Comscore Tracker

5 Tips Atasi Konflik dengan Mertua, Biar Rumah Tanggamu Bahagia 

Kamu harus tahu caranya nih!

Seperti yang banyak kita ketahui bahwa hubungan menantu dengan mertua sering tidak harmonis. Banyaknya cerita yang demikian sering membuatmu berpikir negatif tentang hubunganmu dengan mertua.

Kebanyakan menantu merasa tidak cocok dengan mertua mereka, oleh sebab itulah konflik sering terjadi di antara keduanya. Konflik ini bisa dipicu oleh banyak faktor, bisa dari pola pikir yang berbeda hingga karakter kuat pada mertua.

Untuk menghindari dan mengatasi konflik antara mertua dan menantu, simak tips – tips berikut ini yuk!

1. Jangan berlama-lama dalam masalah, segera atasi!

5 Tips Atasi Konflik dengan Mertua, Biar Rumah Tanggamu Bahagia unsplash.com/AlexandreCroussette

Ketika konflik kecil muncul pada kamu dan mertua, sebaiknya kamu harus langsung mengatasinya. Kamu tidak perlu menunggu terlalu lama hingga konflik membesar.

Konflik yang kecil akan mudah diatasi dibandingkan dengan konflik yang sudah besar. Ini penting untuk menghindari agar konflik tersebut tidak berkepanjangan dan menjadi besar. Tinggalkanlah rasa gengsi agar kamu dapat menanyakan dan menyelesaikan konflik dengan sebaik – baiknya.

2. Masalah pasti akan selalu ada, tapi coba temukan sisi positifnya

5 Tips Atasi Konflik dengan Mertua, Biar Rumah Tanggamu Bahagia unsplash.com/FarrelNobel

Dengan selalu berpikiran positif, kamu akan terhindar dari masalah – masalah yang tidak diinginkan. Ketika konflik terjadi, cobalah untuk berpandangan lain terhadap masalah tersebut. Carilah hal – hal positif dari konflik yang terjadi.

Berpikir positif ini harus dilakukan baik dari mertua maupun kamu sebagai menantu. Hal ini dimaksudkan agar terjadi kesinambungan antara keduanya sehingga dapat meminimalisir koflik yang terjadi.

Baca Juga: 5 Tips Bertemu Calon Mertua Saat Buka Puasa Bersama, Catat!

3. Gak ada gunanya menghindar, hadapi saja dengan tenang

5 Tips Atasi Konflik dengan Mertua, Biar Rumah Tanggamu Bahagia unsplash.com/NikShuliahin

Hal yang seharusnya tidak kamu lakukan adalah menghindar dari konflik yang terjadi. Jika kamu menghindar, hal ini hanya akan mempertajam konflik yang terjadi di antara kamu dan mertua.

Utamakanlah rasa saling menghargai dan keterbukaan satu sama lainnya. Rasa menghargai akan memperlunak situasi yang ada, sehingga kamu dapat dengan nyaman membicarakannya dengan mertua. 

4. Bagaimanapun mertua adalah keluarga, jadi bersikaplah terbuka

5 Tips Atasi Konflik dengan Mertua, Biar Rumah Tanggamu Bahagia unsplash.com/DarioValenzuela

Rasa saling terbuka satu sama lain juga menjadi langkah yang bisa diambil untuk menghindari konflik antara kamu dan mertua. Karena dengan rasa terbuka dari kedua belah pihak, maka akan mudah untuk mendiskusikan masalah yang terjadi. Menantu dapat mengungkapkan keinginan, begitu juga sebaliknya dengan mertua.

Diskusi pun akan berlangsung dengan nyaman karena sudah dilandasi dengan rasa keterbukaan dari masing – masing pihak.

5. Dalami karakter mertuamu, temukan cara untuk berdamai dalam keluarga

5 Tips Atasi Konflik dengan Mertua, Biar Rumah Tanggamu Bahagia unsplash.com/LaurenzKleinheider

Untuk menghindari konflik yang bisa terjadi kapan pun, kamu bisa melakukan langkah pendekatan. Pendekatan ini berguna untuk mengetahui karakter dari mertua kamu.

Jika kamu sudah mengetahui karakter seperti apa mertua kamu, maka kamu dapat melakukan hal – hal yang beliau sukai. Dengan begitu, kamu dan mertua dapat menghindari konflik yang akan terjadi. Kamu dapat mengumpulkan informasi dari suami atau istrimu atau pada kerabat yang lainnya.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari konflik antara kamu dengan mertua.

Konflik bisa saja terjadi karena faktor kecil sehingga kamu perlu juga untuk mendalami karakter mertua. Dengan demikian, konflik pun dapat terhindarkan dan diminimalisir.

Baca Juga: Renungkan Hal Ini untuk Hilangkan Keraguan Menjelang Pernikahan

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You