Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Harus Ditanamkan Millennial untuk Indonesia Maju

#DearFutureIndonesia Cuma kamu harapan untuk Indonesia!

Tanpa disadari peran millennial saat ini memang menjadi satu-satunya harapan Indonesia untuk membangun bangsa ini menjadi negara maju. Namun masih banyak para millennial yang masih belum sadar kalau hal-hal simpel yang mereka lakukan bisa menjadi sebuah kontribusi penting untuk negara kita menjadi lebih baik.

Walau terlihat sepele, 5 kebiasaan ini bisa membawa perubahan bangsa yang harus kamu tanam mulai sekarang.

1. Menjadikan membaca sebagai kebutuhanmu

5 Kebiasaan Ini Harus Ditanamkan Millennial untuk Indonesia MajuUnsplash.com/Tyler Nix

Rakyat Indonesia sampai saat ini masih kurang dalam minat membaca bahkan bisa dibilang krisis membaca. Sebagai generasi millennial seharusnya kita harus membiasakan untuk menjadikan membaca sebagai kebutuhan dan sesuatu yang menyenangkan. Dengan banyak membaca kita bisa menjadi generasi yang lebih pintar dengan pola pikir yang kreatif serta berwawasan luas.

2. Menghargai karya orang lain

5 Kebiasaan Ini Harus Ditanamkan Millennial untuk Indonesia MajuUnsplash.com/Svetlana Pochatun

Tanpa disadari masih banyak millennial yang kurang menghargai hasil karya orang lain. Padahal dengan menghargai dan mengapresiasi karya orang lain terutama karya anak bangsa, akan memberikan semangat kepada para millennial lainnya untuk melahirkan karya-karya hebat lainnya.

Baca Juga: 6 Budaya Millennial yang Bisa Memajukan Kualitas Negara Indonesia

3. Ikuti dan mengembangkan passion-mu

5 Kebiasaan Ini Harus Ditanamkan Millennial untuk Indonesia MajuUnsplash.com/Daniel Salcius

Tak sedikit dari millennial Indonesia yang masih takut dan ragu untuk mengikuti passion-nya. Banyak dari mereka yang lebih memilih jalan aman dengan menjadi seorang pekerja atau karyawan biasa karena penghasilan yang sudah pasti, selain itu kurangnya dukungan orang-orang di sekitar kita juga menjadi salah satu faktor keraguan kita.

Padahal jika kamu sudah menemukan passion-mu dan menekuninya akan banyak inovasi-inovasi baru dari para generasi millennial yang kreatif yang bisa membangun bangsa ini lebih maju.

4. Mengendalikan tekhnologi bukan dikendalikan

5 Kebiasaan Ini Harus Ditanamkan Millennial untuk Indonesia MajuUnsplash.com/Irvan Smith

Kemajuan teknologi di era digital ini memang menjadi suatu hal yang bagus, namun tanpa disadari saat ini banyak dari kita malah dikendalikan oleh teknologi. Berawal sebagai sarana untuk membantu dan mempermudah kegiatan sehari-hari kita, tetapi malah berujung diperbudak oleh teknologi.

Hal ini bisa dilihat dari Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan pengguna sosial media terbanyak. Penggunaan sosial media yang berlebihan hingga tidak bisa membedakan antara dunia maya dengan dunia nyata dan masyarakat Indonesia hampir menghabiskan seluruh waktunya untuk berselancar di dunia maya.

Oleh karena itu penggunaan teknologi haruslah menjadi lebih bijak dengan menggunakan teknologi sebagai sarana kamu menjadi lebih produktif untuk menciptakan sebuah karya.

5. Memberikan suara

5 Kebiasaan Ini Harus Ditanamkan Millennial untuk Indonesia MajuPixabay/MohamedHasan

Sebagai negara demokrasi, para millennial perlu untuk lebih memperhatikan kondisi politik di Indonesia. Salah satu bentuk perhatian kita terhadap kondisi politik Indonesia yakni dengan memberikan aksi yang tentu akan menjadi penentu arah bangsa ini kedepannya. Salah satu aksi sederhana yaitu dengan berpartisipasi memberikan suara dalam Pemilu pada 17 April 2019 mendatang. 

Tentu dalam memberikan suara, kita harus mengenal dan memahami program serta gagasan dari setiap calon yang akan memimpin bangsa ini kedepannya. Dengan majunya teknologi di era digital ini kamu bisa mencari informasi tanpa perlu takut ketinggalan berita terbaru menjelang Pemilu tahun ini dengan #Super4GKuota yang melimpah dari Smartfren yang tentu akan mempermudah kita untuk mendapatkan informasi lengkap dan up to date .

Hanya dengan Rp60.000, kamu bisa dapat kuota internet 30GB full yang bisa digunakan untuk sekadar bersosial media atau untuk mencari informasi mengenai calon pemimpin bangsa. Jadi mulai sekarang, jangan takut untuk #KuotakanMaumu dan #KuotakanSuaramu demi membangun bangsa yang maju dengan menjadi generasi millennial yang aktif dan cerdas.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Community Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You