Comscore Tracker

5 Tips Jitu agar Kamu Gak 'TBL' dengan Masa Depan!

TBL, TBL, TBL, takut banget, lho! Gak capek takut melulu?

Sebutan 'Takut Banget Loh' atau akrab dikenal dengan singkatan ‘TBL’  kian hari semakin melekat dalam kehidupan warga internet. Istilah 'TBL' dimaknai sebagai ungkapan atas ketakutan dalam menanggapi suatu hal ataupun peristiwa. Salah satu contoh yang kerap kali dijadikan topik konten warga internet adalah mengenai ketakutannya dalam menghadapi masa depan.

Permasalahan ini terkadang menjadikan seseorang cenderung untuk berpikir berlebihan atau biasa disebut overthinking. Berikut deretan tips yang bisa dilakukan agar ketakutanmu terhadap masa depan bisa berkurang!

1. Tuliskan hal-hal yang kamu impikan  

5 Tips Jitu agar Kamu Gak 'TBL' dengan Masa Depan!ilustrasi orang menulis impian (pexels.com/cottonbro)

Setiap orang pasti memiliki impian akan kehidupannya di masa depan. Banyak hal yang biasanya diimpikan oleh manusia, seperti pendidikan, karir, percintaan, keluarga, dan masih banyak lagi. Tidak jarang orang yang memiliki banyak harapan dalam hidupnya merasa bingung akan harapan mana yang harus diusahakannya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, cobalah untuk tuliskan impian-impian apa saja yang akan kamu capai dalam beberapa waktu ke depan agar kamu tidak lagi merasa bingung terhadap impianmu sendiri.

2. Pikirkan langkah apa yang akan kamu lakukan 

5 Tips Jitu agar Kamu Gak 'TBL' dengan Masa Depan!ilustrasi orang melangkah (pexels.com/Fluxx Films)

Hal terpenting yang harus dilakukan ketika kita memiliki impian adalah memulai langkah untuk bisa mencapainya. Tidak sedikit orang yang merasa bingung untuk memulai langkahnya. Padahal, banyak langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk mendekatkan diri kita terhadap hal yang kita impikan. Jadi, mulailah untuk menulis langkah apa yang akan kamu ambil untuk mencapai impianmu pada buku harianmu.

3. Berikan kebahagiaan untuk dirimu ketika berproses 

5 Tips Jitu agar Kamu Gak 'TBL' dengan Masa Depan!ilustrasi orang bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melakukan suatu proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa hidup dengan impian yang menjadi kenyataan, bukanlah perkara yang mudah. Tidak sedikit dari kita yang terlalu terobsesi untuk meraih impian dan kesuksesannya sehingga lupa akan kebahagiaan diri sendiri.

Berproses bukan berarti kita tidak boleh merasa bahagia, justru dengan rasa bahagia dapat memudahkan kita bisa menikmati proses yang kita jalani. Mulai sekarang, lakukanlah hal-hal yang akan membuatmu bahagia ketika berproses.

Baca Juga: Mau Hidup Bahagia Tanpa Menyesal? 5 Tipe Ketakutan Ini Wajib Dihadapi

4. Atur mindset bahwa setiap orang memiliki kesuksesan yang berbeda-beda

5 Tips Jitu agar Kamu Gak 'TBL' dengan Masa Depan!ilustrasi orang sukses (pexels.com/Yasin Gündogdu)

Manusia diciptakan dengan kelebihan dan takdirnya masing-masing. Tuhan begitu baik karena telah menciptakan kita dengan keberagaman yang sangat indah. Berdasarkan hal tersebut, seharusnya kita sudah mampu menyadari bahwa kesuksesan setiap orang tidak seluruhnya berada di garis yang sama. Setiap orang pasti memiliki kesuksesan masing-masing dalam hidupnya.

Kesuksesan bukan hanya tentang materi, banyak hal yang bisa dijadikan tolak ukur sebuah kesuksesan. Hal sederhana pun bisa menjadi bukti kesuksesan kita, contohnya seperti sukses untuk bertahan sampai di titik kehidupan kita saat ini setelah menghadapi berbagai rintangan yang menerpa dalam hidup kita.

5. Jangan lupa untuk selalu melibatkan Tuhan 

5 Tips Jitu agar Kamu Gak 'TBL' dengan Masa Depan!ilustrasi orang berdoa (pexels.com/Thirdman)

Tidak dapat dipungkiri bahwa sehebat apapun rencana manusia, rencana Tuhan adalah yang terbaik. Kita hanyalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang kehidupannya tidak pernah lepas dari adanya kuasa Tuhan. Oleh karena itu, selalu libatkan Tuhan dalam melakukan proses agar kita bisa mendapatkan ketenangan hati sekaligus kemudahan dalam berproses untuk menciptakan masa depan yang cerah.

Semoga dengan cara di atas, kamu gak bakalan merasakan TBL lagi dengan masa depanmu, ya. Ketakutan memang wajar, tapi kamu harus menjalaninya untuk mencapai titik kehidupan yang baru. 

Baca Juga: 5 Ketakutan yang Diam-diam Semua Pria Rasakan, Apa Saja?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya