Comscore Tracker

Susah Bangun? 6 Sleep Hacks Ini Ampuh Membantumu Bangun Pagi!

Buat yang sering telat bangun, tips ini sangat membantu lho!

Kesibukan di sekolah, kampus, atau kantor serta rutinitas harian yang padat membuat kita selalu merasa lelah. Rasanya sampai di rumah ingin langsung tidur saja. Tapi tugas dan deadline yang menumpuk selalu menunggu, sehingga selalu mengganggu waktu untuk beristirahat.

Akhirnya mata baru bisa terpejam pada dini hari, bahkan menjelang subuh. Akibatnya? Sudah pasti, bangun kesiangan!

Apakah kamu pernah atau bahkan sering mengalami hal ini? Jika iya, kamu tidak sendiri. Tapi jangan khawatir, 6 tips ini akan membantumu untuk rutin bangun di pagi hari. Let's check it out!

1. Manfaatkan sinar alami matahari pagi

Susah Bangun? 6 Sleep Hacks Ini Ampuh Membantumu Bangun Pagi!pexels.com/@cdomingues10

Paparan cahaya alami, yaitu sinar matahari pagi adalah stimulan terbaik untuk membangunkan seseorang di pagi hari. Biarkan sinar mentari pagi menyapa masuk ke kamar dan membangunkanmu dengan lembut dan hangat!

2. Gunakan alarm ganda dengan nada yang bervariasi

Susah Bangun? 6 Sleep Hacks Ini Ampuh Membantumu Bangun Pagi!pexels.com/@feelartfeelant

Jangan hanya mengatur 1 alarm saja. Gunakan 2 atau lebih alarm dengan nada yang berbeda-beda. Nada yang sama jika didengarkan berulang-ulang kali justru akan membuat otakmu terbiasa, sehingga sulit untuk bangun.

Jika kamu adalah tipe yang sangat sulit dibangunkan, sebaiknya gunakan suara yang keras dan mengejutkan. Kalau kamu berani, mungkin kamu bisa memasang suara hantu agar terkejut dan terbangun. Hihihi!

3. Majukan setelan waktu alarm setiap beberapa hari

Susah Bangun? 6 Sleep Hacks Ini Ampuh Membantumu Bangun Pagi!pexels.com/@pixabay

Salah satu cara lain yang efektif adalah dengan membuat tubuhmu beradaptasi dengan jadwal tidur yang baru. Caranya mudah, cukup majukan alarm kamu beberapa menit setiap beberapa hari sekali.

Misalnya jika kamu biasanya terbangun jam 7 dan ingin terbangun jam 6, majukan alarm kamu misalnya 2 menit setiap 2 hari. Ulangi sampai tubuhmu mulai terbiasa dan kamu bisa terbangun sesuai target.

4. Atur siklus tidurmu

Susah Bangun? 6 Sleep Hacks Ini Ampuh Membantumu Bangun Pagi!pexels.com/@kha-ruxury-287153

Sebanyak apapun tugas yang menumpuk, usahakan jangan tidur di luar batasmu. Jika kamu tipe yang bisa bangun pagi jika tidur di bawah jam 10, maka jangan tidur lebih dari jam 10. Toh jika kamu bangun lebih cepat, pekerjaanmu bisa diselesaikan di waktu subuh dengan keadaan tubuh yang lebih segar.

Baca Juga: Si Malas Bangun Pagi Mungkin Terkena Dysania, Ini Tips Menghindarinya

5. Jangan cuma sekedar bangun, pulihkan kesadaran!

Susah Bangun? 6 Sleep Hacks Ini Ampuh Membantumu Bangun Pagi!pexels.com/@pixabay

Seringkali terjadi, mungkin kamu sudah terbangun tapi karena pikiran yang masih setengah sadar akhirnya kamu justru tertidur kembali. Jika ini terjadi, abaikan rasa kantukmu! Kamu bisa meminum segelas air, melompat-lompat untuk memompa darah, atau membuka tirai agar cahaya matahari masuk untuk membantu memulihkan kesadaranmu.

6. Terakhir, pikirkan satu alasan penting mengapa kamu harus bangun pagi

Susah Bangun? 6 Sleep Hacks Ini Ampuh Membantumu Bangun Pagi!pexels.com/@minan1398

Pernah mendengar tentang sugesti? Ya, cara yang satu ini biasanya selalu berhasil. Sering kali terjadi jika ada sesuatu yang mengharuskan kamu untuk bangun pagi, misalnya ujian atau wawancara kerja, maka kamu akan terbangun dengan sendirinya.

Jadi cukup pikirkan satu alasan penting mengapa kamu harus bangun pagi. Jika sugestimu cukup kuat, kamu pasti bisa terbangun.

Itu dia 6 tips bangun pagi untuk kamu yang susah bangun. Sebenarnya bangun pagi itu tidak susah. Asalkan pola tidur teratur dan tidur dengan cukup, kamu pasti bisa bangun pagi dengan rutin kok. Jadi, jangan sering-sering begadang ya!

Baca Juga: Ayo Bangun Pagi! Ini Lho 10 Manfaat Sinar Matahari Buat Tubuhmu

Nurul M Photo Verified Writer Nurul M

senang menulis dan berbagi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You