Comscore Tracker

5 Cara Mudah Memproduksi Hormon Bahagia Agar Mood Lebih Baik

Bahagia itu penting lho!

Saat kamu bahagia, beberapa hormon seperti hormon endorfin, dopamin, oksitosin, dan serotonin akan meningkat. Hormon bahagia inilah yang mempengaruhi kestabilan mood di otakmu. Suasana hati dapat kamu jaga dengan melakukan berbagai kegiatan yang melepaskan hormon bahagia yang cukup.

Perasaan negatif yang muncul harus dibuang dengan meretas hormon bahagia. Berikut beberapa cara sederhana meretas hormon bahagia agar mood lebih baik.  

1. Berjalan-jalan di lingkungan sekitar

5 Cara Mudah Memproduksi Hormon Bahagia Agar Mood Lebih BaikPexels.com/Bruce Mars

Berjalan-jalan di luar rumah walaupun hanya di lingkungan sekitar, ternyata dapat meningkatkan kadar hormon endorfin dan serotonin. Kamu bisa melakukannya sambil menyerap vitamin D dari sinar matahari pada pagi hari.

Berdasarkan penelitian, paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorfin. Kamu bisa memulai ini setidaknya setiap 10 hingga 15 menit di luar rumah. Atau jika kamu ingin suasana yang lebih segar, pergilah ke suatu taman yang memiliki banyak pohon hijau. 

2. Meluangkan waktu untuk olahraga

5 Cara Mudah Memproduksi Hormon Bahagia Agar Mood Lebih BaikPixabay.com/Stock Snap

Meluangkan waktu untuk olahraga dapat meningkatkan hormon endorfin. Selain memiliki banyak manfaat bagi fisik, kamu juga mendapat dampak positif bagi ketenangan emosional. Ada hubungan yang kuat antara pelepasan hormon endorfin dan olahraga.

Jika kamu melakukan olahraga secara teratur, tidak hanya hormon endorfin, hormon lain seperti dopamin dan serotonin akan meningkat pula. Jadi, olahraga adalah pilihan tepat untuk membuat mood lebih baik. 

3. Berbagi tawa dengan teman

5 Cara Mudah Memproduksi Hormon Bahagia Agar Mood Lebih BaikPexels.com/Bahaa A. Shawki

Tertawa adalah obat paling dasar saat mood mu tidak stabil. Hal ini dapat menghilangkan stres dan cemas yang melanda perasaan. Jika kamu sering tertawa, maka tubuhmu akan melepaskan hormon endorfin dan dopamin. Melakukan tertawa dengan teman, walaupun hanya sekedar menertawakan video lucu akan membuat mood-mu lebih baik.

Selain itu, kamu akan hidup bahagia dengan memperbaiki kehidupan sosialmu. Jika kamu memiliki pasangan, menertawakan hal lucu bersama orang yang dicintai akan meningkatkan produksi hormon oksitosin.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Hidup tanpa Drama Bikin Kita Lebih Bahagia

4. Memasak dan nikmati dengan orang tercinta

5 Cara Mudah Memproduksi Hormon Bahagia Agar Mood Lebih BaikPixabay.com/089Photoshootings

Saat memasak, ada beberapa hormon yang mungkin akan meningkat. Kenikmatan yang didapatkan dari makanan yang lezat akan memicu pelepasan hormon dopamin dan endorfin. Selain itu, jika kamu membagikan masakanmu dengan orang tercinta, maka pelepasan hormon oksitosin akan meningkat pula.

Berbagai makanan seperti yogurt, kefir, hingga kimchi yang mengandung banyak probiotik dapat meningkatkan hormon. Namun, kamu bisa memasak makanan apapun yang membuat mood mu lebih baik. 

5. Mendengarkan musik yang disukai

5 Cara Mudah Memproduksi Hormon Bahagia Agar Mood Lebih BaikPixabay.com/PourquoiPas

Mendengarkan musik yang kamu sukai ternyata dapat melepaskan lebih dari satu hormon bahagia. Jika kamu mendengarkan musik instrumental yang membuat merinding, maka ini dipercaya meningkatkan kadar hormon dopamin di otak. Selain itu, jika kamu mendengarkan musik yang kamu sukai, suasana hati akan lebih tenang dan hormon serotonin akan meningkat.

Kamu juga harus tahu bahwa seorang musisi saat menciptakan sebuah musik melepas hormon endorfin yang baik untuk tubuhnya. Jadi, saat kamu menikmati musik dengan bernyanyi, menari dan menabuh gendang, maka hormon endorfinmu akan meningkat pula. 

Nah, cara-cara sederhana ini mudah kamu lakukan saat mood mu tidak stabil. Jangan biarkan hormon bahagiamu melemah, kamu harus menjaganya agar hidup bahagia. 

Baca Juga: 7 Cara Alami Menaikkan Kadar Serotonin, si Hormon Penghasil Mood Baik

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You