Comscore Tracker

Wajib Tahu, 5 Alasan Kenapa Self-Care Berpengaruh pada Kesuksesan

Sesibuk apa pun kamu, jangan sampai lupakan self-care

Kalau makna self-love berarti penerimaan terhadap diri, self-care lebih ke arah memberi treatment yang baik untuk diri sendiri. Entah secara fisik atau mental, merawat diri artinya kamu melakukan upaya positif supaya tetap bisa menikmati hidup di sela sibuknya rutinitas. Jiwa penuh kedamaian, kamu turut dijauhkan dari stres. 

Rupanya bagaimana kamu menerapkan self-care dalam kehidupan punya kaitan erat dengan sukses. Kok bisa, sih? Biar tahu lebih jelas, simak 5 alasannya!

1. Self-care membuatmu terhindar dari memforsir diri, kamu pun lebih pandai mengatur waktu

Wajib Tahu, 5 Alasan Kenapa Self-Care Berpengaruh pada KesuksesanUnsplash.com/Gabriel Porras

Orang yang paham self-care akan punya kesadaran buat peduli pada dirinya. Alih-alih membiarkan diri diburu waktu, justru waktu sebisa mungkin dibagi dengan baik sehingga gak memforsir diri. Tahu kapan harus mulai dan kapan harus berhenti melakukan sesuatu, ini jadi kebiasaan baik yang antarkan kamu pada kesuksesan.

2. Dapat menyehatkan fisik dan mental, self-care adalah kunci performa yang baik saat bekerja

Wajib Tahu, 5 Alasan Kenapa Self-Care Berpengaruh pada KesuksesanUnsplash.com/Janko Ferlič

Self-care mencakup waktu tidur yang cukup, makan dengan baik, rajin berolahraga, dan masih banyak contoh lainnya. Ketika kamu melakukan self-care, fisik dan mental akan jadi lebih sehat. Pengaruhnya baiknya juga ikut muncul dalam hal kerjaan. Dalam kondisi bugar, kamu mampu memberikan performa terbaik saat sedang bekerja. 

3. Saat berani bilang "Tidak", waktumu bisa digunakan untuk hal penting demi mencapai goals

Wajib Tahu, 5 Alasan Kenapa Self-Care Berpengaruh pada KesuksesanUnsplash.com/Icons8 team

Menolak sesuatu gak selalu berarti kamu orang yang apatis. Justru kamu perlu untuk sesekali berkata "Tidak" ketika gak sanggup mengiyakannya karena punya kesibukan lain. Sisi positif dari penolakan adalah kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk kepentinganmu. Dengan begini, goals-mu dapat tercapai karena gak selalu menyanggupi apa kata orang.

Baca Juga: 6 Kata yang Sebaiknya Kamu Hindari saat Mendeskripsikan Diri Sendiri

4. Pemberian reward adalah salah satu bentuk self-care yang bikin kamu jadi lebih termotivasi

Wajib Tahu, 5 Alasan Kenapa Self-Care Berpengaruh pada KesuksesanUnsplash.com/Bruce Mars

Usai menyelesaikan suatu kerjaan, pernah gak kamu memberi reward kepada diri sendiri? Reward bisa dalam bentuk melakukan atau membeli apa yang kamu sukai. Ini juga bagian dari self-care, lho. Adanya penghargaan dari diri sendiri dan untuk diri sendiri bikin kamu lebih termotivasi sehingga semangatmu buat meraih mimpi kian terpacu.

5. Luangkan waktu dan bertukar cerita dengan kerabat, kamu bisa dapat dukungan moril yang bikin makin semangat

Wajib Tahu, 5 Alasan Kenapa Self-Care Berpengaruh pada KesuksesanUnsplash.com/Ana Francisconi

Daripada terus dipusingkan oleh perihal kerjaan, berikan sedikit waktu untuk kumpul dengan kerabat. Jangan segan untuk bertukar cerita tentang keseharian pada para sahabat. Selain menyenangkan, kamu juga bisa dapat dukungan moril dari mereka. Tentunya semangat semakin melonjak dan kamu semakin dekat dengan tujuan yang ingin dicapai. 

Kesibukan memang akan selalu menghampiri. Namun self-care jangan sampai dilupakan karena dapat mengantarkanmu pada gerbang kesuksesan. Yuk, mulai lebih peduli pada diri sendiri!

Baca Juga: Agar Bahagia, 7 Kalimat Ini Pantang Kamu Katakan Pada Diri Sendiri

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya