Comscore Tracker

Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini sebelum Usiamu Beranjak 20 Tahun

Bikin dirimu lebih produktif dengan hal ini yuk

Dewasanya seseorang memang tidak ditentukan oleh usia, tapi pengalamanlah yang mengajarkan. Semakin bertambah usia seseorang, maka pengalamannya pun bertambah.

Seiring berjalannya waktu, kita di tuntut untuk menyelesaikan hal dan masalah yang terjadi di kehidupan kita. 

Saat memasuki usia 20an akan semakin banyak problematika kehidupan yang dihadapi. Tentunya kita tidak selalu harus bergantung pada orang tua ataupun orang sekitar untuk menyelesaikan masalah kita. Kita harus mampu mengambil keputusan diantara pilihan, Jika sudah mampu tentunya itu merupakan prestasi yang membanggakan. 

Dan berikut adalah hal-hal positif yang wajib kamu lakukan sebelum kamu menginjak usia 20an.

1. Mengetahui apa yang diinginkan

Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini sebelum Usiamu Beranjak 20 TahunPexeles/brendatimmermans

Tahu apa yang kamu inginkan dan lakukan Akan membuatmu tidak mudah menyerah dan dilanda rasa bosan untuk mencapainya. DaN proses pencapaian tersEbut akan meningkatkan kualitas hidupmu.

2. Memiliki pengendalian diri yang baik

Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini sebelum Usiamu Beranjak 20 TahunUnplash.com/Azamatzhanisov

Memiliki pengendalian diri yang baik adalah suatu pencapaian yang sukses. Mampu mengakui kesalahan yang dilakukan, mampu memperbaikinya, dan bertanggung jawab adalah beberapa contohnya. Juga jangan segan untuk mengakui kesalahan yang diperbuat ya. Tentunya diikuti dengan memperbaiki kesalahan juga.

3. Berani berkata tidak

Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini sebelum Usiamu Beranjak 20 TahunPixabay/free-photos

Berani menolak sesuatu yang tidak sesuai keinginanmu adalah suatu pencapaian yang besar lho. Jangan langsung merasa bersalah.

Bukan karena tidak peduli terhadap orang lain tapi lebih menghargai keputusan yang dibuat dan komitmen terhadap prinsip sendiri karena tidak semua hal baik terhadap diri kita. Jadi jangan segan menolak ya kalau hal tersebut memang hal negatif.

Baca Juga: Ini 5 Karakter yang Gak Produktif Menurut Erich Fromm, Kamu Termasuk?

4. Berani tampil beda

Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini sebelum Usiamu Beranjak 20 TahunUnsplash/bady_qb

Berani berbeda dari yang lain, kenapa tidak? Karena selagi hal tersebut terasa nyaman kita lakukan, kenapa harus ragu untuk melakukannya? Punya pola pikir dan sudut pandang berbeda, kenapa tidak?

Jangan batasi dirimu dengan perbedaan ya karena perbedaanlah dunia akan terasa lebih berwarna.

5. Punya rasa optimis yang besar

Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini sebelum Usiamu Beranjak 20 TahunPixabay/stocksnap

Selalu berpandangan ke depan dengan rasa optimis yang besar karena rasa optimis akan menghantarkanmu pada masa depan cerah.

6. Tidak mudah terpengaruh

Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini sebelum Usiamu Beranjak 20 TahunPexels/Clemonojeghuo

Tidak mudah dipengaruhi orang lain dan punya pendirian sendiri akan membuatmu berdiri kokoh karena punya pijakan sendiri. Tak melulu harus mengandalkan orang lain untuk membuat keputusan, kamu harus mengetahui konsekuensi atas pilihanmu sendiri.

7. Mampu mengambil keputusan yang tepat sasaran

Lebih Produktif, Lakukan 7 Hal Ini sebelum Usiamu Beranjak 20 TahunPixabay/free-photos

Mengambil keputusan dengan pikiran matang memang membutuhkan waktu yang lama, menguras tenaga, dan pikiran serta harus dengan konsentrasi yang tinggi pula. Dan mampu mengambil keputusan dengan segala pertimbangan yang akurat dan tepat sasaran adalah sebuah prestasi. 

Gimana guys, apakah kamu sudah melakukan hal-hal di atas? Jika sudah langkahmu semakin lebar untuk meraih mimpimu yang besar. Pencapaianmu untuk meningkatkan kualitas diri semakin meningkat dan hidupmu jadi lebih produktif .

Baca Juga: Daripada Galau Terus, Simak 5 Akun Ini Biar Lebih Produktif di 2019

oktawen Photo Community Writer oktawen

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You