Comscore Tracker

5 Momen Pahit Ini Justru Tanda Bahwa Hidup Ingin Ajarkan Kamu Hal Baru

Banyak-banyaklah ambil hikmahnya!

Semua yang terjadi dalam hidup pasti ada alasannya. Baik kejadian tersebut manis atau pahit. Biasanya ketika sedang sedih karena suatu kejadian tak mengenakkan, orang cenderung fokus pada pahitnya pengalaman tersebut. Sehingga inilah yang membuat kesedihan terus berlarut-larut. Padahal di balik semua itu, kehidupan tengah mengajarkan kamu hal baru.

Bila kamu paham bahwa ada banyak hikmah yang bisa kamu ambil, maka kamu tak perlu merasa jatuh terlalu dalam saat suatu hari nanti mengalami 5 momen pahit berikut.

1. Ketika apa yang terjadi dalam kehidupan nyata tak berjalan sesuai rencana

5 Momen Pahit Ini Justru Tanda Bahwa Hidup Ingin Ajarkan Kamu Hal BaruUnsplash.com/Jeremy Perkins

Banyak yang menganggap ini sebagai hal yang mengecewakan. Memang pahit bila apa yang sudah kamu rencanakan sedemikian rupa berujung melenceng jauh dari realita. Namun, coba ambil hikmahnya. Dari kejadian ini, kamu diajarkan untuk lebih piawai dalam mengatasi kegagalan sementara. Bukan menyerah yang kamu butuhkan. Tapi tekad kuat untuk mencoba lagi tanpa banyak mengeluh.

2. Ketika kamu perlahan kehilangan orang-orang yang dulu pernah dekat

5 Momen Pahit Ini Justru Tanda Bahwa Hidup Ingin Ajarkan Kamu Hal Baruelitedaily.com

Nyatanya, kamu tak bisa mencegah ketika seseorang ingin pergi dari hidupmu. Ada masanya kalian dekat, dan mungkin juga di lain waktu kalian harus berpisah. Meratapinya tak akan membantu membuatmu jadi lebih tenang. Apalagi mengubahmu jadi sosok yang lebih baik. Cukup hargai siapa saja yang setia bertahan denganmu sekarang. Serta jagalah mereka sebaik yang kamu bisa.

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup yang Wajib Diterapkan Ketika Tumbuh Menjadi Dewasa

3. Ketika orang yang paling kamu percaya malah berbalik mengkhianati

5 Momen Pahit Ini Justru Tanda Bahwa Hidup Ingin Ajarkan Kamu Hal Baruyahoo.com

Tak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi nanti. Bahkan orang yang paling kamu percaya pun bisa saja pada akhirnya mengkhianati. Kecewa? Boleh saja. Tapi jangan lupakan kenyataan bahwa memang orang bisa berubah kapan pun. Meskipun itu bukan hal yang kamu sukai. Namun, jangan lupa pula bahwa masih banyak orang yang bisa kamu percaya tanpa mengkhianatimu di kemudian hari.

4. Ketika kamu sedang merasa serba kekurangan secara materi

5 Momen Pahit Ini Justru Tanda Bahwa Hidup Ingin Ajarkan Kamu Hal BaruUnsplash.com/Nathan Jefferis

Memang ada bahagia yang bisa kamu rasakan tanpa semata-mata mengacu pada materi. Namun faktanya, cukup secara materi juga penting. Inilah mengapa pahit rasanya saat tengah merasa serba kekurangan.

Akan tetapi, di momen ini kamu bisa belajar untuk jadi lebih rendah hati karena pernah berada di titik terendah. Serta kamu diberi kesempatan untuk bekerja keras demi meraih apa yang mau dicapai.

5. Ketika sedang merasa lemah atas masalah yang datang bertubi-tubi

5 Momen Pahit Ini Justru Tanda Bahwa Hidup Ingin Ajarkan Kamu Hal BaruUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Pasti ada masanya dimana hidup dipenuhi masalah yang beruntutan hadir tanpa henti. Tertekan? Itu hal yang wajar. Yang salah adalah saat kamu memilih untuk terpuruk tanpa berusaha buat bangkit. Padahal di momen ini, kamu bisa melatih diri agar lebih bersabar serta lebih tegar dalam menghadapi masalah. Semua ada jalan keluarnya. Dan tugasmu bukan meratapi nasib. Melainkan berusaha melangkah mencari solusi.

Yakinlah bahwa di balik semua momen pahit yang telah atau tengah dialami, pasti ada pelajaran baru yang bisa kamu petik. Lalui semuanya dengan pikiran positif, maka kamu akan berterimakasih atas hikmah yang ditawarkan dari kejadian tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyikapi Kegagalan dalam Hidup, Semangat Lagi Yuk!

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya