Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Berhenti Membuat Dalih untuk Diri Sendiri

Kamu mampu menjadi luar biasa tanpa menunda!

“Bagaimana aku melakukannya, Aku terlalu sibuk untuk melakukan itu. Sepertinya aku tidak cukup mampu mengerjakan itu. Aku akan melakukannya nanti.”

Apakah kamu adalah orang yang gemar melontarkan hal-hal di atas untuk menunda sesuatu? Jika jawabannya iya, maka kamu termasuk orang yang hobi membuat dalih.

Efek dari terus menerus membuat dalih memang tidak terasa saat itu juga. Tetapi secara tidak sadar, selalu menciptakan dalih untuk diri sendiri membuatmu terjebak dalam zona nyaman yang berkepanjangan. 

Yuk, simak alasan kenapa kamu harus meninggalkan semua dalih itu!

1. Kamu bisa melewatkan semua peluang yang datang

5 Alasan Kamu Harus Berhenti Membuat Dalih untuk Diri Sendiriunsplash.com/chuttersnap

Di tengah perjalananmu meraih kesuksesan pasti akan datang berbagai macam peluang yang sebenarnya sangat bisa kamu ambil dan kerjakan. Tetapi dengan berdalih, kamu akan menganggap dirimu tidak layak untuk mengambil peluang tersebut. Akibatnya peluang itu akan diambil orang lain yang tidak pernah membuat dalih dan berpikiran untuk mencoba hal baru sekarang juga.

Hal ini berarti saat kamu mulai menciptakan dalih maka peluang yang menghampiri justru kamu sia-siakan. Kamu tidak mau bukan jika kesempatanmu dicuri orang lain?

2. Kamu merasa menjadi orang yang selalu merasa terancam

5 Alasan Kamu Harus Berhenti Membuat Dalih untuk Diri Sendiriunsplash.com/VladimirFedotov

Perubahan adalah sebuah kepastian. Perubahan juga akan datang bersamaan dengan tantangan. Jika kamu membuat dalih, kamu akan selalu menganggap bahwa perubahan adalah sesuatu yang menakutkan dan tidak bisa kamu hadapi.

Berdalih juga akan membuatmu selalu menghindari tantangan karena kamu menganggap semua itu sebagai ancaman yang akan membuatmu gagal. Kamu akan selalu merasa terintimidasi dengan sesuatu yang baru dan tidak berdaya untuk mengembangkan diri.

Baca Juga: 5 Peribahasa yang Bantu Kamu Sadar Pentingnya Percaya Diri

3. Kamu akan mengalami pergeseran keyakinan

5 Alasan Kamu Harus Berhenti Membuat Dalih untuk Diri Sendiriunsplash.com/FaridAskerov

Menciptakan dalih berarti kamu membuat alasan yang membenarkan semua pemikiran dan perbuatan yang kamu lakukan. Hal ini sama saja dengan kamu membohongi dirimu sendiri.

Jika dalih dibiarkan menjadi kebiasaan, maka kamu tidak akan lagi merasa bahwa yang kamu katakan adalah alasan tetapi sudah berubah menjadi kebenaran. Semakin sering kamu berdalih maka semakin yakin juga dengan pembenaran yang sebenarnya adalah pola pikir yang salah.

4. Kamu terbentuk menjadi pribadi yang mudah menyerah dan enggan berjuang

5 Alasan Kamu Harus Berhenti Membuat Dalih untuk Diri Sendiriunsplash.com/AlexRadelich

Saat kamu mulai nyaman berdalih, secara tidak sadar kamu akan menjadi pribadi yang tidak mau susah payah berjuang dan mudah menyerah. Kamu akan terlena dengan kenyamanan akibat dari dalih yang kamu ciptakan.

Sedangkan realitanya untuk mencapai kesuksesan kamu tidak diizinkan menyerah dan harus bekerja keras. Selain itu, kamu akan membuat target yang biasa saja atau justru kamu tidak memiliki target karena berdalih.

5. Berdalih akan melenyapkan semua potensi yang kamu miliki

5 Alasan Kamu Harus Berhenti Membuat Dalih untuk Diri Sendiriunsplash.com/MarcisBerzins

Dalih adalah sesuatu yang akan merenggut potensi atau kelebihan yang kamu miliki. Kamu akan membatasi dirimu untuk melakukan sesuatu yang baru dan berguna mengembangkan potensi yang kamu miliki.

Dalih akan membuatmu berhenti berproses untuk menggali potensi diri karena kamu akan merasa tidak mampu dan tidak cukup baik untuk mengeksekusi sesuatu. Hal ini biasanya ditandai dengan perasaan bahwa hidupmu begitu-begitu saja dan tidak ada perubahan.

Berhenti berdalih dan lakukan sekarang juga semua hal yang ingin kamu lakukan untuk meraih kesuksesanmu karena sesungguhnya kamu adalah orang yang hebat.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Prokrastinasi, Yuk Mulai Sekarang Juga!

Whaley Photo Community Writer Whaley

trying to cross the desert to reach the sea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You