Comscore Tracker

Gak Melulu Buruk, 5 Pelajaran Hidup yang Didapatkan dalam Kesendirian

Kesendirian bukan berarti kesepian

Manusia memang merupakan makhluk sosial yang harus berdampingan dengan orang lain. Setiap orang tidak akan ditakdirkan sendirian untuk selamanya, namun tak sedikit dari kita pasti pernah dalam kesendirian. Meski kesendirian sering dipandang sebagai suatu hal yang menyedihkan karena dianggap kesepian, namun sebenarnya kesendirian dan kesepian merupakan sesuatu yang berbeda. 

Nah, untuk kamu yang sedang berada dalam fase ini, lima pelajaran ini justru hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu dalam kesendirian lho!

1. Kesendirian mengajarkanmu untuk membuat keputusan sendiri dengan mengikuti kata hati

Gak Melulu Buruk, 5 Pelajaran Hidup yang Didapatkan dalam Kesendirianunsplash.com/@burst

Seringkali kita terpengaruh oleh kata-kata orang lain, bahkan tanpa disadari kamu mengikuti kata-kata dari orang lain yang sebenarnya kamu tak inginkan. Namun ketika kamu sendiri, kamu bebas menentukan keputusan sesuai dengan kata hatimu tanpa dipengaruhi oleh siapa pun.

2. Kesendirian mengajarkanmu cara berjuang dan bertahan meski tanpa bantuan orang lain

Gak Melulu Buruk, 5 Pelajaran Hidup yang Didapatkan dalam Kesendirianunsplash.com/@jaibanez

Saat sendiri tentunya mau tak mau kamu akan belajar untuk berjuang, bertahan dan melakukan apapun sendirian tanpa mengharapkan bantuan orang lain. Hal ini juga akan membuatmu lebih menghargai kerja keras dan setiap pencapaian yang kamu buat dengan usaha sendiri. 

Tidak cuma itu, kamu juga akan lebih terpacu untuk berusaha menjadi lebih baik untuk mendapatkan apa yang kamu mau, karena kamu merupakan alasan utama kesuksesan dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Introvert Tak Selalu Soal Kesendirian

3. Kesendirian mengajarkanmu merefleksikan hal-hal yang telah kamu lakukan di masa lalu dan membuka hal baru di masa depan

Gak Melulu Buruk, 5 Pelajaran Hidup yang Didapatkan dalam Kesendirianunsplash.com/@mehdizadeh

Menyendiri akan memberikan kamu ruang untuk megingat apa yang terjadi dan apa yang telah kamu lakukan di masa lalu. Dengan begitu kamu bisa menjadi refleksi masa lalumu sebagai evaluasi untuk rencana-rencana baru yang bisa kamu lakukan di masa depan untuk menjadi yang lebih baik.

4. Kesendirian mengajarkanmu mengenali dirimu yang sebenarnya

Gak Melulu Buruk, 5 Pelajaran Hidup yang Didapatkan dalam Kesendirianunsplash.com/@laurenzpicture

Saat sendiri, kamu lebih bisa melihat, mengenal dirimu sendiri yang bahkan tidak pernah kamu sadari sebelumnya. Dengan fokus kepada diri sendiri kamu akan menyadari nilai yang kamu punya, dengan begitu orang lain juga bisa melihat dan tertarik dengan apa yang ada di dalam dirimu.

5. Kesendirian mengajarkanmu menemukan kebahagiaan yang benar-benar kamu butuhkan

Gak Melulu Buruk, 5 Pelajaran Hidup yang Didapatkan dalam Kesendirianunsplash.com/@thomholmes

Di saat sendiri bukan berarti kamu merasa kesepian lantas kamu tak dapat menemukan kebahagiaan. Sebaliknya, di saat sendiri kamu akan mengetahui apa yang benar-benar ingin kamu lakukan dan apa yang bisa membuatmu bahagia meskipun tak ada seseorang disisimu. Karena sejatinya hanya dirimu sendirilah yang bisa menciptakan kebahagiaan.

Itu dia lima pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan dalam kesendirian. Jadi, untuk kamu yang sedang sendiri saat ini, tak perlu sedih. Eksplor dan nikmati kesendirianmu selagi bisa.

Baca Juga: Jangan Disimpan Sendiri, Ini 6 Alasan Kamu Perlu Menyatakan Gagasanmu 

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya