Comscore Tracker

5 Sikap Buruk dan Tidak Dewasa yang Mesti Hilang dari Dirimu 

Demi hidup yang lebih nyaman, nih

Sikap akan membentuk perangai kamu di depan orang. Jika sikap kamu baik, akan berbalas pula dengan kebaikan. Sebaliknya, sikap yang buruk akan berdampak negatif bagi kamu.

Untuk itu, agar tak terjebak pada hal-hal yang negatif tersebut, hindari sikap-sikap berikut ini, deh. Orang lain akan menjauh darimu karena semua itu. Kalau perlu, hilangkan seluruhnya.

1. Ingin mendapat pujian karena telah berbuat baik

5 Sikap Buruk dan Tidak Dewasa yang Mesti Hilang dari Dirimu Unsplash/@marcschaefer

Manakala orang lain memuji atas ucapan dan perilakumu yang terkesan baik dan benar, kamu akan merasa bangga. Benar, gak? Perlahan, keangkuhan akan mulai tampak jika kehilangan kontrol diri.

Saat pujian itu hilang, kamu ingin menyalahkan orang lain karena sudah terbiasa mendapatkannya. Pada kenyataannya, tidak semua orang mengagumimu, sekalipun kamu memang orang yang baik dan benar. Alangkah indahnya, kamu tetap menjadi pribadi yang rendah hati agar tidak termasuk ke dalam sikap ini. Semoga, ya!

2. Selalu egois dan mau menang sendiri

5 Sikap Buruk dan Tidak Dewasa yang Mesti Hilang dari Dirimu Unsplash/@kevinqa

Setiap kamu ingin meraih sesuatu, apalagi berada dalam sebuah tim, kamu harus berlawanan dengan orang lain. Ambisi menjadi pemenang bukan karena untuk kepentingan tim, melainkan kepentingan pribadi kamu saja. Kamu ingin menjadi satu-satunya yang terbaik.

Bukankah ini sikap yang egois dan mau menang sendiri? Sudahlah, ini hanya akan merusak persahabatan dan kamu hanya akan berlaku tidak adil dengan orang lain. Sebaiknya, sebelum terlambat, hindari, ya!

Baca Juga: 5 Cara Bicara Tentang Sifat Buruk Pasangan Tanpa Bertengkar

3. Merasa sok tahu dengan berbagai hal

5 Sikap Buruk dan Tidak Dewasa yang Mesti Hilang dari Dirimu Unsplash/@kaleidico

Tong kosong nyaring bunyinya. Banyak omong yang kebenarannya masih perlu dipertanyakan. Setiap kali ada orang bertanya, selalu memberikan jawaban seakan-akan kamu tahu, sekalipun itu tidak benar alias hoaks. Padahal, mengakui sesuatu yang tak kamu ketahui adalah pilihan dan sikap yang bijaksana.

4. Menganggap remeh orang lain

5 Sikap Buruk dan Tidak Dewasa yang Mesti Hilang dari Dirimu Unsplash/@felix_serre

Merendahkan orang lain juga adalah sikap yang tak pantas untuk kamu tiru. Ini merupakan sebuah bentuk kesombongan. Belum tentu orang yang kamu remehkan tersebut lebih buruk dari pandangan kamu. Untuk itu, telaah dahulu sebelum berucap.

5. Suka sekali menggurui

5 Sikap Buruk dan Tidak Dewasa yang Mesti Hilang dari Dirimu Unsplash/@charlesdeluvio

Kadang, orang lain sekadar ingin berbagi masalahnya denganmu. Namun, jangan memberi nasihat atau pun saran sebelum kamu dimintai oleh mereka. Sehingga, kamu tak dibilang suka menggurui. Baru diberitahu satu hal, kamu langsung memberi solusinya. Untuk itu, jadilah pendengar yang baik sebelum menyampaikan pendapat kamu.

Sikap-sikap di atas tidak akan berdampak pada kebaikan kamu. Hal itu justru menyeretmu kepada sesuatu yang bisa mencelakakanmu. Hindari, deh, semuanya agar kamu tenang dan nyaman dalam menjalani hidup. Setuju?

Baca Juga: Hati-hati, Bangga Berlebihan Bikin Kamu Punya 5 Sifat Buruk Ini

Nurkamal Photo Community Writer Nurkamal

Salam Semangat Follow : @nurkamaljuly27

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You