Comscore Tracker

Berhentilah, Ini 6 Alasan Terlalu Cemas Sama Masa Depan Itu Gak Baik!

Masa depan gak semengerikan yang kamu bayangkan

Menanti masa depan kerap bikin deg-degan. Gimana enggak, masa depan cerah yang selalu kamu inginkan itu mustahil diraih tanpa usaha. Inilah yang seringkali bikin orang jadi terlalu cemas akan apa yang bakalan terjadi nanti. Padahal belum benar-benar tiba masanya, kamu sudah mikir kesana kemari dan merasa takut bukan main.

Kalau kamu masih suka kelewat khawatir tentang masa depan, sudah tiba waktunya untuk berhenti merasa seperti itu. Ini dia enam alasan kenapa terlalu cemas sama masa depanmu justru gak baik. 

1. Berkurangnya fokus pada momen yang sedang dijalani

Berhentilah, Ini 6 Alasan Terlalu Cemas Sama Masa Depan Itu Gak Baik!Unsplash.com/Raychan

Saat perhatian kelewat tercurah pada masa depan, kamu seperti gak hidup di masa sekarang. Akibatnya, fokusmu pada momen yang kini sedang dijalani kian memudar. Inilah kenapa terlalu cemas akan masa depan justru memberi dampak buruk buatmu. Memikirkan masa depan boleh-boleh saja. Namun kalau sampai fokusmu jadi sering hilang, sebaiknya kamu berusaha mengurangi rasa cemas itu.  

2. Kamu jadi sering membuat planning berlebihan

Berhentilah, Ini 6 Alasan Terlalu Cemas Sama Masa Depan Itu Gak Baik!Unsplash.com/SHTTEFAN

Terlalu cemas mengenai apa yang akan terjadi di waktu mendatang mendorong pikiran untuk membuat planning berlebihan. Padahal overplanning itu gak baik lho, guys. Nantinya, kamu malah jadi repot dan bingung sendiri. Rencana yang kamu susun hendaknya dibuat secukupnya dengan lebih banyak bertindak. Jadi waktumu gak terbuang sia-sia karena terbebani oleh terlalu banyaknya rencana. 

3. Bagai diburu waktu, kamu kerap tergesa-gesa

Berhentilah, Ini 6 Alasan Terlalu Cemas Sama Masa Depan Itu Gak Baik!Unsplash.com/Nick Karvounis

Jangan siksa dirimu untuk menyelesaikan kerjaan dengan perasaan bak diburu waktu. Salah satu cara ampuh supaya terhindar dari ketergesa-gesaan adalah dengan berhenti cemas akan masa depan. Bagaimanapun, masa depan pasti akan datang. Jalani dengan santai tetapi pasti. Dengan pikiran yang tenang, hati pun akan damai dan kamu bisa lebih menikmati waktu kala sedang mengerjakan sesuatu. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Mencemaskan Masa Depanmu

4. Bikin kerjaanmu jadi sering terbengkalai

Berhentilah, Ini 6 Alasan Terlalu Cemas Sama Masa Depan Itu Gak Baik!Unsplash.com/Bruce Mars

Gimana mau kerjaanmu selesai dengan baik kalau rasa cemas selalu mengiringi di setiap waktu? Yang ada, kerjaan malah jadi sering terbengkalai dari hari ke hari. Nah, biar performamu gak kacau balau, usir jauh-jauh rasa cemas akan hari esok. Belajarlah buat lebih santai dalam menghadapi sesuatu, termasuk semua rencana yang ingin kamu upayakan.

5. Otakmu selalu terbayang-bayang oleh hasil

Berhentilah, Ini 6 Alasan Terlalu Cemas Sama Masa Depan Itu Gak Baik!Unsplash.com/Thom Holmes

Kalau otak selalu terbayang-bayang oleh hasil, kemungkinan besar kamu jadi kurang fokus pada usaha. Bukannya mencoba melakukan yang terbaik, upayamu berubah jadi kurang maksimal alias setengah-setengah. Coba tingkatkan lagi kepercayaan diri bahwa kamu sedang melakukan yang terbaik. Apapun hasilnya, yang penting kamu sudah berusaha sebaik mungkin. 

6. Ada perasaan terbebani karena kurang menikmati hidup

Berhentilah, Ini 6 Alasan Terlalu Cemas Sama Masa Depan Itu Gak Baik!Unsplash.com/Christian Fregnan

Hidup terasa indah kalau kamu menikmati setiap detik yang berjalan. Sebaliknya, suramnya hidup akan dirasakan jika terus memupuk rasa cemas akan masa depan. Biar kamu gak menyesal di kemudian hari, maka hiduplah di masa sekarang. Nikmati segala keindahan yang ada di sekelilingmu sekarang ini karena nantinya kamu gak akan bisa memutar balik waktu. 

Masa depan gak perlu dipikirkan secara berlebihan, guys. Sudah jelas kalau kelewat cemas akan apa yang bakalan terjadi di esok hari itu sama sekali gak baik. Siapkah kamu melepas semua rasa cemas lalu memilih untuk lebih menikmati hidup?

Baca Juga: Punya Target Masa Depan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mempersiapkannya

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You