Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Overthinking di Tengah Malam, Bikin Tidur Nyenyak!

Jangan sampai waktu istirahatmu terganggu

Overthinking di malam hari sebelum tidur seakan menjadi kebiasaan banyak orang saat ini. Berbagai pemikiran tentang sesuatu hal yang belum tentu terjadi pun sering kali menghantui dan gak jarang juga malah menimbulkan kecemasan.

Dampaknya, ada banyak orang yang akhirnya harus terjaga sepanjang malam dengan berbagai pergulatan pikiran tersebut. Meskipun overthinking itu wajar dan pernah dialami oleh banyak orang, namun jika hal tersebut terus dibiarkan maka pada akhirnya bisa saja berubah jadi gangguan kecemasan. Biar gak tambah parah, kamu bisa simak beberapa tips untuk mengatasinya di bawah ini.

1. Alihkan perhatian

5 Cara Mengatasi Overthinking di Tengah Malam, Bikin Tidur Nyenyak!ilustrasi mengalihkan pemikiran (pexels.com/mikoto.raw Photographer)

Langkah pertama dan paling mudah dilakukan adalah mengalihkan pikiranmu dan jangan memikirkan tentang sesuatu secara berlebihan. Dilansir Lifehack, Dan Matthews, Psychosocial Rehabilitation Practitioner, menjelaskan, ketika kamu terlalu banyak berpikir, segala pikiran dan kekhawatiran itu mulai menguasaimu.

Kamu bisa melawannya dengan segera melakukan hal lain yang melibatkan otak. Misalnya, membaca novel favoritmu atau menelpon sahabatmu dan menceritakan berbagai hal menyenangkan hingga kamu lelah. Setelah mengantuk, gak akan ada kesempatan bagi otakmu untuk memikirkan banyak hal.

2. Lakukan aktivitas fisik ringan

5 Cara Mengatasi Overthinking di Tengah Malam, Bikin Tidur Nyenyak!ilustrasi melakukan aktivitas ringan (pexels.com/Karl Solano)

Melakukan aktivitas fisik ringan sebelum tidur juga bisa mengalihkan pikiranmu dari overthinking. Matthews menyebutkan, terlalu banyak berpikir dan khawatir adalah aktivitas mental, jadi jika mulai mengganggu, lakukanlah sesuatu secara fisik.

Kamu pada dasarnya dapat "mengejutkan" indramu dengan mengambil kekuatan dari satu area tubuh dan memberikannya ke area yang lain. Misalnya, saat kamu mulai merasa takut dengan munculnya berbagai pikiran yang mengganggu, cobalah cium aroma minyak lavender yang bisa menenangkanmu.

3. Berikan waktu khusus untuk overthinking di siang hari

5 Cara Mengatasi Overthinking di Tengah Malam, Bikin Tidur Nyenyak!ilustrasi memberikan waktu overthinking di siang hari (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Ini mungkin terlihat cukup aneh, karena kamu secara sengaja memberi kesempatan untuk overthinking. Namun, dikutip Psychology Today, Jade Wu, seorang psikolog, menyarankan untuk menyisihkan waktu 15-30 menit di siang hari (bukan pada waktu tidur) untuk 'overthinking'. Maksudnya adalah untuk memberikan "tempat" alih-alih harus berkeliaran di malam hari menjelang tidur.

"Jadi, alih-alih memberi tahu pikiranmu untuk gak khawatir, berikan kesempatan untuk bisa mengeluarkan "overthinking" dari sistemnya di waktu khusus ini. Dan di luar waktu ini, kamu selalu bisa menunda kekhawatiran yang tersisa ke periode waktu khusus berikutnya," jelasnya.

Dengan memiliki waktu khusus, kamu bisa coba kontrol pikiranmu. Ketika kekhawatiran muncul di malam hari, ungkapkan pada diri sendiri untuk memikirkannya besok, di waktu yang telah disediakan. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih tenang.

Baca Juga: 5 Perubahan Positif yang Kamu Alami saat Tidak Mudah Overthinking

4. Tuliskan semua kekhawatiran ke atas kertas

5 Cara Mengatasi Overthinking di Tengah Malam, Bikin Tidur Nyenyak!ilustrasi menulis kekhawatiran di kertas (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Jika kamu memiliki kesibukan padat hingga gak bisa meluangkan waktu untuk overthinking di siang hari, maka menuliskan semua pikiran dalam kertas bisa dijadikan pilihan. Saat overthinking muncul, segera tuliskan segala hal yang kamu pikirkan dalam kertas tersebut dan luapkan segala emosi yang kamu rasakan.

"Saya suka melakukan teknik 'pengunduhan' tepat sebelum tidur untuk menangkap semua yang masih mengganggu pikiran saya. Kadang-kadang, jika ada pemikiran yang terbentuk dengan baik yang perlu ditelusuri, saya menuliskannya di jurnal saya. Tetapi, kamu gak perlu memiliki jurnal khusus atau menulis kalimat lengkap. Gak harus mendalam, puitis, atau tepat secara tata bahasa," ungkap Wu.

Artinya, kamu gak harus menuliskan setiap pikiranmu secara mendetail, cukup hanya goresan-goresan yang mengganggu pikiranmu. Intinya, seolah memberitahu pikiran bahwa kamu gak akan lupa. Dengan begitu, kamu bisa meyakinkan diri bahwa akan menyelesaikan permasalahan tersebut esok hari.

5. Dengarkan musik atau podcast

5 Cara Mengatasi Overthinking di Tengah Malam, Bikin Tidur Nyenyak!ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Eren Li)

Gak bisa dipungkiri bahwa musik atau podcast yang santai bisa membantu menenangkan pikiran. Sehingga, saat kamu terjebak dalam 'overthinking' di tengah malam, ada distraksi lain yang bisa mengalihkan pikiranmu. Jadikan musik atau podcast tersebut sebagai lantunan pengantar tidur untukmu.

Wu mengemukakan, musik dan podcast bisa sangat membantu mengatasi overthinking di malam hari. Pilihlah salah satu yang menurutmu paling sesuai. Pastikan untuk memilih musik atau podcast yang gak terlalu memiliki banyak efek suara yang intens, agresif, atau bertempo cepat. Selain itu, kamu juga bisa pasang timer kurang lebih 30-45 menit, agar musik bisa terhenti dengan sendirinya saat kamu tertidur.

Overthinking di malam hari, meskipun sesuatu yang wajar, tapi sebaiknya segera ditangani agar gak semakin memburuk dan berdampak pada permasalahan kecemasan yang berlebih. Beberapa tips di atas bisa coba kamu lakukan untuk terhindar dari berbagai macam overthinking sebelum tidur.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Gak Overthinking saat LDR, Jalin Komunikasi yang Terbuka

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya