Comscore Tracker

Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini ketika Kamu Salat Tarawih di Masjid

Di antaranya benda untuk mematuhi protokol kesehatan

Melaksanakan salat tarawih merupakan ibadah yang ditunggu-tunggu di bulan Ramadhan. Kamu bisa melaksanakannya di rumah atau berjamaah di masjid. Beruntungnya, pemerintah Indonesia memperbolehkan kembali salat berjamaah di masjid tahun 2022 ini secara normal.

Salat tarawih berjamaah di masjid tentu lebih besar pahalanya daripada salat di rumah. Namun, kamu perlu memperhatikan benda-benda yang harus kamu bawa ke masjid. Ditambah lagi, jamaah salat tarawih di masjid diwajibkan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Nah, apa saja benda-benda yang harus kamu bawa ketika akan salat tarawih di masjid? Yuk, simak list berikut!

1. Masker

Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini ketika Kamu Salat Tarawih di Masjidmasker (unsplash.com/mbaumi)

Dilansir IDN Times, memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan dari pemerintah saat salat tarawih. Selalu pakai masker ketika berada di dalam masjid, baik sedang salat maupun tidak.

Dengan memakai masker, saluran pernapasan akan lebih terlindungi dari bakteri dan virus. Apalagi dengan saf salat yang rapat, tentu saja bakteri dan virus dari orang lain akan lebih rentan tersebar. Sebaiknya, pakai masker medis yang memberikan perlindungan lebih baik daripada masker kain.

2. Peralatan salat, termasuk sajadah

Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini ketika Kamu Salat Tarawih di Masjidilustrasi sajadah (pexels.com/thirdman)

Membawa peralatan salat sendiri, termasuk sajadah, merupakan salah satu cara meminimalkan penyebaran virus COVID-19. Dengan tidak berbagi peralatan salat dengan orang lain, kamu pun turut mengefektifkan protokol kesehatan saat salat tarawih di masjid.

Membawa sajadah sendiri juga mengantisipasi jika masjid yang kamu datangi tidak menggelar karpet untuk salat. Selain itu, kamu akan lebih nyaman jika salat di atas sajadahmu sendiri.

3. Al-Qur'an

Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini ketika Kamu Salat Tarawih di MasjidAl-Qur'an (unsplash.com/masjidmpd)

Ketika ada jeda sebelum mulai salat isya, setelah salat isya, dan di antara salat tarawih, kamu bisa mengisi waktu dengan membaca Al-Qur'an. Supaya kamu tahu sampai mana bacaan Al-Qur'an-mu, lebih baik kamu membawa Al-Qur'an yang biasa kamu baca di rumahmu.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang identik dengan membaca ayat Al-Qur'an sesering mungkin. Jika kamu merasa berat membawa mushaf Al-Qur'an, kamu bisa membawa HP-mu yang terdapat aplikasi Al-Qur'an. Tentunya, kamu harus menandai sampai mana bacaan Al-Qur'anmu di aplikasi tersebut.

Baca Juga: 6 Manfaat Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Dilewatkan!

4. Air minum

Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini ketika Kamu Salat Tarawih di Masjidilustrasi air minum (unsplash.com/cosmonaut647)

Setelah salat fardu, sunah, atau tarawih di masjid, terkadang kamu merasa haus. Oleh karena itu, sebaiknya kamu minum saat jeda di antara salat tersebut.

Beruntung jika kamu salat di masjid yang menyediakan air minum kemasan gratis. Jika tidak, kamu harus membawa air minum dari rumah.

5. Uang infak

Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini ketika Kamu Salat Tarawih di Masjidilustrasi uang kecil untuk infak (pexels.com/ahsanjaya)

Jangan lupa berinfak di bulan Ramadhan. Kamu cukup berinfak semampumu dan dengan ikhlas. Bersedekah di bulan Ramadhan sangat banyak pahalanya, sebagaimana hadist dari laman Rumaysho berikut:

كل عمل ابن آدم له الحسنة بعشر أمثالها إلى سبعمائة ضعف قال عز و جل : إلا الصيام فإنه لي و أنا الذي أجزي به

Artinya:

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.'” (HR. Muslim no.1151).

6. Hand sanitizer

Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini ketika Kamu Salat Tarawih di Masjidilustrasi hand sanitizer (unsplash.com/martinsanchez)

Mencuci tangan juga merupakan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi ketika salat tarawih di masjid, sebagaimana dilansir IDN Times. Cucilah tanganmu saat sebelum memasuki dan sesudah keluar dari masjid.

Ketika masjid tempatmu salat tarawih tidak menyediakan sabun cuci tangan, kamu bisa membawa hand sanitizerHand sanitizer berguna untuk melenyapkan bakteri dan virus dari tanganmu sementara.

7. Buku catatan dan pena

Jangan Lupa Bawa 7 Benda Ini ketika Kamu Salat Tarawih di Masjidilustrasi buku catatan dan pena (unsplash.com/markusspiske)

Menjelang salat tarawih, kebanyakan masjid mengisinya dengan ceramah agama Islam. Jangan salah, ceramah agama tersebut mengandung ilmu yang harus kamu pelajari.

Oleh karena itu, bawalah buku catatan kecil dan pena untuk mencatatnya. Jika kamu tidak ingin membawa kedua benda tersebut, kamu bisa memakai aplikasi notes di HP-mu untuk mencatatnya.

 

Jadi, lebih baik kamu membawa semua benda-benda pada list di atas ketika salat tarawih di masjid. Ibadah di bulan Ramadhan lancar, pahala pun mengalir.

Baca Juga: 10 Cerita Menarik saat Salat Tarawih, Kocak hingga Bikin Kesal! 

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya