Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Tidak Bisa Hanya Berteman dengan Orang yang Kamu Sukai

Kenapa sih emangnya?

Jika kamu menyukai seseorang, pasti kamu akan berharap ia memiliki perasaan yang sama kepadamu. Hal ini memang wajar karena kamu ingin juga merasakan ditaksir dan dicintainya kembali. Sebaliknya, kamu akan merasa sedih ketika ia tidak memiliki perasaan yang sama terhadapmu. Kamu pun berusaha berteman, bahkan bersahabat, supaya bisa dekat dengan dia. Namun, cara ini membuat kamu membohongi perasaanmu yang sesungguhnya. Mengapa begitu? Yuk simak mengapa kamu tidak bisa hanya berteman dengan orang yang kamu sukai pada list berikut!

1. Kamu akan mengharapkan perasaan yang lebih dari dia

5 Alasan Kamu Tidak Bisa Hanya Berteman dengan Orang yang Kamu SukaiPexels/Andrea Piacquadio

Semakin kamu berniat hanya berteman dengannya, kamu pun semakin melukai perasaanmu. Padahal, kamu masih menaruh perasaan lebih terhadapnya. Perasaanmu selalu memacumu agar memperjuangkan harapan agar dia memiliki perasaan yang sama denganmu. Bahkan, kamu mau menunggu dengan waktu yang lama agar dia tertarik padamu.

2. Kamu akan memperlakukan dia seperti orang berpacaran

5 Alasan Kamu Tidak Bisa Hanya Berteman dengan Orang yang Kamu SukaiPexels/Andrea Piacquadio

Jika kamu bertemu dengannya, hatimu akan menjadi berbunga-bunga. Kamu pun selalu ingin dekat dengannya daripada teman laki-lakimu yang lain. Ketika kamu berjanji ingin bertemu dengannya, kamu akan lebih memprioritaskan bertemu dengannya daripada teman-temanmu yang ingin bertemu denganmu. Hal ini berimbas bahwa kamu lebih ingin berdua saja dengannya, selayaknya orang berpacaran, daripada bertemu dia saat bersama beberapa orang.

3. Kamu akan merasa terancam jika dia menjalin kasih dengan orang selain kamu

5 Alasan Kamu Tidak Bisa Hanya Berteman dengan Orang yang Kamu SukaiPexels/Elle Hughes

Ketika dia sering menjalin kasih dengan seorang teman lawan jenisnya daripada denganmu, maka mulai timbul benih-benih kecemburuan dalam dirimu. Kamu pun bersikap agresif kepadanya dengan mengatakan bahwa kamu seharusnya yang menghabiskan waktu lebih banyak dengannya. Ketika kegusaranmu memuncak, kamu pun dapat mengatakan bahwa kamu memiliki perasaan lebih dengannya dan menyuruhnya menjauhi kekasihnya tersebut. Hal ini dapat menjadi ancaman baginya dan kekasihnya karena mereka bisa saja mengakhiri hubungan mereka. Lebih parah lagi, kamu akan dicap sebagai teman yang tidak baik.

Baca Juga: 5 Alasan Masuk Akal Gak Perlu Sedih Jika Lingkaran Pertemanan Mengecil

4. Kamu akan selalu overthinking

5 Alasan Kamu Tidak Bisa Hanya Berteman dengan Orang yang Kamu SukaiPexels/Ekaterina Bolovtsova

Ketika kamu terus berteman dengan orang yang kamu sukai, kamu tidak bisa menghindar untuk berpikir tentang sikap dan perasaannya kepadamu. Kamu pun akan terus memperhatikan tindakanmu terhadap dirinya dan tindakan dirinya terhadapmu. Tindakan tersebut bisa seperti dia berkata lembut kepadamu.

Selanjutnya, kamu akan berpikir bahwa tindakan tersebut pertanda bahwa ia mempunyai perasaan yang sama denganmu, tetapi kenyataannya dia hanya bersikap ramah kepadamu. Akibatnya, kamu pun membuang segala kenyataan yang menjauhkanmu dari fokusmu menyamakan perasaan dia denganmu. Lebih buruk lagi,  kamu akan overthinking yang berakibat kamu merasa kecewa dengan dirimu sendiri, stress, dan depresi.

5. Kamu akan terus menutup hatimu jika ada orang yang menyukaimu

5 Alasan Kamu Tidak Bisa Hanya Berteman dengan Orang yang Kamu SukaiPexels/Trinity Kubassek

Jika kamu terus fokus untuk menyamakan perasaannya denganmu, kecil kemungkinannya kamu memperhatikan seseorang yang memiliki rasa denganmu. Selanjutnya, kamu pun akan menutup hatimu karena kamu sangat yakin bahwa kamu berteman untuk memilikinya. Hal ini sangat disayangkan bahwa kamu menolak orang yang perhatian denganmu, tetapi menerima seorang teman yang tidak perhatian dengan perasaanmu. Ingat, perasaanmu butuh dihargai juga loh supaya dirimu tentram dan damai!

Nah, lima alasan pada list di atas patut untuk kamu pertimbangkan. Namun, keputusanmu untuk tetap berteman dengannya berada di tanganmu. Jika kamu merasa masih ada harapan untuk menyamakan hatinya denganmu, maka pertahankan. Jika tidak, kamu sebaiknya move on dan cari tambatan hatimu yang lain. Ingat, jangan sampai mengorbankan fisik dan perasaanmu ya!

Baca Juga: 7 Aturan Penting Menjalin Pertemanan dengan Introver, Biar Akrab!

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya