Comscore Tracker

5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan di Media Sosial

Ayo anak muda lebih produktif lagi

Media sosial merupakan bentuk interaksi masa kini yang dapat menghubungkan semua orang melalui internet. Ada banyak fasilitas yang diberikan oleh media sosial untuk membantu kita menyalurkan segala apapun yang ingin kita lakukan dan butuhkan. Kemajuan ini harus kamu manfaatkan untuk membentuk kegiatan sosial.  Kita harus dapat mengelola penggunaan media sosial secara produktif agar dapat bermanfaat untuk diri kita. Untuk itu, beberapa kegiatan sosial ini dapat kamu lakukan di media sosial, bukan hanya sekadar menjadi netizen nyinyir. 

1. Membentuk komunitas amal di sosial media

5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan di Media SosialPexels.com/rawpixel

Sosial media dapat kita manfaatkan untuk membentuk komunitas amal. Ini akan membuat media sosial kamu lebih bermanfaat dan memiliki kualitas sosial. Ada banyak kegiatan sosial yang harus kita kembangkan dengan mengajak semua orang terutama anak muda agar dapat terlibat di dalamnya. Pengembangan relawan tanggap bencana dapat menjadi rekomendasi kamu untuk membantu para korban bencana di Indonesia. Hal-hal mudah seperti membantu mengumpulkan biaya untuk masyarakat miskin yang membutuhkan biaya rumah sakit patut kamu coba pula. Yang terpenting, konten media sosialmu bermanfaat untuk membantu orang lain.

2. Mempromosikan produk lokal pengusaha industri kecil

5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan di Media Sosialnytimes.com

Pengembangan industri kecil harus kita beri dukungan sebaik-baiknya. Para pengusaha industri kecil ini memerlukan anak-anak muda yang peduli akan kemajuan produk lokal. Menggunakan media sosialmu untuk mempromosikan produk mereka merupakan upaya yang cerdas. Buat konten sekreatif mungkin untuk memancing para konsumen berminat dengan produk lokal ini. Ajak semua orang dalam jaringan media sosialmu untuk dapat bergabung dalam komunitas yang kamu buat. Manfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan ekonomi bangsa.

3. Membentuk komunitas belajar online

5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan di Media Sosialmindful.org

Komunitas belajar online dapat kamu bentuk dalam media sosialmu. Ajak teman-temanmu untuk berbagi ilmu kepada para pelajar yang membutuhkan tutor dadakan yang dapat menyelesaikan tugas-tugas rumah mereka. Kamu juga dapat berbagi tentang pengalamanmu saat ujian sekolah, saat mengikuti tes masuk universitas dan pengalaman bermanfaat lainnya. Bantulah kumpulkan buku-buku bekas untuk para pelajar yang masih membutuhkannya. Kamu juga dapat membantu mencari info beasiswa atau referensi sekolah yang tepat. Media sosialmu akan lebih berfaedah.

Baca Juga: 5 Perbuatan 'Pansos Positif' yang Boleh Kamu Lakukan di Media Sosial

4. Memberikan info lowongan kerja yang valid

5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan di Media Sosialpexels.com/BuroMillennial

Banyak orang yang masih membutuhkan info lowongan pekerjaan. Dalam media sosialmu, kamu dapat membagikan informasi yang valid mengenai lowongan kerja terbaru. Komunitasmu mengajak teman-teman yang lain untuk saling membagikan info lowongan kerja untuk orang-orang yang masih membutuhkan pekerjaan. Hal ini akan menambah kualitas sosial mediamu. Komunitas ini penting mengingat sulit sekali mendapatkan lowongan pekerjaan terbaru dan valid. 

5. Membentuk komunitas pencinta lingkungan

5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan di Media Sosialamazonaws.com

Mewujudkan lingkungan yang baik merupakan tanggung jawab bersama. Kamu dapat memanfaatkan media sosialmu untuk membentuk komunitas pencinta lingkungan. Selain itu, cara ini pun mudah untuk mengajak semua orang di jejaring sosialmu agar dapat mengikuti kegiatan melestarikan alam, seperti penanaman mangrove, pembersihan taman kota ataupun kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk kehidupan kita. Hidupkan pula semangat anak muda untuk lebih menjaga kehidupan alam kita untuk generasi yang lebih baik.

Nah, cara-cara ini cukup cerdas untuk digunakan dalam media sosial yang lebih berpotensial. Tak hanya sekadar menjadi netizen nyinyir, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang lebih berkualitas. Tetap semangat untuk menginspirasi anak muda agar menjadi produktif ya!

Baca Juga: Nih Tips Dongkrak Followers Akun Kamu di Media Sosial

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You