Comscore Tracker

Tanpa Tergesa, Ini 7 Manfaat Jalani Hidup dengan Perlahan tapi Pasti

Capek kan kalau hidup bagai diburu waktu?

Segala rutinitas sehari-hari seringkali membuat kamu terbiasa menjalani hidup dengan tempo cepat. Tentu bukan masalah kalau kamu masih bisa bedakan kapan mesti bertindak cepat serta kapan waktunya bersantai dan pelan-pelan dalam beraktivitas. Santai di sini bukan dalam artian bermalas-malasan hingga lupa waktu. Melainkan lebih ke arah menjalani hidup dengan perlahan tapi pasti. 

Singkatnya, kamu tetap punya tujuan hidup yang jelas. Namun demi mengejarnya, gak harus bagaikan sedang diburu waktu.

Di balik itu, ternyata menjalani hidup dengan perlahan tapi pasti punya banyak sisi positif, lho. Buang sikap tergesa-gesa, 7 manfaat ini bakalan kamu dapat!

1. Lebih bijaksana dalam mengambil keputusan

Tanpa Tergesa, Ini 7 Manfaat Jalani Hidup dengan Perlahan tapi PastiUnsplash.com/Seteales

Dalam keadaan terburu-buru, otak cenderung gak jernih dalam berpikir. Sementara ketika mengizinkan pikiran untuk santai tanpa tergesa, kamu bisa menjadi lebih bijaksana dalam mengambil keputusan. Dengan kata lain, kamu mengurangi risiko salah dalam membuat suatu keputusan lantaran terlalu gegabah dalam bertindak. 

2. Gak memaksa diri dapatkan apapun dengan cepat

Tanpa Tergesa, Ini 7 Manfaat Jalani Hidup dengan Perlahan tapi PastiUnsplash.com/Anthony Tran

Coba ingat kembali kutipan singkat tapi penuh makna "great things take time" atau segala sesuatu yang besar pasti butuh waktu. Memulai hidup secara perlahan tapi pasti mengajarkan kamu tentang hal itu. Akan tumbuh kesadaran bahwa tujuan hidup gak harus selalu diupayakan dengan memaksakan diri supaya cepat dapat.

3. Sadar akan banyak hal indah di sekeliling

Tanpa Tergesa, Ini 7 Manfaat Jalani Hidup dengan Perlahan tapi PastiUnsplash.com/Jason Strull

Semakin kamu hidup dalam ketergesa-gesaan, semakin banyak pula hal indah di sekeliling yang diabaikan. Makanya jangan heran kalau kamu kerap merana dan merasa serba kurang. Coba deh, kamu berusaha buat lebih peka. Pasti kamu makin sadar akan satu per satu hal indah yang selama ini kamu lewatkan begitu saja tanpa bersyukur.

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang Gampang Menyerah Saat Didera Ujian Hidup

4. Komunikasi dan hubungan jadi jauh lebih baik

Tanpa Tergesa, Ini 7 Manfaat Jalani Hidup dengan Perlahan tapi PastiUnsplash.com/Ana Francisconi

Hidup perlahan tapi pasti adalah saat kamu bersedia memberi sedikit jeda sebelum kemudian berjuang kembali. Dalam jeda waktu itu, kamu dapat mengisinya dengan kumpul bersama orang-orang tersayang. Gak memilih terus berkutat dalam kesibukan, maka komunikasi dan hubungan antara kamu dengan yang lain akan jadi lebih baik. 

5. Stres hilang, pikiran pun jadi rileks

Tanpa Tergesa, Ini 7 Manfaat Jalani Hidup dengan Perlahan tapi PastiUnsplash.com/Kevin Laminto

Pasti stres banget kalau selalu hidup terburu-buru. Adanya rasa tertekan yang gak kunjung berhenti, bisa-bisa kamu membahayakan diri. Jangan sampai kamu jadi kurang menikmati hidup gara-gara ini. Biarkan dirimu lepas dari keharusan untuk selalu tergesa, maka stres yang kamu rasakan akan hilang dengan sendirinya. 

6. Kreativitasmu meningkat dengan pesat

Tanpa Tergesa, Ini 7 Manfaat Jalani Hidup dengan Perlahan tapi PastiPexels.com/Burst

Saat hiruk pikuk dalam pikiran perlahan hilang, kamu akan menjadi sosok yang lebih tenang. Ternyata tenangnya pikiran bisa bikin jiwa kreatifmu lebih meningkat daripada ketika kamu terbebani, lho. Tentunya kamu bakalan mampu untuk menghasilkan ide-ide inovatif serta menyelesaikan lebih banyak kerjaan.

7. Bisa lebih menikmati masa sekarang

Tanpa Tergesa, Ini 7 Manfaat Jalani Hidup dengan Perlahan tapi PastiUnsplash.com/Seteales

Waktu yang sudah dilalui mustahil buat dikembalikan. Sayang banget kalau kamu menjalani hidup tanpa menikmatinya karena selalu diburu waktu. Nikmatilah detik yang berjalan di masa sekarang dengan mencoba hidup secara perlahan. Gak perlu terlalu gegabah, gak usah takut impianmu jadi gagal tercapai karena memilih hidup secara perlahan tapi pasti. 

Sudahi menyiksa diri lantaran selalu terburu-buru dalam melakukan segala hal. Ini saatnya kamu lebih sadar banyaknya manfaat jika hidup perlahan tapi pasti. Pelan-pelan saja. Jalani hidup tanpa merasa ada beban berat di pundak karena selalu tergesa.

Baca Juga: Cari Tahu Seberapa Insecure Kamu Tentang Kehidupan Lewat Pertanyaan Ini!

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You