Comscore Tracker

5 Khasiat Unik Lengkuas, dari Kesehatan Kulit hingga Jantung

Lengkuas banyak dijual di pasar tradisional

Lengkuas merupakan akar rimpang yang tumbuh di dalam tanah.Akar ini digunakan untuk bumbu dapur yang memiliki rasa pedas dan tajam.Wangi lengkuas dapat dijadikan aromaterapi yang menghangatkan tubuh.

Khasiat lengkuas untuk kesehatan sudah digunakan sejak zaman dahulu. Dalam pengobatan China, lengkuas digunakan dalam terapi ying. Di Indonesia, lengkuas dijadikan obat tradisional untuk mengobati penyakit karena infeksi jamur.

Sebenarnya kandungan zat terdapat dalam lengkuas memiliki segudang manfaat,lho. Inilah khasiat lengkuas yang harus kamu tahu.

1. Mengandung senyawa flavon untuk mengobati penyakit kulit

5 Khasiat Unik Lengkuas, dari Kesehatan Kulit hingga JantungPixabay.com/Hans

Lengkuas memiliki senyawa flavon yang disebut galangin.Senyawa ini memiliki sifat antijamur,anti inflamasi dan antimikroba untuk mencegah penyakit kulit.Penyakit yang disebabkan oleh jamur dan mikroba seperti kurap dapat disembuhkan dengan ramuan lengkuas ini. Kamu hanya perlu mengoleskannya secara rutin pada kurap yang diderita.

2. Memiliki antibakteri in vitro untuk menghambat sel tumor

5 Khasiat Unik Lengkuas, dari Kesehatan Kulit hingga JantungPixabay.com/Oswaldoruiz

Senyawa galangin ini memiliki antitumor yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Kemampuan antibakteri dapat digunakan dalam mengobati tumor payudara secara in vitro. Kamu dapat menjadikan lengkuas sebagai teh hangat yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Manfaatkan kemampuan antitumor ini untuk menghindari tumor berbahaya.

3. Meredakan flu, batuk, dan sakit tenggorokan

5 Khasiat Unik Lengkuas, dari Kesehatan Kulit hingga JantungPixabay.com/4330009

Baca Juga: Dapat Turunkan Berat Badan, 5 Manfaat Air Jahe Ini Jarang Diketahui

Lengkuas dapat digunakan untuk mengobati flu, batuk dan sakit tenggorokan.Rasanya yang hangat akan membuat pernapasan lega. Dalam pengobatan Cina, lengkuas dipercaya dapat mengobati penyakit ini. Zat antivirus yang dikandung senyawa flavon dalam lengkuas dapat menyembuhkan flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

4. Memperlancar aliran darah dan menjaga kesehatan jantung

5 Khasiat Unik Lengkuas, dari Kesehatan Kulit hingga JantungPixabay.com/Geraldoswald62

Lengkuas dapat melancarkan aliran darah yang masuk ke jantung. Hal ini akan membuat kesehatan jantung terjaga. Mengonsumsi teh lengkuas secara teratur akan membantu masalah aliran darah.Terapi ini mudah dilakukan mengingat lengkuas tidak sulit ditemukan .

5. Mengandung mineral untuk kesehatan rambut dan kulit

5 Khasiat Unik Lengkuas, dari Kesehatan Kulit hingga JantungPixabay.com/pexels

Lengkuas memiliki mineral seperti besi, kalium, mangan, tembaga, selenium dan magnesium.Mineral ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Selain itu, kulit akan terasa hangat dengan kandungan zat pada lengkuas ini.

Khasiat ini harus kamu dapatkan dengan mengonsumsi lengkuas. Menyajikannya sebagai teh, ramuan jamu atau dihaluskan langsung menjadi obat tradisional harus kamu coba. Nikmati kebaikan dari alam yang memberikan segudang manfaat.

Baca Juga: 7 Bahan Alami Ini Bisa Usir Jerawat, Murah dan Gak Pakai Ribet!

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 09:15:05

Progress: 759.857 dari 813.350 TPS (93.42313%)

Just For You