Comscore Tracker

5 Hal yang Tidak Kamu Tahu di Balik Keluhan 'Menderitamu'

Jangan seolah-olah kamu yang paling menderita~

Setiap orang pastinya menyadari bahwa mengeluh bukanlah sesuatu hal yang baik. Namun tidak bisa dipungkiri jika setiap orang pasti pernah melakukannya. Yang pasti, orang mengeluh karena merasa masalah yang dihadapinya terlalu berat dan seolah tidak berujung. Dan buat kamu yang masih suka mengeluh, simak berikut ini 5 hal yang sebenarnya tidak kamu tau dibalik keluhanmu!

1. Kamu bukan satu-satunya orang yang sedang berjuang

5 Hal yang Tidak Kamu Tahu di Balik Keluhan 'Menderitamu'Pexels/Maggie Zhan

Jangan merasa seolah-olah hanya kamu saja yang sedang merasakan pahitnya perjuangan hidup. Percayalah bahwa diluar sana masih banyak orang yang justru lebih menderita darimu, berjuang lebih keras darimu, dan merasa sangat kekurangan.

Yakinlah bahwa setiap orang tidak akan luput dari masalah selama hidupnya. Ingatlah bahwa yang terlihat baik-baik saja belum tentu baik-baik saja. Jadi jangan merasa seolah kamu saja yang paling menderita. 

2. Semakin kamu mengeluh, justru bebanmu terasa semakin berat

5 Hal yang Tidak Kamu Tahu di Balik Keluhan 'Menderitamu'Pexels/Rafael Barros

Semakin kamu mengeluh, kamu akan semakin memberikan sugesti negatif pada dirimu sendiri. Lalu kamu akan terperdaya oleh sugesti negatifmu sehingga kamu akan merasa down. Kamu akan terus fokus pada suasana hati yang tidak baik. 

Kamu cenderung memiliki banyak pertimbangan negatif yang membuatmu merasa tidak diuntungkan jika tetap melakukan rutinitas tertentu. Kamu menjadi tidak produktif. Maka dari itu, hindarilah mengeluh. Sugestilah dirimu dengan hal-hal positif.

3. Hidup memang penuh kejutan dan sulit ditebak, kamu harus siap

5 Hal yang Tidak Kamu Tahu di Balik Keluhan 'Menderitamu'Pexels/Rafael Barros

Faktanya setiap orang tidak akan pernah siap untuk menghadapi masalah dalam hidup. Tidak ada yang tau masalah apa saja yang akan menghadangmu hari ini dan esok. Yang kamu tau hanyalah masalah yang sudah menghadangmu kemarin.

Kamu harus belajar dari masalahmu kemarin dan harus bersiap dengan masalah yang baru. Namun perlu diingat bahwa tidak semua hal akan berjalan sesuai dengan ekspektasimu. Nikmatilah hidup yang penuh kejutan ini, dan ambil nilai positifnya. Jangan suka mengeluh!

Baca Juga: Mudah Gelisah, 4 Zodiak Cewek Ini Rupanya Panikan Dan Susah Tenang

4. Orang lain hanyalah mediator untuk belajar, bukan sebagai pembanding

5 Hal yang Tidak Kamu Tahu di Balik Keluhan 'Menderitamu'Pexels/Rafael Barros

Jika kamu tidak bisa mengontrol diri dalam memandang orang lain, kamu akan cenderung menjadikannya sebagai pembanding. Hal ini tentunya akan membuatmu semakin mengeluh karena kesenjangan yang kamu ciptakan sendiri dengan spekulasi-spekulasimu tentang kehidupan orang lain.

Kamu cenderung terus berpikir bahwa hidup orang lain selalu lebih baik dari hidupmu. Berhentilah melakukan hal itu, berusahalah menjadikan kisah hidup orang lain sebagai pembelajaran hidupmu bukan sebagai pembanding hidupmu. 

5. Tanpa kamu sadari, kamu mungkin menjadi penyemangat hidup orang lain

5 Hal yang Tidak Kamu Tahu di Balik Keluhan 'Menderitamu'Pexels/keli Santos

Mungkin kamu tidak menyadari, apa yang sedang kamu keluhkan saat ini adalah apa yang sedang orang lain impikan. Kamu mungkin juga tidak tau bahwa ada orang lain yang ingin hidup sepertimu.

Mendambakan segala sesuatu yang kamu punya, dan bahkan ingin menjadi sepertimu. Jangan suka mengeluh, perbanyaklah bersyukur karena kamu tidak tau jika sebenarnya kamu adalah orang yang lebih beruntung dari orang-orang yang ada di sekitarmu. 

Kamu bukan gagal, kamu bukan kalah, kamu bukan tidak punya apa-apa, kamu hanya sedang tidak sejalan dengan hati nuranimu. Maka berdamailah dengan dirimu sendiri.

Jangan suka mengeluh karena mengeluh tidak akan merubah apapun!

Baca Juga: Kurangi Sambat, Ini 5 Bahaya Kalau Kebanyakan Mengeluh Menurut Sains

Onya Photo Verified Writer Onya

caffeine for life ☕

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You