting, Dibuat Merasa Bersalah

4. Kamu merasa bahwa dirimu terlalu sensitif 

5 Tanda Gaslighting pada Diri Sendiri, Sering Merasa Bersalahilustrasi wanita duduk di lantai (unsplash.com/anthonytran)

Sebagai dampak dari semua perasaan yang kamu rasakan adalah kamu merasa malu terhadap diri sendiri. Malu terhadap emosi dari dalam dirimu dan berusaha untuk menekannya. Mungkin kamu berpikir bahwa kamu terlalu sensitif.

Padahal tak ada yang salah dengan hal tersebut. Jangan melakukan gaslighting dengan merasa bahwa kamu tak pantas bersedih atau kecewa dan sebagainya. Nikmati semua perasaan yang ada dalam dirimu dan kenali batasannya.

5. Dirimu tidak mempercayai penilaianmu sendiri 

5 Tanda Gaslighting pada Diri Sendiri, Sering Merasa Bersalahilustrasi pasangan (pexels.com/rodnae-prod)

Salah satu yang juga memicu gaslighting adalah merasa ragu terhadap diri sendiri. Terus bimbang dan tak pernah yakin terhadap apa yang pertama kali kamu pikirkan dan rasakan. Misalnya, pada penilaian dan intuisimu.

Kamu meragukan tanda yang dari awal sudah hadir dari dalam hati. Merasa bahwa itu semua tidak valid dan tak bisa dipercaya. Dan ini akan berakhir pada ketidakyakinan dirimu pada penilaianmu sendiri.

Kelima tanda gaslighting pada diri sendiri tadi jangan dianggap sepele, ya. Kalau bisa, kurangi dari sekarang agar gak berdampak serius bagi dirimu. Jangan sampai kebiasaan!

Baca Juga: 5 Tips Menyikapi Keluarga yang Melakukan Gaslighting, Sering Ditemui!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya