Comscore Tracker

6 Tips Agar Kamu Tetap Survive Hadapi Hidup, Berhentilah Mengeluh

Percayalah, kamu bisa bangkit lagi!

Coba tanyakan pada diri kamu. Apakah setiap kamu mengeluh, keadaan yang kamu inginkan langsung berubah menjadi baik dan membuat hati kamu bahagia? Tentu, jawaban yang kamu dapatkan secara umum adalah tidak.

Mungkin saja sebagiannya akan berubah dan membuatmu senang. Namun, itu hanyalah sesaat saja. Ketika keadaan kembali tak sesuai harapan. Justru menambah keluh kamu semakin besar dan kamu merasa tidak mendapatkan keadilan atas kehidupan ini.

Maka, di bawah ini ada 6 tips yang dapat dilakukan agar tak lagi mengeluhkan keadaan yang tidak sejalan dengan harapan dan keinginan kamu.

1. Bersyukurlah, karena masih banyak hal yang membuatmu bahagia

6 Tips Agar Kamu Tetap Survive Hadapi Hidup, Berhentilah MengeluhUnsplash/@hudsoncrafted

Mengucap syukur, tidaklah serta-merta mengubah keadaan berbalik menjadi lebih baik apalagi mengeluh.

Tetapi dengan cara kamu bersyukur, hati bisa lebih tenang, pikiran menjadi positif, menerima dan menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi sesuai dengan ketentuan yang Maha Kuasa.

Bersyukur juga membuat kamu lebih tegar, tidak hanyut dalam kesedihan yang berlarut-larut.

2. Optimis bahwa suatu saat harapan kamu bisa tercapai

6 Tips Agar Kamu Tetap Survive Hadapi Hidup, Berhentilah MengeluhUnsplash/@yeeeeeeha

Optimis dapat meningkatkan semangat kamu meski dalam keadaan sesulit apa pun. Kamu percaya dengan impian kamu. Sehingga ketika kamu terjatuh bahkan mengalami kegagalan, kamu tidak menyalahkan keadaan dan juga orang lain.

Ini hanyalah permulaan dan suatu saat dapat terwujud serta mendapatkan yang lebih baik.

Baca Juga: Butuh Motivasi? Yuk, Ucapkan 7 Kalimat Ini Pada Diri Sendiri Tiap Pagi

3. Lakukan dan berikanlah yang terbaik sesuai kemampuan kamu

6 Tips Agar Kamu Tetap Survive Hadapi Hidup, Berhentilah MengeluhUnsplash/@benwhitephotography

Terus melakukan dan memberikan yang terbaik adalah cara yang lebih elegan daripada mengeluhkannya. Kamu tetap berbuat dengan berbagai keterbatasan, tanpa banyak mengeluhkan apa yang tidak kamu miliki. Dengan begitu, kamu akan menatap masa depan dengan penuh semangat.

4. Bersabarlah, tidak semua hal dapat kamu kendalikan

6 Tips Agar Kamu Tetap Survive Hadapi Hidup, Berhentilah MengeluhUnsplash/@thekatiemchase

Baik dan buruk suatu keadaan bergantung cara kamu meresponnya. Jika keadaan baik, mudah bagi kamu menerimanya dengan cara-cara yang baik pula. Jika buruk, maka kamu perlu bersabar tanpa harus mencela dan mencaci keadaan bahkan menyalahkan orang lain sebagai penyebabnya. Ingatlah, tidak semua hal dapat kamu kendalikan.

5. Mengubah cara pandang kamu ke arah yang tepat

6 Tips Agar Kamu Tetap Survive Hadapi Hidup, Berhentilah MengeluhUnsplash/@seteales

Pola pikir yang salah akan berakibat buruk meski hal yang kamu kerjakan itu baik. Sebenarnya yang kamu harapkan adalah kebaikan, namun menjadi terbalik.

Untuk itu, kamu hanya perlu mengubah layarnya saja dan tanpa harus mengubah arah angin. Perbaiki dan luruskanlah niat agar mendapatkan manfaat dalam segala kebaikan yang telah kamu lakukan.

6. Belajar dari masalahmu dan lakukan perbaikan

6 Tips Agar Kamu Tetap Survive Hadapi Hidup, Berhentilah MengeluhUnsplash/@socialcut

Mestinya kamu belajar dari kesalahan atas masalahmu dan bukan mengeluhkannya. Kemudian, mengambil tindakan yang lebih baik setelah itu. Semoga, takkan jatuh lagi ke dalam lubang yang sama dan mencapai tujuan yang kamu harapkan.

Kini kamu sudah tahu, kalau mengeluh itu hanya menghabiskan waktu kamu dengan sia-sia. Bersyukurlah agar kamu tetap survive dalam setiap keadaan. Semangat!

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Semangat Hadapi Masalah Saat Bad Mood Melanda!

Nurkamal Photo Verified Writer Nurkamal

Salam Semangat, Instagram : @nurkamaljuly27

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya