Comscore Tracker

5 Bukti Bahwa Bukan Masalah Jika Hidup Tak Berjalan Sesuai Rencana

Manusia bisa berencana, tapi tetap Tuhan yang menentukan

Hidup selalu diisi dengan rencana-rencana indah di dalamnya. Serangkaian rencana tersebut disusun agar mimpi dapat diraih, ekspektasi terwujud menjadi realita, serta masa depan cemerlang. Bicara soal rencana hidup, pasti ada masanya ketika segala yang kamu susun dari jauh hari tidak berjalan seperti yang kamu harapkan. Saat itu terjadi, kemungkinan ada rasa kecewa luar biasa.

Manusia akan mengalami hal tersebut di satu titik tertentu dalam hidup. Sesempurna apa pun yang sudah diatur sejak lama, tetap takdir Tuhan yang menentukan. Itu wajar dan tak mengapa. Ini dia 5 bukti bahwa sesungguhnya bukan masalah jika hidupmu tidak berjalan sesuai rencana. 

1. Tak satu orang pun yang hidupnya berjalan mulus-mulus saja

5 Bukti Bahwa Bukan Masalah Jika Hidup Tak Berjalan Sesuai RencanaUnsplash.com/Allef Vinicius

Entah itu urusan keluarga, pertemanan, asmara, atau karier, tidak ada orang yang berhasil melaluinya tanpa setitik masalah pun. Perlu kamu pahami bahwa sebetulnya menghidupkan keinginan menjadi kenyataan itu penuh dengan lika-liku. Semakin beranjak dewasa, kamu akan banyak menyadari bahwa tidak ada jaminan semua rencana yang kamu susun akan selalu berhasil. Dan itu sama sekali bukan masalah karena semua orang pasti pernah mengalaminya.

2. Masih ada hari esok di mana kamu dapat berusaha lebih baik lagi

5 Bukti Bahwa Bukan Masalah Jika Hidup Tak Berjalan Sesuai RencanaUnsplash.com/Clem Onojeghuo

Ketika hidup tak sejalan dengan rencana, justru di situlah tantangannya. Kamu ditantang untuk menjadi lebih cerdik dalam mengatasi situasi. Tenang saja, masih ada hari esok untukmu. Hari-hari di mana kamu dapat berusaha jauh lebih baik dari yang sudah-sudah. Ini tentang seberapa bersedia kamu untuk mencoba kembali. Entah memutuskan untuk tetap berdiam diri menerima keadaan atau coba mengerahkan usaha kembali, pilihan itu ada di tanganmu.

3. Siapa tahu kamu ditunjukkan pintu kesempatan menuju jalan yang lebih baik

5 Bukti Bahwa Bukan Masalah Jika Hidup Tak Berjalan Sesuai RencanaUnsplash.com/Tyler Nix

Walau punya keinginan besar dan telah sebaik mungkin berusaha, mungkin saja takdir berkata lain. Bukan pada tempatnya bila memilih berputus asa dan lekas menyerah. Kamu bebas mencoba kembali agar bisa meraih yang diinginkan. Kadang dengan bertolak belakangnya rencana hidup dengan realita, kamu sebenarnya sedang ditunjukkan kesempatan menuju jalan yang lebih baik. Memang kadang tak terduga, tapi siapa tahu jalan barumu justru lebih mendatangkan bahagia.

Baca Juga: 6 Trik Sukses Diet Gula, Hidup Tetap Manis dan Lebih Sehat

4. Mentalmu ditempa jadi sekuat baja sekaligus belajar untuk rendah hati

5 Bukti Bahwa Bukan Masalah Jika Hidup Tak Berjalan Sesuai RencanaUnsplash.com/Candice Picard

Bila semua selalu berjalan tepat sesuai rencana, kamu hanya akan tahu manisnya kehidupan. Sementara untuk menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya, kamu harus paham pula sisi pahitnya. Percaya tak percaya, pernah mengalami hidup yang tak berjalan sesuai rencana dapat mengasah mentalmu. Berada dalam posisi ini turut membuatmu jadi pribadi yang rendah hati. Usai berhasil melewati masa-masa kelam, kamu akan melihat ada perbedaan dari dirimu yang sebelumnya. 

5. Jika kamu anggap hidup berjalan tak sesuai rencana adalah kegagalan, di sini kamu bisa memaknai kembali kata gagal itu

5 Bukti Bahwa Bukan Masalah Jika Hidup Tak Berjalan Sesuai RencanaUnsplash,com/Alex Bracken

Bukan tak mungkin bila ada yang menilai bahwa tak sejalannya rencana dengan realita sebagai suatu kegagalan. Bisa jadi ada pula kekecewaan diri ketika tengah mengalaminya. Namun kamu perlu mencoba memaknai kembali arti sebenarnya dari kegagalan. Gagal itu ketika kamu memilih untuk terpuruk dan enggan berusaha lebih keras. Sedangkan rencana yang belum tercapai dalam hidup bukanlah gagal yang sesungguhnya.

Buat kamu yang tengah bersedih hati karena merasa hidup tak seperti yang kamu rencanakan, masih banyak lho yang bisa kamu lakukan di hari esok. Bukan berarti kamu tidak hebat, bukan berarti kamu gagal menjadi sukses.

Hanya saja ini merupakan fase sementara yang biasa dialami orang-orang. Dan tentu bisa diperbaiki jika kamu bersedia untuk berusaha kembali.

Baca Juga: 5 Makna Memiliki Pasangan Hidup Bagi Seorang Introvert Sejati!

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You