Comscore Tracker

6 Bukti Kalau Kamu Sudah Memanfaatkan Waktumu dengan Sangat Baik 

Hargai setiap waktu yang kamu miliki

Waktu memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan kamu. Di setiap aktivitas apapun yang kamu lakukan, waktu tak pernah lepas baik dari proses awal hingga pada penyelesaian akhir tujuan kamu.

Waktu juga merupakan satu hal yang tidak pernah akan kembali dan akan hilang begitu saja jika kamu menyia-nyiakannya. Maka, gunakanlah waktumu sebaik mungkin.

Lalu, apa saja sih yang menjadi bukti kalau kamu sudah memanfaatkan waktumu dengan sangat baik? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Rencana yang telah kamu buat, siap untuk direalisasikan

6 Bukti Kalau Kamu Sudah Memanfaatkan Waktumu dengan Sangat Baik Unsplash/Kelly Sikkema

Setiap orang tentunya sudah memiliki rencananya masing-masing, termasuk kamu kan? Untuk mengefisienkan waktu, kamu tidak sekedar meletakkan setiap rencana yang sudah kamu tuliskan di atas kertas, laptop, atau media lainnya, tetapi kamu juga sudah siap untuk segera merealisasikannya tanpa menunggu lebih lama karena kamu punya target waktu yang jelas untuk semua rencana-rencana tersebut.

2. Kamu berfokus pada aktivitas yang paling penting

6 Bukti Kalau Kamu Sudah Memanfaatkan Waktumu dengan Sangat Baik Unsplash/Avi Richards

Kamu tahu bahwa kamu harus fokus pada aktivitas yang paling penting terlebih dahulu, paling bernilai bagi kehidupan kamu. Sehingga, ketika ada hal-hal yang coba menghambatmu seperti bermedia sosial, chatting dengan teman, bermain games, kamu akan berusaha memalingkan semua itu agar kamu bisa mencapai hasil yang kamu harapkan.

Jadi, kamu harus fokus ya!

3. Kamu menyisihkan waktu khusus untuk membaca

6 Bukti Kalau Kamu Sudah Memanfaatkan Waktumu dengan Sangat Baik Unsplash/Anete Lūsiņa

Rutinitasmu mungkin padat, tapi kamu tak lupa menyisihkan sebagian waktumu untuk membaca entah itu buku, majalah, koran, buletin atau media informasi online dan sebagainya. Hal ini merupakan cara kamu mengisi waktu luang.

Selain menjadi kebiasaan yang baik, membaca akan memberikan manfaat untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan menambah informasi, terutama peristiwa-peristiwa penting yang sedang berkembang di masyarakat.Tentunya akan lebih baik lagi jika bacaan kamu berhubungan erat dengan pekerjaan kamu.

Membaca juga merupakan salah satu kebiasaan orang-orang sukses lho!

Baca Juga: Tanamkan 5 Mindset Positif Agar Rasa Cemas Berhenti Menyita Waktumu

4. Ada kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kamu di bidang yang lain

6 Bukti Kalau Kamu Sudah Memanfaatkan Waktumu dengan Sangat Baik Unsplash/Erik Lucatero

Di era digital yang semakin mendukung dan memudahkan kamu dengan hadirnya teknologi-teknologi terkini, salah satu manfaatnya yaitu bisa menghemat waktu kamu dalam beraktivitas. Nah, agar tidak tergerus dengan semua itu, kamu selalu ada kesempatan tertentu untuk kamu mengembangkan keterampilan.

Misalnya yang lagi viral nih, banyak anak-anak millenial yang eksis sebagai influencer seperti YouTuber, vlogger, selebgram atau keterampilan lainnya seperti menulis, fotografi dan lainnya sesuai dengan hobi dan bakat yang kamu miliki.

5. Kesehatan menjadi bagian penting dalam kehidupan kamu

6 Bukti Kalau Kamu Sudah Memanfaatkan Waktumu dengan Sangat Baik Unsplash/Jenny Hill

Memperhatikan kesehatan tak perlu ditanya lagi. Justru kesehatan menjadi bagian dari daftar prioritas kamu. Setidaknya kamu sudah menetapkan waktu khusus misalnya selama 30 menit untuk berolahraga di pagi hari.

Menjaga kesehatan sangatlah penting buat kamu agar kamu bisa selalu tampil prima dan penuh semangat ketika beraktivitas.

6. Menggunakan waktu istirahatmu semaksimal mungkin

6 Bukti Kalau Kamu Sudah Memanfaatkan Waktumu dengan Sangat Baik Unsplash/Gregory Pappas

Dengan pelbagai aktivitas dan kesibukan kamu setiap harinya, kamu sangat peduli dengan memaksimalkan waktu untuk beristirahat. Sebab, jika kamu memaksakan terus bekerja, kamu akan merasa lelah dan tidak fokus yang nantinya berdampak pada menurunnya produktivitas kamu. Maka, istirahat yang cukup akan membantu kamu kembali fit dan fresh dalam menyelesaikan pekerjaan kamu.

Kamu sudah tahu kan cara memanfaatkan waktu dengan sangat baik? Sekarang nih saatnya kamu membuktikannya dan konsistenlah untuk itu. Tetap semangat dan raih kesuksesanmu dengan menghargai setiap waktu yang kamu miliki. Ingat ya!

“Tidak pernah ada waktu yang cukup untuk melakukan hal dengan baik. Tapi selalu ada waktu yang cukup untuk melakukan hal dengan lebih baik lagi"- Jack Bergman.

Baca Juga: 5 Hal yang Ternyata Bikin Kamu Gak Menikmati Waktu Weekend dengan Baik

Nurkamal Photo Verified Writer Nurkamal

Salam Semangat Follow : @nurkamaljuly27

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You