Comscore Tracker

Jangan Dilakukan, Ini 5 Jenis Bullying yang Harus Kamu Tahu!

Yuk hindari bullying, lebih banyak mencintai sesama

Saat ini bullying merupakan salah satu fenomena yang meresahkan masyarakat. Tak sedikit orang yang mengakhiri hidupnya karena menjadi korban bullying. Untuk itu, kita perlu menyadari apa saja bentuk-bentuk bullying yang ada di sekitar kita agar dapat menghindarinya.

1. Bullying verbal

Jangan Dilakukan, Ini 5 Jenis Bullying yang Harus Kamu Tahu!ksla.com

Bentuk bullying ini tidak terlihat dan tidak meninggalkan bukti, namun dapat menyakiti hati. Bullying ini dapat berupa panggilan yang tidak pantas, kata-kata kasar, ejekan, hinaan, makian, hingga ancaman. Yuk jaga setiap uapan kita mulai dari sekarang!

2. Bullying sosial

Jangan Dilakukan, Ini 5 Jenis Bullying yang Harus Kamu Tahu!cfchildren.org

Tanpa disadari, bullying ini banyak terjadi di sekitar kita. Bullying sosial dapat berupa penyebaran berita yang tidak benar mengenai orang lain, ajakan untuk menjauhi orang lain, serta tindakan untuk mengucilkan orang lain.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Cyberbullying Bisa Menyebabkan Seseorang Bunuh Diri

3. Bullying fisik

Jangan Dilakukan, Ini 5 Jenis Bullying yang Harus Kamu Tahu!independent.co.uk

Bullying ini jelas sangat terlihat jika terjadi pada seseorang karena dapat meninggalkan bekas yang terlihat secara kasat mata. Contoh dari bullying ini adalah memukul, mencubit, mendorong, menyandung, menjambak, dan melemparkan barang pada seseorang dengan tujuan untuk melukai.

4. Cyberbullying

Jangan Dilakukan, Ini 5 Jenis Bullying yang Harus Kamu Tahu!bbc.com

Di tengah maraknya penggunaan media sosial, tentunya banyak sekali dampak yang akan dirasakan. Salah satunya adalah cyberbullying. Bullying ini dapat berupa penyebaran gosip mengenai seseorang secara online, memberikan komentar buruk di media sosial seseorang, memberikan ancaman melalui media sosial, hingga meretas akun orang lain.

5. Bullying seksual

Jangan Dilakukan, Ini 5 Jenis Bullying yang Harus Kamu Tahu!world.edu

Bullying ini terjadi jika seseorang merasa dipermalukan secara seksual oleh orang lain. Contohnya menyentuh salah satu bagian tubuh, menyebarkan foto yang tidak semestinya, memaksa orang lain untuk melihat sesuatu yang berbau pornografi, atau secara diam-diam mencuri foto seseorang dengan tujuan untuk memuaskan gairah seksual.

Dengan menghindari bentuk-bentuk bullying seperti di atas, kita dapat mengurangi dampak buruk dari bullying itu sendiri baik untuk diri kita maupun untuk orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Korban Bullying Memilih Diam Dibanding Menyuarakannya

Nurin Masfufah Photo Writer Nurin Masfufah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya