Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkan

Gak cuma sehat emosianal, namun juga fisik

Tidur memang dapat mengembalikan energimu dari aktivitas yang kamu lakukan seharian. Namun ternyata kamu bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dan dampak positif yang tak terduga ketika kamu tidur bersama pasangan, tak hanya secara emosional namun juga secara fisik atau kesehatan. 

Nah berikut 7 alasan mengapa tidur dengan orang yang kamu cintai lebih menyehatkan.

1. Kamu akan lebih mudah tertidur

7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkanunsplash.com/@davidsthephotographer

Ketika kamu tidur berada disamping orang yang kamu cintai, tanpa disadari akan membuatmu merasa aman dan memberikan ketenangan yang membuatmu lebih cepat terlelap saat berada di dekatnya.

2. Kamu bangun dengan energi yang lebih banyak

7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkanunsplash.com/@brucemars

Tidur dengan pasanganmu yang membuat tidurmu lebih nyaman dan akan berdampak pada kualitas tidurmu menjadi lebih baik. Hal ini tentu akan membuatmu lebih berenergi saat bangun di pagi hari.

3. Bisa mengurangi rasa sakit

7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkanunsplash.com/@bocharov

Di dalam tubuh mengandung suatu protein yang disebut Cytokines yang dapat memicu peradangan dan rasa sakit ketika seseorang merasa stres dan cemas. Oleh karena rasa nyaman yang didapatkan dari tidur dengan pasanganmu akan mengurangi rasa sakit pada tubuhmu.

4. Mengurangi rasa cemas dalam dirimu

7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkanunsplash.com/@neonbrand

Di dalam tubuh ada senyawa yang disebut dengan kortisol, hormon ini penyebab dari kecemasan yang muncul pada dirimu. Namun ketika kamu bersama orang yang kamu cintai,  hormon yang disebut oksitosin akan dilepaskan ke sistem tubuhmu. Oksitosin ini lah yang akan membantu mengurangi kadar kortisol yang ada pada tubuhmu sehingga bisa mengurangi kecemasan atau rasa stres yang kamu alami.

Baca Juga: Tanpa Ribet, 7 Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas

5. Meningkatkan sistem imun tubuhmu

7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkanunsplash.com/@zacdurant

Ketika tidur dengan pasanganmu sambil berpelukan ternyata juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, lho. Sentuhan fisik atau tekanan lembut yang didapatkan dari berpelukan akan merangsang kerja timus yang untuk mengatur dan menyeimbangkan sel darah putih yang berfungsi untuk melindungimu dari penyakit.

6. Suhu tubuhmu menjadi lebih teratur

7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkanunsplash.com/@beccatapert

Setiap kali kamu tidur, otak akan mengirimkan sinyal untuk menurunkan suhu tubuh. Namun ketika kamu tidur bersama pasanganmu tentu kamu akan merasa lebih hangat karena saling menjaga suhu tubuh tetap hangat.

7. Tekanan darahmu menjadi lebih stabil

7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkanunsplash.com/@elidefaria

Berpelukan saat tidur dengan pasangamu juga ternyata dapat menjaga tekanan darahmu agar tetap stabil. Menurut ilmu sains, pelukan dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung. 

Itu dia 7 alasan mengapa tidur dengan orang yang kamu cintai memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Selain kesehatan juga kamu bisa mempererat hubunganmu dengan pasanganmu agar tetap harmonis.

Baca Juga: Terapkan 5 Hal Ini Sebelum Tidur Agar Kulit Lebih Sehat di Pagi Hari!

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya