Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Mencintai Diri Walau Berada di Titik Terendah

Yuk hentikan dulu self-blamingnya!

Lika-liku takdir kadang mengharuskan kamu untuk berada di titik terendah. Pada titik ini, biasanya akan ada rasa terpuruk. Tak jarang pula, seseorang menyalahkan dirinya sendiri atas apa yang sudah terjadi. Padahal kalau dipikir-pikir, berada di titik rendah adalah hal yang pasti terjadi. Karena roda kehidupan selalu berputar, mustahil kamu terus berada di puncak.

Dibanding terus menyalahkan diri, cobalah untuk tetap mengutamakan self-love. Apa pun kondisinya, sudah sepatutnya kamu berpegang teguh pada prinsip mencintai diri. Kenapa harus? Ini dia 5 alasannya!

1. Self-love membuat kamu lebih cepat untuk bangkit dari masalah

5 Alasan Kamu Harus Mencintai Diri Walau Berada di Titik TerendahUnsplash.com/Jeryd Gillum

Saat kamu mencintai diri sendiri dengan tulus, kamu akan enggan untuk merasa terpuruk terlalu dalam. Alasannya adalah karena kamu ingin yang terbaik untuk dirimu. Dan terpuruk di titik terendah sudah pasti bukan yang kamu butuhkan. Dengan mencintai diri, apa pun situasi yang tengah dihadapi, kamu tergerak untuk lebih cepat mengubah keadaan.

2. Kamu jadi lebih sadar tentang kelebihan diri

5 Alasan Kamu Harus Mencintai Diri Walau Berada di Titik TerendahUnsplash.com/Brooke Cagle

Titik terendah membuat seseorang melakukan self-blaming dan cenderung melihat kelemahan diri sendiri. Inilah pentingnya peran self-love karena akan menjauhkanmu dari pikiran buruk. Adanya self-love bisa menyadarkan kamu tentang betapa berharganya diri. Kamu jadi lebih sadar kelebihan yang kamu miliki dan menggunakan hal tersebut untuk membantumu lepas dari keterpurukan.

3. Mencegah kamu dari putus asa berkepanjangan

5 Alasan Kamu Harus Mencintai Diri Walau Berada di Titik TerendahUnsplash.com/Warren Wong

Putus asa berkepanjangan hanya untuk seseorang yang tidak mencintai diri dengan tulus. Ini adalah suatu perasaan destruktif yang hanya akan menghancurkan diri secara perlahan. Bagi kamu yang tak ingin merasa putus asa berlarut-larut, jangan lupa mengingatkan diri sendiri untuk tetap menanamkan self-love meski berada di titik terendah.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Standar Hidup Berkecukupan, Auto Bahagia Tiap Hari!

4. Tak perlu menunggu orang lain untuk mengangkatmu kembali

5 Alasan Kamu Harus Mencintai Diri Walau Berada di Titik Terendahunsplash.com

Ketika sedang mengalami hal buruk, kehadiran orang lain yang benar-benar peduli padamu tentunya bisa membantu. Apalagi bila sosoknya memberikanmu banyak sekali dukungan moral. Namun kamu tak bisa terus menunggu orang lain untuk mengangkat semua keputusasaan yang tengah dirasakan. Karena jika kamu memiliki self-love, kamu bisa segera berinisiatif mengangkat diri sendiri dari keadaan tersebut.

5. Pada akhirnya, kamu harus belajar mengandalkan diri sendiri

5 Alasan Kamu Harus Mencintai Diri Walau Berada di Titik TerendahUnsplash.com/Alex Bracken

Jika terus mengandalkan orang lain, yang ada justru kamu akan ketergantungan. Dan ini tentu bukanlah hal yang baik untuk kamu. Jangan tunggu orang lain mengulurkan tangan lebih dulu tiap kamu dilanda masalah. Dukungan dari orang sekitar boleh saja dianggap sebagai pelengkap. Namun utamanya, kamu harus belajar mengandalkan diri sendiri.

Jangan lupa untuk terus mencintai diri walaupun kamu tengah berada di titik terendah dalam hidup. Banyak keajaiban yang akan kamu rasakan ketika mulai menerapkan self-love dalam keadaan apa pun.

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya