Comscore Tracker

Usir Rasa Insecure, Ini 6 Langkah Ampuh untuk Tanamkan Self-Love

Belajar mencintai diri? Siapa takut!

Rasa insecure pada diri sendiri adalah akibat dari kurang atau bahkan ketiadaan self-love. Cenderung tak menerima diri, justru sikap meragukan diri sendirilah yang kerap dilakukan. Tentu hal ini tak boleh dibiarkan begitu saja. Kamu akan sulit untuk berkembang kalau masih belum ada keinginan untuk belajar mencintai diri sendiri. 

Seperti yang kamu tahu, membangun self-love membutuhkan suatu proses. Berikut ini 6 langkah ampuh untuk tanamkan self-love secara perlahan tapi pasti. Yuk, langsung simak aja!

1. Belajarlah untuk berdamai dengan diri sendiri, itu artinya kamu harus siap berhenti bersikap terlalu keras

Usir Rasa Insecure, Ini 6 Langkah Ampuh untuk Tanamkan Self-Loveunsplash.com/Drew Hays

Orang yang belum sepenuhnya memiliki self-love akan sering bersikap terlalu keras pada dirinya sendiri. Sikap ini bisa saja dilakukan dengan pikiran negatif yang meremehkan diri. Membiarkan kebiasaan ini terus berlanjut bukan pilihan yang tepat.

Oleh sebab itu, kamu harus berusaha belajar berdamai kepada diri sendiri. Berdamai artinya kamu siap berhenti menumpas segala pikiran buruk tentang dirimu. 

2. Selalu ingat kembali hal-hal yang kamu sukai dari dirimu, dengan begitu kamu akan berhenti melihat kekurangan

Usir Rasa Insecure, Ini 6 Langkah Ampuh untuk Tanamkan Self-Loveunsplash.com/Seteales

Daripada cuma berfokus pada kekurangan, mestinya kamu mengingat hal yang disukai dari diri sendiri. Sering luput dari perhatian, namun pasti ada hal-hal baik yang melekat pada dirimu.

Kamu cuma tinggal mengingatnya kembali. Kalau perlu, buatlah daftar tentang keunggulanmu. Setelah menuangkannya dalam bentuk tulisan, bacalah tiap pagi hari agar dapat memotivasi hari-harimu.

Baca Juga: Jadi Diri Sendiri? 5 Hal Baik Ini Akan Kamu Dapatkan

3. Jangan merasa dirimulah yang paling buruk saat ada orang lain yang lakukan body shaming, justru di situ kamu harus belajar tegas

Usir Rasa Insecure, Ini 6 Langkah Ampuh untuk Tanamkan Self-Lovepexels.com/mentatdgt

Buat apa merasa bersalah dan menganggap dirimu paling buruk saat orang lain lakukan body shaming? Mulai sekarang, jangan hanya diam saja. Baik mereka sengaja atau tidak, ada baiknya kamu bersikap tegas.

Katakan kalau kamu tak suka dengan cara mereka. Katakan bahwa seperti apa pun fisikmu sekarang, kamu tetap bersyukur serta bahagia. Itu sudah lebih dari cukup daripada terus mengasihani diri. 

4. Mulai tekuni apa pun hal yang kamu sukai atau ingin lakukan sejak dulu, jangan biarkan rasa ragu menghambat mimpi

Usir Rasa Insecure, Ini 6 Langkah Ampuh untuk Tanamkan Self-Loveunsplash.com/Jakob Owens

Kamu punya keinginan yang ingin diwujudkan sejak dulu, tapi ragu untuk memulainya? Tidak ada kata terlambat buat kamu membuat garis start mulai hari ini. Dengan menekuni sesuatu yang disukai, secara tak langsung kamu mulai belajar mencintai diri sendiri lho. Saat kamu mulai melakukan sesuatu sesuai keinginan, perlahan kamu juga akan temukan makna hidup yang sesungguhnya.

5. Kalau media sosial sering membuat rasa insecure-mu bertambah, ini saatnya kamu meninggalkannya buat sementara

Usir Rasa Insecure, Ini 6 Langkah Ampuh untuk Tanamkan Self-LoveUnsplash/Paul Hanaoka

Sempatkan waktumu sejenak untuk memikirkan dampak media sosial terhadap dirimu. Lihat apakah menjelajahi medsos lebih banyak memberimu hal positif atau justru sebaliknya.

Ketika kamu sadar bahwa bermain medsos lebih banyak membuat kamu merasa insecure, jangan ragu untuk meninggalkannya sementara. Jauh lebih baik ketimbang membiarkan rasa percaya dirimu terus terkikis, iya kan?

6. Berhenti merasa tidak enakan pada orang lain adalah salah satu cara untuk menumbuhkan self-love

Usir Rasa Insecure, Ini 6 Langkah Ampuh untuk Tanamkan Self-Lovepexels.com/Christina Morillo

Ketika sudah ada self-love, kamu akan berhenti merasa selalu tidak enakan pada orang lain. Mengubah mindset serta pilihan kalimat untuk disampaikan itu perlu. Contohnya adalah ketika kamu tak merasa sanggup memenuhi permintaan orang lain. Daripada terus mengiyakan, ada baiknya kamu berani berkata 'Tidak'.

Atau ketika kamu merasa tidak enak saat tak sengaja membuat seseorang menunggu. Akan lebih baik kalau kamu katakan "Terima kasih sudah bersedia menunggu." ketimbang "Maaf, kamu jadi harus nunggu lama gara-gara aku."

Bukan berarti kamu bersikap sombong dan enggan meminta maaf. Tapi, dengan kamu lebih banyak mengatakan 'Terima kasih', sikap terlalu tidak enakan bakal perlahan menghilang. Membiasakan ucapan terima kasih juga terkesan lebih elegan daripada terus merasa bersalah. 

Ingat guys, kamu tak akan menyesal saat belajar menanam cinta pada diri sendiri. Buat kamu yang selama ini kerap merasa hidup jauh dari kata bahagia, self-love akan mematahkan persepsi itu. Kamu akan lebih sadar akan sejuta hal baik yang selama ini belum kamu lihat, lho. 

Baca Juga: 5 Alasan Sederhana Kenapa Kamu Sulit Untuk Mencintai Diri Sendiri

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya