Comscore Tracker

6 Pelajaran Berarti untuk Kamu yang Punya Tujuan Hidup

#PANJATPOIN Biar kamu gak tersesat jalani hidup

Tujuan yang jelas membuatmu terarah dalam mengarungi kehidupan. Melakukan kegiatan prioritas dibandingkan dengan hal-hal yang tidak penting.

Karena sebagai mana kamu ketahui bahwa hidup ini amatlah singkat sehingga kamu merasa berlomba untuk berbuat yang terbaik. Tujuan hidup mengajarkanmu 6 hal berikut.

1. Kamu tahu ke mana harus melangkah

6 Pelajaran Berarti untuk Kamu yang Punya Tujuan HidupUnsplash/@clemono2

Menempuh sebuah jalan, walau nantinya kamu harus berjibaku dengan pelbagai ragam polemik kehidupan yang mungkin saja sebagai penghambat. Kamu memilih untuk tetap melangkah. Dengan keyakinan dan keputusan yang tepat, kamu akan sampai juga pada titik di mana impian itu berada.

2. Bersiap diri dengan rencana yang telah dibuat

6 Pelajaran Berarti untuk Kamu yang Punya Tujuan HidupUnsplash/@timmykp

Tentu saja, matangnya suatu rencana memudahkan langkah demi langkah yang kamu tempuh. Salah satunya, dengan membuat sebuah schedule harian dan menetapkan sebuah target.

Dengan demikian, kamu akan paham, pencapaian apa saja yang telah kamu raih di setiap proses kehidupan. Lalu, kamu bisa melakukan step selanjutnya. Okey?

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kualitas Diri dan Mencapai Tujuan Hidup

3. Membuatmu terlatih dalam menghadapi suatu masalah

6 Pelajaran Berarti untuk Kamu yang Punya Tujuan HidupUnsplash/@officestock

Dalam proses mencapai sebuah tujuan, ujian pasti selalu ada. Namun, kamu tidak serta merta mengadukannya kepada orang lain sebelum menemukan sendiri solusinya.

Sebab, cara ini akan melatih kemandirian, dan belajar mengasa kemampuanmu untuk mengurai segala permasalahan yang terjadi dalam kehidupan. Hingga pada akhirnya, kamu menemukan solusi terbaiknya.

4. Mengambil pelajaran dari setiap episode kehidupan yang kamu lalui

6 Pelajaran Berarti untuk Kamu yang Punya Tujuan HidupUnsplash/@sickhews

Masalah tak berlalu begitu saja, melainkan kamu telah memetik hikmahnya. Karena, jika suatu saat nanti hal tersebut kembali terjadi, kamu tahu apa yang harus dilakukan dengan berpegang teguh pada prinsip tak ingin jatuh ke dalam lubang yang sama tuk kedua kalinya.

Bukankah ada sebuah kaidah bijak mengatakan, hari ini haruslah lebih baik dari pada hari kemarin dan hari esok haruslah lebih baik dari pada hari ini. Ungkapan yang sangat baik dan bisa dijadikan pedoman untuk menjalani kehidupan.

5. Berusaha untuk terus memperbaiki kualitas diri

6 Pelajaran Berarti untuk Kamu yang Punya Tujuan HidupUnsplash/@new_data_services

Pengetahuan dan pengalaman hidup kini membentuk kepribadianmu menjadi lebih baik. Namun, jangan sampai membuat terlena ya! Justru semakin memicu kamu agar tetap belajar dan belajar lagi.

Kamu bisa tertinggal lho, jika merasa nyaman dengan hasil yang ada, karena tuntutan zaman selalu berubah dan bergerak maju.

Semakin banyak belajar, kamu akan merasa semakin bodoh. Kenapa bisa begitu? Nantinya kamu menyadari kalau ilmu itu sangatlah luas.

6. Berbagi pengalaman yang baik kepada orang lain

6 Pelajaran Berarti untuk Kamu yang Punya Tujuan HidupUnsplash/@austindistel

Ilmu yang memberi manfaat manakala kamu mempraktikkannya. Lebih dari itu, paling utama adalah mengajarkannya kepada orang lain. Maka, dengan berbagi pengalaman, hidup terasa lebih bernilai dan semoga nantinya menjadi ladang pahala yang dapat kamu terima kelak di akhirat.

Ingat, salah satu tujuan utama kehidupan adalah untuk menebar kebermanfaatan seluas-luasnya. Tanpa melihat latar belakang dan profesi kamu.

Gimana nih guys, sudah tahu dengan tujuan hidup kamu?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Saat Bicara tentang Cita-cita

Nurkamal Photo Verified Writer Nurkamal

Salam Semangat Follow : @nurkamaljuly27

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya