Comscore Tracker

6 Cara Menemukan Potensi Diri Saat Menginjak Dewasa, Bersiaplah! 

Siapkan mental dan keberanian untuk diri yang baru

Saat menginjak dewasa dan mulai mencari jati diri, menemukan passion yang cocok harus kamu lakukan agar hidupmu bermakna. Dengan potensi yang dimiliki, kamu dapat mencintai semua minat dan bakat yang ada dalam dirimu.

Tidak mudah untuk menggali potensi diri yang dimiliki, lho. Kadangkala kamu bingung menemukan apa sih potensi terbesar yang sebenarnya ada dalam dirimu.

Yuk, siapkan dirimu untuk menemukan potensi terbesar yang cocok untukmu dengan cara ini.

1. Kenali kemampuan yang ada pada diri

6 Cara Menemukan Potensi Diri Saat Menginjak Dewasa, Bersiaplah! pexels.com/rawpixel.com

Sebelum kamu mencari jati diri, baiknya kamu kenali dulu siapa dirimu. Pahami dengan baik kemampuan apa yang ada dalam diri. Ini sangat penting agar kamu dapat mengetahui potensi dalam diri yang sebenarnya.

Saat menginjak dewasa, kamu akan dibingungkan dengan pencarian identitas diri.Jadi, kenali dulu dengan baik kemampuanmu ya!

2. Kembangkan minat pada hal yang kamu sukai

6 Cara Menemukan Potensi Diri Saat Menginjak Dewasa, Bersiaplah! pexels.com/Bruce Mars

Minat yang muncul harus dapat dikembangkan dengan baik. Maksimalkan minat dan ide kreatif agar kamu dapat membentuk identitas diri. Seberapa tinggi minat yang timbul pada suatu pekerjaan akan menentukan letak potensi terbaikmu. Dengan minat ini, akan timbul rasa nyaman terhadap apa yang sedang kamu lakukan. Jika sudah timbul rasa nyaman, kamu dapat menebak bahwa passion-mu berada di sana.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Lho 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Bekerja Sesuai Passion

3. Tanyakan pada orang terdekat tentang kelebihan yang ada padamu

6 Cara Menemukan Potensi Diri Saat Menginjak Dewasa, Bersiaplah! pexels.com/pixabay

Orang terdekat seperti keluarga, teman, dan pasangan adalah orang yang paling tahu tentang dirimu. Baik dan buruknya kebiasaanmu telah mereka mengerti. Bertanyalah pada mereka tentang keunggulan yang terdapat dalam dirimu. Mereka akan memberikan jawaban yang tepat dalam pencarian potensi dalam diri. Feedback positif akan selalu kamu dapatkan dari mereka.

4. Menggali bakat terbesar yang kamu miliki

6 Cara Menemukan Potensi Diri Saat Menginjak Dewasa, Bersiaplah! Pexels.com/JTMultimidia

Bakat yang telah dianugerahkan padamu harus bisa dikembangkan. Biasanya potensi diri berhubungan erat dengan bakat lahir. Setiap orang diberikan kelebihan yang dapat menonjolkan kemampuan yang sebenarnya. Kemudian, akan terasa mudah mencari potensi dalam diri kamu jika dimulai dari menggali bakat.

5. Mulailah memanfaatkan passion dalam diri

6 Cara Menemukan Potensi Diri Saat Menginjak Dewasa, Bersiaplah! Pexels.com/Gotta Be Worth it

Setelah kamu menemukan passionmu, mulailah memanfaatkannya dengan baik. Jadikan potensi tersebut sebagai identitas diri saat menghadapi kedewasaan. Siapkan mental dan keberanian untuk menerima diri kamu yang baru.

Menemukan passion yang sesuai akan berguna untuk hidupmu di masa dewasa. Tetaplah kembangkan kemampuan dan bakatmu untuk menunjang potensi yang kamu miliki. Bersiaplah menjadi dewasa!

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kuat dan Dewasa

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You