Comscore Tracker

5 Penulis Ini Bukti Ketangguhan Perempuan Indonesia di Dunia Literasi

Jadi, siapa penulis inspirasimu? 

Peran perempuan dalam dunia literasi patut diapresiasi. Kecerdasan dan kepekaan perasaan yang dimiliki seorang perempuan mampu menorehkan karya yang luar biasa. Banyak penulis-penulis perempuan hebat Indonesia yang berjasa dalam mengembangkan budaya literasi.

Kekuatan dari sebuah karya yang ditulis oleh penulis-penulis perempuan ini mampu mengubah cara pikir orang-orang yang membacanya. Bahkan banyak dari mereka yang memperjuangkan hak perempuan lewat karyanya. Berikut deretan penulis Indonesia yang sukses membuktikan peran perempuan dalam dunia literasi. 

1. Marchella FP

5 Penulis Ini Bukti Ketangguhan Perempuan Indonesia di Dunia LiterasiInstagram.com/MarchellaFP

Siapa yang tak tahu tentang Marchella FP? Perempuan kelahiran 1990 ini berhasil memikat generasi Millennials. Karya-karyanya yang terkenal, seperti Generasi 90-an dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini sukses menginspirasi generasi muda.

Lewat buku ini, Marchella berhasil memperkenalkan keindahan bahasa Indonesia yang ditulis dalam kata yang membuat siapa pun baper. Marcella FP pun mampu membuktikan perempuan muda Indonesia mampu memiliki karya yang menginspirasi. 

Meskipun Marchella tidak memiliki pengetahuan yang banyak tentang psikologi, setiap tulisannya mampu membuat mental para pembaca menjadi lebih positif. Bahkan, IDN Times bersama Visinema bekerja sama untuk menggarap film NKCTHI yang direncanakan tayang pada 2020 mendatang.

2.Asma Nadia

5 Penulis Ini Bukti Ketangguhan Perempuan Indonesia di Dunia LiterasiInstagram.com/asmanadia

Asma Nadia merupakan penulis sekaligus pendiri Forum Lingkar Pena. Lahir dari keluarga penulis, membuat Asma Nadia begitu terampil dalam mengolah sebuah novel dan cerpen.

Karyanya mampu menginspirasi perempuan Indonesia, terutama para ibu rumah tangga yang memiliki masalah dalam pernikahan. Sebagian besar dari karya Asma Nadia difilmkan dan sukses meraup jutaan penonton.

Perempuan berusia 47 tahun ini berhasil membuktikan bahwa perempuan dapat bergelut di dunia literasi. Di samping kewajibannya sebagai ibu rumah tangga dengan dua orang anak, Asma Nadia mampu menjadi salah satu perempuan yang mengubah pola pikir dalam sebuah pernikahan.

Ia pun membantu dalam memperkecil angka perceraian dengan tulisan yang begitu menginspirasi semua pasangan. Karya-karyanya yang terkenal, seperti Surga Yang Tak Dirindukan, Jilbab Traveller, Assalamualaikum Beijing, dan Emak Ingin Naik Haji.

Baca Juga: Deretan Pahlawan Nasional yang Juga Seorang Jurnalis dan Penulis

3. Dewi Lestari

5 Penulis Ini Bukti Ketangguhan Perempuan Indonesia di Dunia LiterasiInstagram.com/deelestari

Dewi Lestari Simangunsong atau lebih dikenal Dee merupakan salah satu penulis yang memiliki kekhasan sendiri. Perempuan berumur 43 tahun ini sukses menggebrak literasi Indonesia lewat novel sainsnya yang berjudul Supernova.

Sebelum novel ini muncul, tak banyak yang tahu kalau ia memiliki bakat menulis yang hebat. Karyanya ini pernah masuk dalam nominasi Katulistiwa Literary Award (KLA) yang digelar QB World Books.

Selain bertema sains, Dee pun pernah menulis novel yang mencampurkan fiksi dan musik, yaitu Rectoverso. Atas kerja kerasnya, Dee berhasil mendapatkan banyak penghargaan dalam bidang musik dan bidang literasi. Dee menjadi sosok inspirasi perempuan Indonesia yang mampu mengubah dunia melalui tulisan.

4. Helvy Tiana Rosa

5 Penulis Ini Bukti Ketangguhan Perempuan Indonesia di Dunia LiterasiInstagram.com/helvytianarosa

Helvy Tiana Rosa merupakan penulis senior yang sukses menghasilkan karya-karya terbaik. Bersama adiknya, Asma Nadia, ia mendirikan Forum Lingkar Pena. Perempuan berusia 49 tahun ini menggeluti dunia seni yang diwarisi keluarganya.

Puluhan buku yang ia buat membuktikan ketangguhannya dalam dunia literasi Indonesia. Film terbarunya yang berjudul Hayya akan tayang pada 2019 dan akan menambah pengalamannya sebagai produser.

Dalam forum kepenulisan yang ia bangun, terbuka peluang seluas-luasnya untuk para penulis yang  ingin belajar dan mengirimkan karya yang bermanfaat bagi kemajuan literasi di Indonesia. Pada diri Helvy Tiana Rosa, kita dapat melihat semangat perempuan yang sesungguhnya. 

5. Ayu Utami

5 Penulis Ini Bukti Ketangguhan Perempuan Indonesia di Dunia LiterasiInstagram.com/festivalsapakristiani2018

Ayu Utami merupakan sastrawan sekaligus jurnalis yang cukup terkenal di Indonesia. Perempuan berusia 51 tahun ini memiliki bakat luar biasa dalam dunia literasi. Karya-karyanya yang fenomenal seperti Saman, Larung, Bilangan Fu dan karya-karya lainnya membuat para pembaca berdecak kagum.

Atas kerja kerasnya, Ayu Utami menerima banyak penghargaan besar, seperti Roman Terbaik Dewan Kesenian Jakarta 1998, Prince Clause Award 2000, dan Khatulistiwa Literary Award 2008. Selain penulis, ia juga pernah menjadi wartawan dan pendiri Aliansi Jurnalis Independen.

Novelnya yang berjudul Saman menarik hari para kritikus dan mengubah wajah baru dalam dunia sastra di Indonesia. Ayu Utami menjadi salah satu sosok perempuan Indonesia yang membuktikan bahwa kecerdasan perempuan perlu dikembangkan, salah satunya dalam dunia literasi. 

Nah, penulis-penulis tersebut menginspirasi kita untuk mengembangkan ide lewat dunia literasi. Perempuan diberi kebebasan untuk mengubah pola pikir manusia dengan tulisan yang bermanfaat. Jadi, siapa penulis inspirasimu? 

Baca Juga: Panutan! Deretan Jurnalis dan Penulis yang Jadi Pahlawan Nasional

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You