Comscore Tracker

5 Alasan Merasa Tak Nyaman Saat Baru Lepas dari Comfort Zone Itu Wajar

Ketidaknyamanan ini biasanya hanya sementara

Sering direncanakan namun kadang sulit dilakukan, perkara keluar dari zona nyaman tak semudah kelihatannya. Meski demikian, itulah tantangan yang mesti dihadapi. Keluar dari comfort zone memang perlu untuk dilakukan. Alasannya tak lain dan tak bukan karena hidupmu akan lebih berwarna. Kamu dapat melihat banyak hal baru setelah lepas dari zona nyaman.

Namun ketidaknyamanan bisa saja muncul saat seseorang baru keluar dari zona yang telah lama membuatnya kelewat nyaman. Apakah discomfort ini mengkhawatirkan? Ternyata tidak selalu. Justru hal ini wajar-wajar saja bila dirasakan. Simak yuk alasannya!

1. Ini membuktikan kalau kamu sudah betul-betul keluar dari zona nyaman

5 Alasan Merasa Tak Nyaman Saat Baru Lepas dari Comfort Zone Itu WajarUnsplash.com/Tyler Nix

Menetap dalam comfort zone akan membuatmu terus merasa nyaman karena sama sekali tak ada tantangan. Sementara ketika kamu keluar dari sana dan mencoba berbagai kegiatan baru, ketidaknyamanan akan menghampiri.

Saat rasa itu datang, secara tak langsung membuktikan kalau kamu sudah berani melangkah keluar dari zona nyaman yang telah lama mengekangmu. Maka tak perlu ditakuti, sudah semestinya kamu halau semua ketidaknyamanan sehingga kamu tidak terperangkap lagi dalam comfort zone.

2. Sekaligus bukti kamu tengah melakukan suatu progress setelah beranjak dari comfort zone

5 Alasan Merasa Tak Nyaman Saat Baru Lepas dari Comfort Zone Itu WajarUnsplash.com/Conner Ching

Ketidaknyamanan tak selalu pertanda buruk. Selain bukti bahwa kamu telah benar-benar berada di zona baru, discomfort umumnya dialami mereka yang sebetulnya sudah atau tengah melakukan progress yang berarti.

Jika kamu mulai diselimuti ketidaknyamanan, yakinkan dirimu untuk terus melakukan yang terbaik atas hal apa pun yang tengah diupayakan. Jangan pernah memilih menyerah, apalagi kembali ke zona nyaman yang telah kamu tinggalkan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Keluar Zona Nyaman Bisa Bikin Hidupmu Lebih Baik  

3. Rasa ini sangatlah wajar dan umumnya hanya muncul sementara

5 Alasan Merasa Tak Nyaman Saat Baru Lepas dari Comfort Zone Itu WajarUnsplash.com/William Krause

Sesuatu yang baru umumnya akan membuat seseorang merasa asing dan tak nyaman. Ini biasa muncul entah karena kamu mulai melakukan kebiasaan baru, berada di lingkungan lain, atau apa pun perbedaan lainnya yang terjadi dalam hidup.

Namun tenang saja, umumnya ini hanya akan dirasakan sementara. Akan ada saatnya kamu mulai terbiasa dan hal-hal baru tersebut mulai menjadi keseharian hingga bukan lagi jadi masalah buatmu.

4. Bertahan melaluinya, maka dirimu dibentuk menjadi lebih matang dan tangguh

5 Alasan Merasa Tak Nyaman Saat Baru Lepas dari Comfort Zone Itu WajarUnsplash.com/Elizeu Dias

Melalui ketidaknyamanan di awal fase lepas dari comfort zone bukannya tanpa manfaat. Justru banyak sekali perubahan yang akan kamu sadari seiring berjalannya waktu.

Salah satu di antaranya adalah kamu bukan lagi orang yang sama dalam artian yang baik. Rasa tidak nyaman yang berhasil kamu usir dengan segenap usaha akan membentuk dirimu bukan hanya menjadi lebih matang, namun juga pribadi yang jauh lebih tangguh dari sebelumnya.

5. Sukses ada untuk kamu yang berani menghalau discomfort yang pernah dirasakan

5 Alasan Merasa Tak Nyaman Saat Baru Lepas dari Comfort Zone Itu WajarUnsplash.com/Thomas Mowe

Setelah berhasil terbiasa dengan rutinitas baru, segalanya bakal lebih mudah dilalui. Sejatinya tidak ada satu pun orang yang menyesal pernah keluar dari zona nyaman. Malah yang ada, perasaan bersyukur akan dirasakan karena memilih keputusan yang benar.

Lebih dari itu, kesuksesan pasti ada untuk orang-orang yang berani keluar dari comfort zone serta mencoba berdamai dengan rasa tidak nyaman yang muncul tepat setelah itu.  

Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan ketika kamu merasakan discomfort ketika baru saja keluar dari zona nyaman. Semua itu wajar dan tak selamanya sinyal buruk untukmu. Apapun yang terjadi, jangan menyerah ya!

Baca Juga: 5 Tipe Orang Ini Bikin Kamu Mantap Keluar dari Zona Nyaman, Punya?

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You