Comscore Tracker

Rawat Dirimu, Ini 5 Alasan Self-Care Mesti Turut Jadi Prioritas

Sempatkan self-care di waktu luangmu ya!

Selama ini kamu pasti sudah banyak mendengar tentang self-love dan mungkin juga tengah menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan mencintai diri sendiri, merawatnya pun tak kalah penting. Self-care bila rajin dilakukan akan memberi manfaat baik secara fisik atau mental, lho.

Ada banyak alasan kenapa self-care tak boleh absen dari rutinitasmu. Bahkan mesti turut masuk ke dalam list prioritas. Simak yuk 5 alasannya!

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Rawat Dirimu, Ini 5 Alasan Self-Care Mesti Turut Jadi PrioritasUnsplash.com/Xtra, Inc.

Self-care memang punya andil dalam meningkatkan kadar percaya diri. Kok bisa? Saat kamu merawat diri dengan baik, otomatis kamu akan jauh lebih sadar bahwa dirimu berharga. Paham tentang kelayakan diri, pelan-pelan kepercayaan diri akan naik seiring kamu kerap melakukan self-care. Boleh dicoba nih, terutama saat sedang berada di waktu luang.  

2. Kamu jadi sosok yang lebih produktif

Rawat Dirimu, Ini 5 Alasan Self-Care Mesti Turut Jadi PrioritasUnsplash.com/You X Ventures

Hari-harimu boleh diisi dengan kesibukan, tapi tetap self-care tak boleh ditinggalkan begitu saja. Merawat diri membuat kamu lebih menikmati waktu yang kamu habiskan sendirian. Usai melakukan self-care, dirimu pun jadi lebih rileks. Inilah yang bakal bikin energi yang kamu miliki terisi kembali. Sehingga kamu jadi orang yang lebih produktif setelahnya.

3. Fokus kerja bertambah, makin banyak target tercapai

Rawat Dirimu, Ini 5 Alasan Self-Care Mesti Turut Jadi PrioritasUnsplash.com/Gaelle Marcel

Karena pikiran jadi jauh lebih tenang setelah menyempatkan waktu untuk self-care, fokusmu pun meningkat. Kamu tak mudah lagi terdistraksi oleh hal-hal yang kurang penting. Percaya atau tidak, setelahnya akan makin banyak pencapaian dalam hidup kamu. Satu per satu hal yang kamu targetkan bukan cuma sekadar mimpi, tapi dapat terealisasikan.

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

4. Mencegah kamu dari godaan untuk menyerah

Rawat Dirimu, Ini 5 Alasan Self-Care Mesti Turut Jadi PrioritasUnsplash.com/Brooke Cagle

Orang hebat tak pernah kenal kata menyerah. Saat kamu merawat diri dengan sangat baik, kamu jadi pribadi yang optimis dan selalu ingin yang terbaik untuk diri sendiri. Secara tak langsung, self-care menjauhkanmu dari godaan untuk menyerah. Biar saja rintangan datang menghadang. Akan tetapi semua bisa dihadapi selama masih ada kemauan.

5. Hidup jadi berkali lipat lebih bahagia

Rawat Dirimu, Ini 5 Alasan Self-Care Mesti Turut Jadi PrioritasUnsplash.com/Analise Benevides

Percayalah kebahagiaan tak selalu datang begitu saja. Ada kalanya kamu harus berusaha menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Salah satunya dengan perawatan diri yang baik. Efek yang diberikan bukan bualan semata. Nyatanya kamu akan jauh lebih bisa merasa bahagia ketika terbiasa merawat diri secara rutin.

Kesimpulannya, tak ada alasan untuk kamu melupakan self-care. Justru kamu harus semakin rajin memberi yang terbaik untuk diri sendiri. Sekalipun kamu disibukkan oleh rutinitas, setidaknya sempatkan satu dua kali dalam seminggu. Oleh karena itu, yuk masukkan self-care ke dalam list prioritasmu.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Alasan Kenapa Self-Care Berpengaruh pada Kesuksesan

Nurfi Photo Verified Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya